Categories: Tips & Trick

Amankan Komputer Anda Dengan Buat User Baru Di Windows 10

Amankan Komputer Anda Dengan Buat User Baru Di Windows 10

Pada masa pandemi ini banyak siswa yang menggunakan komputer entah itu PC desktop ataupun laptop untuk mengerjakan tugas belajar dari rumah, mengingat keterbatasan ekonomi tidak semua siswa memiliki perangkat komputer sendiri dan harus sharing dengan orang lain seperti saudara dan keluar. Sayangnya pemilik komputer tersebut tidak membuat akun user atau guest terlebih dahulu.

Memberikan akses kepada orang lain tanpa membuat akun user atau guest terlebih dahulu akan berakibat fatal karena komputer menganggap orang lain tersebut sebagai admin yang mempunyai akses penuh ke komputer anda, padahal pemilik komputer adalah anda. Efek yang paling berasa adalah terjangkitnya komputer khususnya ransomware yang sering terjadi karena orang lain tersebut asal unduh dan instal aplikasi yang di dalamnya ternyata mengandung malware.

Pada artikel kali ini saya akan jelaskan tata cara membuat akun baru di Windows 10 beserta cara agar saat nantinya orang lain menggunakan komputer sebagai akun ketiga tersebut dia tidak bisa menginstall aplikasi sehingga komputer anda lebih aman.

1. Buat Password Administrator

Langkah pertama yang anda lakukan adalah buat password terlebih dahulu, anda bisa membuka Setting >> account >> sign-in options nantinya akan muncul pop-up untuk mengisi password seperti biasa dan nanti juga terdapat pemberitahuan untuk mengisi pin yakni tambahan angka sebagai alternatif andai password lupa, saya menyarankan untuk mengisi pin ini.

2. Membuat Akun Baru Untuk User

Mari kita berlanjut ke step selanjutnya yakni membuat akun untuk user baru, sebelum berlanjut saya ingatkan sebagai catatan berbeda dengan Windows 7 untuk Windows 10 ini Microsoft “memaksa” user ini agar login menggunakan akun Microsoft, sedangkan kita tidak perlu hal itu dimana user tidak perlu login dengan username & password, kabar baiknya Microsoft masih mengijinkan login tanpa akun Microsoft namun kita sebagai admin harus jeli saat membuat akun baru karena diletakan secara tersembunyi.

Untuk membuat akun baru anda buka Setting >> Account >> Family & other users dan pilih opsi other users.

Sesuai yang saya sebutkan sebelumnya terdapat pop-up yang menanyakan log-in menggunakan email, karena kita tidak butuh itu kita pilih opsi I don’t have this person’s sign-in information”.

Lagi-lagi Microsoft menanyakan akun outlook, kita tidak butuh itu maka silahkan pilih opsi Add a user without a Microsoft Account.

Berbeda dengan administrator yang membutuhkan password dan pin untuk user tidak membutuhkan keduanya, karena mereka hanya sebagai tamu alias pengguna sementara komputer anda, jadi saat login tamu tersebut selain tidak bisa install aplikasi dia juga tidak bisa mengakses akun administrator mengingat dilindungi dengan password sehingga tamu hanya bisa mengakses akun user saja yang tidak dilindungi password.

3. Mengatur User Account Control (UAC)

Langkah selanjutnya adalah mengatur user account control (UAC), lokasi dari menu ini tersembunyi jadi untuk mencarinya disarankan anda bisa melalui start menu dengan cara klik tombol Windows saat muncul start menu anda ketikan “change user account control setting” nanti akan muncul shortcut menuju kesana anda kli, nantinya saat muncul menu anda geser dari kondisi default menuju paling atas.

Related Post

Setelah melakukan ketiga step di atas anda bisa langsung restart dan nanti akan terdapat dua akun, pertama adalah administrator (dalam contoh saya adalah sutamatamasu) serta user (dalam contoh saya user kimochi). Administrator dalam hal ini sutamatamasu dilindungi oleh password dan pin untuk login sedangkan untuk akun user yakni Kimochi tidak dilindungi oleh password.

4. Mencoba Login Sebagai User (Kimochi)

Tampilan user (Kimochi) agak sedikit berbeda dengan administrator (sutamatamasu) dimana bisa anda lihat tampilan wallpaper user kembali ke default Windows tidak menggunakan wallpaper yang sama dengan administrator (sutamatamasu).

Perbedaan lainnya tentu ada pada saat kita instal aplikasi dalam hal ini adalah Blender.

Saat kita klik instal dan aplikasi memulai proses penulisan data ke sistem, terdapat muncul pop-up yang mencegah hal tersebut dimana dibutuhkan password milik administrator (sutamatamasu) untuk melanjutkan, karena tidak tahu password maka jalan satu-satunya user akan mengklik opsi “No”.

Selanjutnya yang terjadi aplikasi Blender tidak bisa terinstal karena mendeteksi instalasi telah dibatalkan oleh pengguna yakni user (Kimochi).

Versi Video

NB: Pada versi video karena untuk menghemat durasi saya langsung cara cepat mengakses menu melalui start menu, tidak mengklik satu-satu melalui setting.

Tanya dan Jawab

Tanya: Apakah bisa melakukan hal keamanan lain selain mencegah user untuk install aplikasi?

Jawab: Ada banyak hal lain, seperti membatasi akses ke folder tertentu, membatasi untuk aplikasi tertentu agar tidak tampil di user dsb mayoritas pengaturan ada pada properties anda bisa Googling untuk lebih lengkapnya sayangnya karena terbatas waktu saya hanya bisa berikan satu saja.

Tanya: Saya menggunakan antivirus yang bagus dan premium, saya rasa cukup kenapa saya butuh ini?

Jawab: Sebenarnya hampir semua antivirus baik premium maupun gratis (termasuk Windef bawaan Windows 10) sudah disertai anti ransomware didalamnya prinsip kerja mereka mencegah aplikasi yang diduga ransomware tersebut untuk melakukan instalasi ke sistem berdasarkan info dari database, masalahnya ransomware baru tiap saat hadir terkadang tidak ada pada database antivirus tersebut.

Jadi buat user baru ini sebagai tambahan solusi keamanan andai komputer anda menemui masalah dimana antivirus bertemu dengan ransomware yang tidak ada di database, komputer tetap aman karena orang lain tidak bisa diberi akses untuk install aplikasi macam-macam.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Apabila ada yang ingin copas artikel harap sertakan sumber.

 

This post was last modified on 21/01/2021 16:43

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...