AMD Computex 2016 : Radeon RX 480 VR Ready APU Laptop DDR4 dan 8 Core 16 Thread AMD Zen

Amerika Serikat : 1 Juni 2016

Halo, Computex 2016 sudah hadir kali ini, mimin akan hadirkan artikel tentang  AMD Computex 2016 : Radeon RX 480 VR Ready APU Laptop DDR4 dan 8 Core 16 Thread AMD Zen.

AMD APU laptop premium

 

AMD sama seperti produsen lainya. memanfaatkan moment dari Computex 2016 ini yang merupakan pagelaran pameran IT kelas dunia yang berada di Taiwan. sama seperti tradisi yang sudah ada. AMD biasanya akan hadirkan prodak baru di ajang ini. nah, mimin akan hadirkan sedikit cuplikan dari Live streaming yang AMD hadirkan. karena, mimin yakin pembaca tidak semuanya memiliki internet mumpuni.

Dibuka oleh CEO AMD Lisa Su

Computex 1

Sebenarnya, acara ini dibuka oleh perwakilan AMD dari Tiongkok. namun, untuk materi nya sendiri. dibuka oleh CEO AMD Lisa Su. beliau, membuka dengan wajah yang berseri-seri membuka acara dengan penjelasan akan prodak 2016 yang akan menjadi fokus utama AMD. yakni adalah Chip Grafis AMD “Polaris”, Processor AMD APU Gen7 untuk mobile serta teknologi next-gen berupa kehadiran Chip Processor terbaru.

Penjelasan VR dan Polaris oleh Raja Koduri dari divisi

Radeon Technology Group

Computex 2

Selanjutnya, untuk sektor grafis. di isi oleh Raja Koduri beliau adalah pemimpin di divisi grafis AMD yakni RTG. ya, tahun kemarin AMD memisahkan divisi grafisnya menjadi divisi khusus. demi memfokuskan penuh ke bidang grafis. Dibuka dengan visi AMD di bidang gaming. Menurut CEO Lisa Su, Gaming adalah salah satu fokus AMD untuk kedepan setelah VR dan Data Center. untuk itu, peran RTG sangat berperan penting disini. RTG sendiri, memiliki goal untuk menghadirkan sebanyak mungkin konsumer baru di bidang gaming PC. serta, tidak lupa fokus utama yakni VR juga menjadi fokus utama RTG sendiri.

Computex 5 Computex 4

Beliau melanjutkan tentang VR. VR menjadi perhatian dengan membawa sensasi baru. banyak orang ingin mencobanya. namun, beliau menyebutkan. banyak pengguna PC hanya menjadi penonton. dimana, dari 13 Juta Gamer di dunia, hanya 1% yang bisa menikmatinya. masalahnya, karena harga. serta perangkat grafis mereka sendiri kurang mumpuni untuk menghandle VR dengan baik. ini karena, rata-rata gamer hanya membeli vga card dari range $100-$300 yang belum mumpuni untuk VR.

Sambut Radeon RX 480 Grafis Bertenaga untuk VR dengan Harga Terjangkau

Computex 7

Computex 9

Untuk itulah, AMD Hadirkan Radeon RX 480. ya, mulai seri ini, AMD tidak menggunakan R7 dan R9 melainkan hanya “RX + nomor seri vga”, vga card ini bukanlah seri high-end dari AMD Radeon RX 400. melainkan sebagai penerus dari Radeon R9 380 yang merupakan vga card kelas menengah kebawah.

Computex 6

Menarik disini adalah walau masuk kedalam kelas menengah kebawah, AMD menyebutkan performa untuk VR dari vga card ini setara dengan vga card seharga $500 (7 Jutaan rupiah) sedangkan vga card ini hanya seharga $199 (2,5-3 Jutaan rupiah) saja. ditambah, dimulai dari seri ini. AMD akan menggunakan nama “VR Premium” untuk setiap vga card yang sudah ready untuk VR. ini demi mempermudah masyarakat dalam memilih vga card.

spek radeon rx 480

spek radeon rx 480

7496_13_amds-next-gen-polaris-architecture-unveiled-arrives-mid-2016_full 6

Fitur Singkat GPU berbasiskan AMD Polaris

Berbicara soal spesifikasi, AMD hadirkan Chip GPU Polaris 10 yang ada di vga card ini. Polaris 10 bukanlah chip GPU yang paling tergahar dari AMD. karena, AMD akan hadirkan Polaris 11 untuk vga card high-end dan Vega untuk antusias kedepan. chip GPU Polaris 10 yang ada di vga card ini hadir dengan performance/watt yang baik. dengan performa VR yang setara vga card $500, vga card ini hanya memiliki TDP sebesar 150W yang sering ditemui di vga kelas menengah kebawah sekarang.

Computex 8

Untuk bentuk pendinginya sendiri, AMD tidak ada perubahan untuk reference seperti yang ada sebelumnya dengan keseluruhan berwarna hitam.

Computex 10

Raja setelah itu membahas ke API. untuk Vga Card AMD Radeon RX 400 ini sudah mendukung API terkini. diantaranya adalah DirectX 12, Vulkan API serta support terhadap GPU Open. sebuah project inisiatif dari AMD yang membantu para developer dengan berbagai macam tools untuk membawa pengalaman gaming lebih baik. setelah itu,

rx 480 bf1

Tiba-tiba pengunjung dibawa oleh cuplikan gameplay Battlefield 1. sama seperti sebelumnya, AMD berkerjasama dengan EA untuk seri Battlefield. kali ini, di dukung oleh DirectX 12 dengan Async Compute (untuk tingkatkan performa di DirectX 12) dan AMD FreeSync.

rx 480 vs gtx 1080 3

Masih belum cukup ?? AMD membandingkan vga card Radeon RX 480 dengan seri GTX 1080 milik Nvidia. AMD tidak bersaing dalam hal performa disini, karena masih ada vga card kelas atas lainya. AMD bersain dalam hal performance + value. hasilnya cukup mengejutkan. di game DirectX 12 terkenal, Ashes of Singularity 2 buah Radeon Rx 480 dalam mode CrossFireX unggul dalam hal performa dibandingkan GTX 1080. kita tahu, GTX 1080 ini vga card kelas atas dengan harga yang mahal. ternyata AMD sebutkan mereka bisa hadirkan solusi yang lebih terjangkau. beliau menutup sesi presentasinya dengan epic.

Beliau menyebutkan vga card ini, akan hadir ke pasaran mulai bulan Juni ini.

Klik page selanjutnya untuk melihat penjelasan tentang APU Generasi Ketujuh support DDR4 

Tags: info apu ddr4 terbaru Info APU terbaru 2016 info tentang AMD DDR4 Info tentang AMD Polaris Info tentang AMD Zen

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. Microsoft Umumkan Xbox One S dan Project Scorpio dengan Processor 8 Core dan 6 TFLOPS GPU - Blog Komputer dan Teknologi10 months agoReply

    […] tahu, beberapa waktu lalu AMD hadirkan Radeon Rx 480 dengan 5 TFLOPS (Info bisa dilihat disini : https://www.sutamatamasu.com/amd-computex-2016-radeon-rx-480-vr-ready-apu-laptop-ddr4-dan-8-core-16… ). Konsol ini, hadir dengan performa diatas dari vga card tersebut. bayangkan, performa vga card […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)