AMD Merilis FidelityFX Super Resolution, Alternatif DLSS Berbasis Open Source

AMD Merilis FidelityFX Super Resolution, Alternatif DLSS Berbasis Open Source

AMD pada ajang Computex 2021 yang digelar secara virtual mengumumkan fitur terbaru dari kumpulan fitur visual untuk gaming FidelityFX yakni AMD FidelityFX Super Resolution  yang memiliki fungsi yang sama dengan NVIDIA DLSS yakni menghadirkan fungsi game scaling kedalam game, jadi saat fitur ini diaktifkan maka GPU akan berusaha menurunkan resolusi layar dari game yang dimainkan namun dengan tanpa perbedaan kualitas gambar yang berarti. Fitur GPU scaling seperti ini sudah lama ada namun untuk membuat perbedaan kualitas gambar tidak berbeda jauh cukup sulit dan baru bisa ditemui sekarang ini.

Anda Juga Bisa Mengubah Setelan Kualitas Gambar

Sama halnya dengan NVIDIA DLSS, anda juga bisa mengubah setelan kualitas gambar dari fitur AMD FidelityFX Super Resolution dimana terdapat 4 preset yang bisa anda pilih, pastinya masing-masing memiliki persentase peningkatan performa game (FPS) yang berbeda satu sama lain dan tentu kualitas gambar yang berbeda sama lain dimana untuk setelan ultra quality adalah yang paling baik kualitas gambar mendekati asli.

AMD FidelityFX Super Resolution Berjalan Pada Kartu Grafis NVIDIA GeForce

Berbeda dengan NVIDIA DLSS yang berbasis proprietary dan terbatas untuk kartu grafis NVIDIA GeForce RTX saja untuk fitur Super Resolution yang merupakan bagian dari kumpulan fitur gaming  FidelityFX ini AMD hadirkan secara gratis dan open source yang bisa didapatkan nanti di website GPUOpen Sehingga semua developer game bisa menggunakan fitur ini secara cuma-cuma dan menariknya fitur ini juga bisa dipakai oleh kompetitor dan tidak perlu menggunakan kartu grafis GeForce RTX.

Sayangnya pengumuman sekarang ini hanya paper-launch saja untuk dukungan driver untuk kartu grafis akan dirilis resmi tanggal 22 Juni 2021, AMD menyebutkan sudah terdapat 10 game studio dan game engine yang mendukung fitur ini serta terdapat dukungan hingga 100 GPU dan CPU (terdapat fitur grafis terintegrasi) yang mendukung fitur FidelityFX Super Resolution.

Pengguna juga bisa request game apa yang ingin dihadirkan fitur FidelityFX Super Resolution melalui link berikut: https://explore.amd.com/en/technologies/radeon-software-fidelityfx-super-resolution/survey

Tags: AMD DLSS FidelityFX Super resolution

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.