AMD Hadirkan Radeon Video Core Next Untuk Multimedia di AMD RYZEN APU

AMD sebagai produsen processor laptop ternama, diberitakan Hadirkan Radeon Video Core Next Untuk Multimedia di AMD RYZEN APU 

AMD sebagaimana kita ketahui telah merilis processor notebook terbaru untuk segment mainstream notebook, yakni RYZEN APU atau yang bahasa resmi disebut sebagai RYZEN Processor with Radeon Vega Graphics. untuk penjelasanya anda bisa lihat di artikel berikut ini (Baca : https://www.sutamatamasu.com/info-processor-amd-ryzen-apu-kombinasi-zen-dan-radeon-vega-untuk-laptop-tipis/)

Seperti namanya, processor ini menggabungkan kedua komponen utama yakni CPU berbasis “Zen” Arsitektur serta GPU yang berbasis Radeon “Vega” arsitektur. sehingga hasilkan kombinasi APU yang powerfull. namun sebenarnya ada komponen “dedikasi” lainya khusus untuk multimedia, dinamakan sebagai “Video Core Next” 

Perkenalkan “Radeon Video Core Next” Multimedia Engine 4K Ready 

Marketing AMD menyebut “VCN” dengan komponen “Multimedia Engine”

Komponen VCN terkadang disebut oleh marketing AMD sebagai “Multimedia Engine”. VCN memiliki fungsi khusus untuk multimedia, baik itu berupa encoding dan decoding, VCN juga berdiri sendiri, terpisah dari CPU dan GPU yang terhubung dengan Infinity Fabric.

Klik untuk perbesar

Penamaan VCN hadir dalam list RadeonFeature di driver X.org yang digunakan untuk Linux. VCN bisa dilihat hadir dengan dukungan encode dan decode dalam berbagai format dengan  mendukung format hingga resolusi 4K 10 bit. 

Dengan komponen VCN, berbagai layanan streaming video bisa dijalankan dengan lancar hingga resolusi 4K

Metode Sebelumnya (Sebelum Kehadiran “VCN”)

Sebelum RYZEN APU hadir, komponen multimedia dibagi menjadi 2 bagian. UVD untuk decoding dan VCE untuk encoding.

Komponen serupa seperti VCN juga ada pada APU dan vga card sebelumnya, bedanya sebelumnya dipisah-pisah. hal ini sayangnya membuat agak kurang terkenal dibandingkan dengan kompetitor seperti Intel QuickSync atau Nvidia VideoCodec SDK. fitur VCE pun baru digunakan dengan optimal pada aplikasi bawaan, AMD ReLive. 

Hadirkan “Display Controller Next” dengan Dukungan 4 Multi-Monitor 

AMD hadirkan 4 konektor display di RYZEN APU

Tidak hanya mengupdate komponen multimedia saja, AMD juga update komponen display controller yang sekarang bernama “Display Controller Next” dengan dukungan 4 multi-monitor sekaligus. 

Sebagai gambaran nyata anda bisa lihat diatas ini, RYZEN APU mendukung hingga 3 monitor tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti multimedia misalnya dengan mendukung koneksi external hingga 4K serta mendukung teknologi FreeSync 2 dan HDR (di monitor yang mendukung).

AMD secara resmi hanya menyebut sebagai “Radeon multimedia engine” di berbagai slide, namun pergantian nama ini adalah langkah bagus, mengingat orang khususnya developer sudah familiar dengan kata “Graphics Core Next” yang merupakan arsitektur GPU tersebut.

Sumber : X.ROG

Tags: Multimedia di AMD RYZEN APU performa ryzen apu

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    claudia bella3 months agoReply

    Terima kasih untuk informasinya min, dengan informasinya saya semakin bisa membuatnya…

    Kunjungi dong >>>WWW.MIKIRPOKER.NET<<< ada promo kaos secara cuma-cuma dari kami dan juga undian menarik lainnya dan menjelangnya imlek atau Chinese New Year telah dihadirkan EVENT Angpao dan dapatkan EVENT tersebut pada saat bermain…

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)