2020 Apple Gantikan Processor Intel untuk MAC dengan Processor ARM Rancangan Sendiri

Amerika Serikat : 4 April 2018

Apple sebagai perusahaan terkemuka asal Amerika Serikat diberitakan Gantikan Processor Intel untuk MAC dengan Processor ARM Rancangan Sendiri.

Apple sebagai perusahaan yang diketahui orang banyak sebagai produsen dari perangkat Mac, IPhone dan IPad. Dikenal menggunakan 2 jenis processor yakni menggunakan pihak ketiga yakni dari Intel Core i series untuk Macbook, iMAC dan MAC Pro. Serta Apple juga merancang processor sendiri yakni Apple A Series, Processor ini merupakan rancangan Apple sendiri.

Apple membeli lisensi dari ARM berupa ISA (Berisikan Intruksi Set) berbasis ARM v8 yang akan menjadi pondasi untuk merancang satu processor lengkap (SoC) dengan desain CPU rancangan Apple sendiri, serta menggunakan GPU dari perusahaan pihak ketiga PowerVR. Dibuat menjadi satu

 

Apple Berniat Pindahkan Apple A Series ke PC Desktop

Perbandingan performa processor dari waktu ke waktu.

Processor rancangan Apple ini dari ke hari, hadirkan peningkatan performa yang sangat kencang. Bahkan didukung dengan teknologi API terbaru bernama Metal API, membuat processor Apple unggul diberbagai benchmark, walau hadir dengan jumlah “Core” yang sedikit.

Apple dengan hal ini menurut rumor yang beredar yang diberitakan oleh Bloomberg dari sumber yang diyakini terpercaya, Apple direncanakan akan hadirkan SoC ARM khusus yang akan digunakan pada prodak MAC miliknya, yang akan menggantikan processor Intel Core i Series yang selama ini dipakai hampir 9 tahunan.

Codename Processor ini Kalamata, yang diberitakan akan hadir pada perangkat tahun 2020.

Didukung Project Marzipan

Semakin menambah kuatnya rumor ini ada, Apple juga sebelumnya rencanakan kehadiran project bernama “Marzipan” yang hadirkan kemampuan aplikasi berbasis IOS yang ada pada IPhone dan IPad untuk bisa dijalankan pada MacOS. Direncakan akan diumumkan tahun ini.

 

Selain didukung Project Marzipan, Apple juga telah hadirkan sebelumnya Metal API dan juga bahasa pemograman Swift yang bisa menjadi dasar agar aplikasi dari IOS bisa dengan mudah di port ke MacOS ataupun sebaliknya dengan hadirkan performa yang lebih baik berkat penggunaan hardware yang lebih maksimal (mirip seperti DirectX 12 dan Vulkan API bedanya ini juga mendukung untuk aplikasi) .

Perpindahan dari Intel ke rancangan processor ini tidaklah menggangu market share Intel menurut analisis, mengingat Processor Intel Core i yang digunakan untuk MAC tidaklah besar. Ditambah untuk trend perusahaan yang merancang sendiri Processor sendiri adalah hal yang lumrah sekarang.

 

Tags: processor apple processor ARM processor mac

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)