AMD Luncurkan Radeon Vega Frontier Edition Kartu Grafis Workstation dengan 16GB HBM2

Amerika Serikat : 17 Mei 2017

AMD melalui Radeon Technology Group diberitakan Luncurkan Radeon Vega Frontier Edition Kartu Grafis Workstation dengan 16GB HBM2.

AMD sebagaimana kita ketahui sudah sejak lama menghadirkan berbagai macam info tentang chip grafis “Vega” yang menjadi andalanya. Banyak yang menantikan kehadiran sampai akhirnya AMD melalui Radeon Technology Group divisi yang menanangani grafis mulai meluncurkan kartu grafis dengan chip Vega tersebut.

Radeon Vega Frontier Edition Vega untuk Workstation Kelas Atas

Sebelumnya, RTG mulai merilis kartu grafis dengan chip “Vega” dengan merilis seri kelas atas untuk pangsa pasar server dengan nama Radeon instinct m125 kartu grafis ini menggunakan chip grafis Vega “Full version” dengan 16GB HBM2 atau yang sekarang bernama “High Bandwith Cache”. Sekarang AMD hadirkan kartu grafis yang sama namun untuk kelas workstation bernama Radeon Vega Frontier.

Radeon Vega Frontier hadir dengan chip grafis Vega “Full version” dengan keunggulan utama adalah dari sisi Raw Computing yang hadir dengan 25 TFLOPS FP16 dan 13 TFLOPS FP32 membuat kartu grafis ini menjadi yang terkencang untuk customer kelas workstation sementara ini.

Radeon Vega Frontier akan menggantikan kartu grafis Radeon Pro SSG sebelumnya yang menggunakan Dual Fiji termasuk Radeon Pro Duo (warna hitam) dengan Dual Fiji. Radeon Vega Frontier akan mendampingi kartu grafis Radeon Pro Duo baru (warna biru) yang menggunakan Dual Polaris untuk mengisi pasar workstation kelas menengah. Berdasarkan Raw performance, AMD menyebutkan kartu grafis ini hadirkan performa hingga 2x lebih baik.

Begitu juga dengan pesaing AMD membandingkan dengan Nvidia Titan Xp di segment yang sama, berdasarkan hasil internal test menyebutkan kartu grafis ini unggul dibandingkan kompetitor. Walau bukan termasuk chip grafis terkencang saat ini (dikarenakan kehadiran Volta V100), namun untuk segment workstation Radeon Vega Frontier adalah yang paling kencang saat ini.

Hadir Dalam 2 Pendingin Belum Ada Info akan Harga

Berkat optimalisasi daripada fabrikasi 14nm dan berbagai teknik efisiensi dari arsitektur Vega (salah satunya yang berpengaruh besar adalah Draw Stream Binning Rasterizer sebagai jawaban AMD atas kunci efisiensi dari arsitektur Nvidia selama ini ) memungkinan kartu grafis ini memiliki kinerja 2x lipat dengan<TDP 250W memungkinkan untuk menggunakan 2 buah pendingin yakni aircooling dengan warna biru seperti pada gambar diatas dengan power 2x8pin

Untuk versi mewahnya hadir juga versi watercooler dengan 2×8 pin power juga, untuk versi watercooler ini hadirkan kualitas pendinginan yang lebih baik. AMD sepertinya mendengar berbagai feedback pelanggan untuk sertakan 2 versi kartu grafis.

Sayang belum ada info akan harga. Kartu grafis ini diperuntukan bagi workstation kelas atas yang umumnya digunakan oleh studio, ilmuwan (untuk simulasi) dsb. Mari kita tunggu info lengkapnya

Tags: Kartu Grafis Workstation Radeon Vega Frontier Edition

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. AMD Umumkan Penggunaan Fabrikasi 7nm FinFET untuk Zen 2 dan Zen 3 serta Navi Mulai 2018 - Blog Komputer dan Teknologi2 months agoReply

    […] dikabarkan telah merilis 2 prodaknya hari ini yakni Radeon Vega Frontier ( https://www.sutamatamasu.com/amd-luncurkan-radeon-vega-frontier-edition-kartu-grafis-workstation-den…/ ) untuk pangsa pasar workstation serta Processor AMD EPYC ( […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)