AMD Hadirkan 2nd Gen Ryzen Threadripper Processor 32 Core 64 Thread untuk Content Creator Ini Harganya

AMD Hadirkan 2nd Gen Ryzen Threadripper Processor 32 Core 64 Thread untuk Content Creator Ini Harganya

AMD baru saja telah mengumumkan kehadiran processor kelas enthusiast mereka yakni AMD 2nd Gen Ryzen Threadripper, Processor andalan AMD kini menargetkan pada 2 segmen yang cukup besar untuk PC Desktop, yakni segment Antusias dan Gamer serta segmen Content Creator (arsitek, editor, CAD dsb) serta Innovator termasuk untuk AI sekalipun.

Pertama adalah 2nd Gen Ryzen Threadripper WX series, sesuai namanya yang berasal dari “Workstaton Extreme” menandakan seri ini diperuntukan bagi pengguna Workstation yang biasa di isi oleh para pembuat konten termasuk studio yang memproduksi animasi.

Terdapat 2 seri yakni 2nd Gen Ryzen Threadripper 32 Core 64 Thread yang telah menggunakan fabrikasi 12nm dari Global Foundries, serta menggunakan arsitektur “Zen+” yang menghadirkan clock tinggi, saya sejujurnya tidak menyangka seri tertinggi 2nd Gen Ryzen Threadripper dengan 32 Core 64 Thread bisa mencapai 4.2 Ghz clock tertinggi, sepertinya AMD melakukan bining yang ketat pada processor ini.

Berdasarkan benchmark terkini, sudah bisa ditebak AMD 2nd Gen Threadripper dengan 32 Core 64 Thread ini, mampu mengalahkan processor Intel Core i9 7980XE dengan 18 Core 36 Thread terkencang saat ini dengan harga yang lebih mahal.

Seri kedua adalah seri X yang berasal dari Extreme series, seri ini lebih diperuntukan untuk mainstream gamer dan para entusiast yang menginginkan processor kencang, dengan jumlah core yang banyak namun tetap menghadirkan performa single thread yang oke berkat arsitektur Zen+ dan fabrikasi 12nm.

Tersedia pilihan 12 Core, 24 Thread yang ada di Threadripper 2920X serta 16 Core 32 Thread yang ada di 2950X, lagi saya cukup terkesan AMD mampu menghadirkan boost clock sebesar 4.4 Ghz pada processor dengan jumlah Core banyak ini lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

AMD bandingkan dengan Core i9 7900K 10 Core 20 Thread dengan 2nd Gen Ryzen Threadripper 2950X 16 Core 32 Thread menghasilkan performa content creation yang mantab, walaupun begitu, AMD jujur menyebutkan performa gamingnya sedikit kalah dibandingkan Intel,

Motherboard Masih Pakai Socket TR4, Mendukung Pendingin Air Cooler/AIO Biasa

AMD mengumumkan processor 2nd Gen Ryzen Threadripper tetap mendukung socket TR4 sebelumnya, beberapa produsen motherboard juga mengumumkan belum ada rencana untuk merilis motherboard terbaru seperti yang dilakukan oleh ASUS dengan ROG nya, jadi pengguna cukup mengupgrade BIOS saja.

Namun, TDP tetaplah TDP dengan menghadirkan TDP sebesar itu, ASUS sudah prepare dengan menghadirkan Cooling kit, pendingin bukanlah sebagai pendingin processor, namun untuk mendinginkan dari VRM yang ada pada motherboard ASUS seri X399, ASUS akan mengumumkan nanti apakah kit ini bisa didapatkan gratis atau harus membeli secara terpisah.

AMD juga mengadakan kerjasama dengan Cooler Master untuk menghadirkan pendingin Wraith Ripper pendingin ini akan dijual terpisah nantinya dan akan di distribusikan oleh Cooler Master sendiri.

Q&A:

APAKAH 2nd Ryzen Threadripper BOROS?

Jawaban: TIdak, mengingat dengan 32 Core 64 Thread yang dihadirkan TDP 250W adalah hal yang lumrah, apalagi mengingat AMD sudah memiliki processor yang jauh lebih boros yakni FX 9590 yang bahkan bisa dijinakan dengan AIO Watercooling ASETEK sekalipun. Tapi anggap aja processor tersebut telah wafat itu masa lalu.

Harga di Indonesia

AMD Indonesia langsung mengirimkan kepada kami mengenai list harga dari 2nd Gen Ryzen Threadripper dan menampilkan harga tertinggi sebesar 27 Juta rupiah, hal ini wajar mengingat kehadiran 32 Core 64 Thread sangat membantu sekali bagi para pembuat konten atau workstation yang ada di studio untuk membuat konten seperti animasi dengan lebih cepat, AMD Indonesia sepertinya memfokuskan untuk menghadirkan seri 32 Core 64 Thread dan 16 Core 32 Thread terlebih dahulu untuk pasar Indonesia dan bisa didapatkan mulai di bulan Agustus.

Paket Penjualan Yang Keren dengan Nuansa Metal

AMD menghadirkan paket penjualan dengan ukuran BOX yang cukup besar dan terdapat corak dengan nuansa Metal yang menjadi ciri khas bagi processor 2nd Ryzen Threadripper

Bagaimana tanggapan anda mengenai processor keren dengan banyak Core ini? Silahkan sampaikan pendapatmu lewat komentar 🙂

Tags: 2nd gen ryzen threadripper Processor 32 Core 64 Thread ryzen threadripper vs core i9

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.