AMD Hadirkan Processor RYZEN 5 Hadir dalam 6 Core dan 4 Core SMT Harga Lebih Terjangkau

Amerika Serikat : 16 Maret 2017

AMD sebagai perusahaan fabless semiconductor terkemuka, di beritakan  Hadirkan Processor RYZEN 5 Hadir dalam 6 Core dan 4 Core SMT Harga Lebih Terjangkau.

AMD sebagaimana kita ketahui telah hadirkan RYZEN 7 Processor andalan AMD untuk segment High-End dan antusias, berhasil mendapatkan reaksi yang cukup antusias dari beragam kalangan, ini bukan tanpa alasan, mengingat AMD telah lama absen dalam segment tersebut, (simak informasi lengkapnya disini: https://www.sutamatamasu.com/amd-merilis-ryzen-7-processor-8-core-16-thread-pc-desktop-siap-bersaing-dengan-core-i7/ ) kali ini RYZEN 7 telah membuktinya dengan hadirkan performa yang kompetitif dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor.

Ternyata tidak cukup disitu saja, AMD hadirkan Processor lainya bernama RYZEN 5 Series, Processor ini hadir dalam konfigurasi 6 Core 12 Thread serta 4 Core 8 Thread, dengan adanya teknologi SMT dari AMD ini masing-masing Core yang ada bisa mengolah 2 Thread dengan efisien, jadi seolah-olah anda memiliki Processor 12 “Otak” di tangan dengan RYZEN 5 ini.

Untuk seri 6 Core 12 Thread AMD hadirkan RYZEN 5 1600X dan RYZEN 5 1600. Keduanya memiliki perbedaan yang tidak jauh berbeda dan sama-sama bisa di Overclock, perbedaanya adalah pada TDP yang dimana seri non X hadir dengan lebih efisien yakni 65W. Dengan TDP yang lebih rendah memungkinkan penggunaan Clock yang lebih rendah serta fitur andalan yakni XFR (yang bisa disebut sebagai fitur “Overclock otomatis” yang akan hadirkan peningkatan Clock sebesar (100 Mhz) lebih besar menyesuaikan pendingin yang ada), tidak bisa hadirkan Clock yang lebih besar dibandingkan dengan versi X. AMD juga melakukan bining yang lebih ketat untuk seri X agar bisa hadirkan potensi Overclock lebih besar.

AMD menargetkan persaingan terhadap Intel Core i5 7600K sebagai pesaing dari kompetitor, AMD mengklaim Processor miliknya hadirkan kinerja Multi Thread yang lebih baik dalam ujicoba Cinebench Multithread.

Sedangkan untuk seri 4 Core 8 Thread AMD hadirkan RYZEN 5 1500X dan RYZEN 5 1500 hadirkan fitur yang sama dengan yang ada pada RYZEN lainya dimana seri X hadirkan XFR yang lebih baik dan hadirkan potensi overclock yang lebih tinggi. AMD menargetkan untuk hadirkan persaingan dengan Intel COre i5 7400 serta Intel Core i3 7350K  dengan harga yang kurang lebih sama.

Pendingin : Wraith Namun Hadir tanpa RGB

AMD hadirkan pendingin Wraith MAX dan Spire dengan keunggulan RGB LED dalam pendinginya, namun sayangnya untuk RYZEN 5 AMD sama sekali tidak hadirkan pendingin berbasis RGB di paket penjualanya.

Untuk pendinginya sendiri AMD hadirkan Wraith Spire (pendingin yang sama dengan RYZEN 7 1700) namun tanpa LED serta Wraith Stealth, ini merupakan pendingin versi “mini” yang hadir dengan TDP 65W hadir tanpa LED juga. Namun khusus seri tertinggi RYZEN 5 1600X AMD tidak menyertakan seri pendingin sama sekali.  

RYZEN 5 = Menggunakan 2 buah CCX

Dalam hal DIE RYZEN 5 sendiri dikabarkan menggunakan 2 buah CCX yang sama dengan ada di RYZEN 7, CCX adalah sebutan bagi gabungan 4 buah Core dengan L2 dan 8MB L3 Cache untuk arsitektur ZEN. RYZEN 7 sendiri merupakan gabungan 2 buah CCX yang dihubungkan dengan “Infinity Fabric” sebuah “high-performance-bus” sebagai pengganti dari Hypertransport dahulu.

Namun uniknya, alih2 menggunakan laser Cut. RYZEN 5 tetap menggunakan 2 CCX dimana untuk 6 Core 12 Thread AMD menonaktifkan 2 Core dan untuk 4 Core 8 Thread seri 1500 X AMD menonaktifkan 4 Core namun tetap menggunakan L3 Cache (16MB totalnya) sedangkan seri terendah AMD menonaktifkan 1 buah CCX.

RYZEN 5 Hadir Mulai April Tuju Kalangan Mainstream PC

Dengan harga $200 (2-3 Jutaan rupiah) AMD hadirkan RYZEN yang lebih terjangkau yang diperuntukan untuk pengguna PC Mainstream seperti kalangan gamer, desain grafis serta pengguna workstation kecil yang ingin membangun PC dengan performa yang lebih baik. Sayang sekali untuk pendingin AMD tidak sertakan seri dengan LED yang dimana di segment ini banyak yang menantifkan pendingin bawaan seperti itu.

Tags: Spesifikasi RYZEN

author
Author: 

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)