AMD Perkenalkan “Naples” Processor Server 32 Core 64 Thread dengan Arsitektur Zen dan 8 Channel Memory Rilis Q2 2017

Amerika Serikat : 7 Maret 2017

AMD sebagai perusahaan fabless semiconductor terkemuka Perkenalkan “Naples” Processor Server 32 Core 64 Thread dengan Arsitektur Zen dan 8 Channel Memory Rilis Q2 2017.

AMD sebagaimana kita ketahui telah merilis Processor terbaru AMD RYZEN 7 dimana hadirkan 8 Core 16 Thread “High-Performance” dengan arsitektur “Zen” yang mumpuni yang mengembalikan AMD kembali ke ranah persaingan processor PC desktop kelas high-performance yang menyasar kebutuhan workstation dan gaming terkini. Tidak puas disitu saja AMD juga dikabarkan langsung beralihkan fokusnya ke ranah server dengan perkenalkan kepada publik info tentang Processor codename “Naples” untuk server pertama dengan “Zen” arsitektur.

 

“Naples” adalah codename yang akan hadir untuk Processor mendatang yang akan menggantikan Processor AMD Opteron yang ada sekarang ini, AMD belum menyebutkan apa namun sudah menkonfirmasi akan menggunakan nama yang baru. AMD “Naples” dibangun dengan basis Core yang sama dengan yang ada pada RYZEN yakni “Zen” Arsitektur.

1 Processor dengan 32 Core 64 Thread  

1 konfigurasi Processor “Naples” dikabarkan akan hadir dengan 32 Core 64 Thread, sama seperti RYZEN, Naples akan menggunakan teknologi SMT yang memungkinkan 1 buah Core fisik mengolah 2 buah perkerjaan sekaligus, untuk menjamin efisiensi Processor ini dibangun dengan fabrikasi 14nm FinFET terkini rancangan Global Foundries/Samsung.

Ditenagai dengan 8 Channel Memory

Untuk satu konfigurasi Processor “Naples” akan ditenagai dengan 8 Channel Memory. Ya Sebagian besar komputer sekarang ini hanya memiliki rata-rata Dual Channel memory yang menyokong 128 bit Memory Bus sedangkan Processor server ini bisa menyokong hingga 16 Slot DDR4 Memory yang siap ditampung dengan 512bit Memory Bus.

Kita flashback sedikit kunci dari performa ini adalah desain CCX dari “Zen” yang hadirkan 4 Core 8 Thread serta Dual Channel Memory. Dimana dengan flexibilitas dari CCX ini, AMD hanya tinggal memperbanyakan jumlah CCX ini sehingga menjadikan 32 Core 64 Thread ini yang berisikan 8 CCX. Dengan fabrikasi 14nm FinFET terkini kabar baiknya hal itu bisa dimasukan dalam 1 buah Processor.

Hadirkan I/O yang Lega Hingga 128 Line

Konfigurasi SSD server semakin membutuhkan kapasitas yang besar dari waktu ke waktu untuk itu dibutuhkan sebuah kinerja sebuah I/O yang mumpuni, untuk hal ini dikarenakan Naples sudah berbentuk SoC yang dilengkapi I/O maka di AMD “Naples” melengkapinya dengan 128 Lanes PCIe yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari NVMe Storag hingga Jaringan,

“Infinity Fabric” Gabungkan Kinerja 2 Processor dengan I/O yang Lega

AMD juga hadirkan sebuah interconnect antar server terbaru yang dinamakan “infinity Fabric” tidak hanya gabungkan kinerja 2 Processor saja namun juga gabungkan kinerja I/O yang ada menjadi lebih lega sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan I/O yang lebih banyak.

Dahulu AMD pernah mengakuisisi salah satu perusahaan server yakni SeaMicro yang salah satu prodaknya adalah multi fabric technology yang memungkinkan banyak Processor saling terhubung dalam 1 sistem dengan menggunakan gabungan I/O namun saat itu hanya digunakan di prodak Processor low power macam Atom dan kurang laris AMD memilih menututup bisnis itu dan menggunakan IP tersebut.    

Di Klaim Hadirkan Lebih Banyak Core dan Memory dan I/O

Dalam konfigurasi Dual Socket 1 Motherboard AMD mengklaim hadirkan konfigurasi lebih banyak Core dibandingkan pesaing dengan hadirkan hingga 128 Thread dalam satu buah board dengan Dual Processor.  

“Naples” dan Radeon Instinct Senjata Andalan Server AMD Masa Depan

Untuk pangsa pasar server dan HPC, AMD andalkan kedua prodak yakni “Naples” Processor yang kita bahas serta Radeon Instinct yang menjadi pengganti daripada AMD FirePro S Series. Prodak AMD akan bersaing dengan Intel Xeon untuk Processor dan Intel Xeon Phi dan Nvidia Tesla untuk Accelerator (Radeon Instinct), akan direncakan rilis di Q2 2017.  

Berikut Video Previewnya :

 

Sumber : AMD, STH

Tags: Processor AMD Server processor amd terbaru processor zen untuk server

author
Author: 

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)