AMD Rilis Driver Khusus Mining Radeon Software Crimson for Blockchain Compute

Amerika Serikat : 17 Agustus 2017

Setelah merilis RX Vega, AMD dikabarkan Rilis Driver Khusus Mining Radeon Software Crimson for Blockchain Compute.

AMD sebagaimana kita ketahui telah merilis Radeon RX Vega yang hadir dalam beberapa versi diantaranya Radeon RX Vega 64 dan Radeon RX Vega 56. Walau banyak review menunjukan hasil test game yang kurang kompetitif, namun kartu grafis ini terbukti dalam test cryptocurrency atau bahasa kerenya “mining” hadirkan performa yang cukup baik.

AMD sepertinya melihat pangsa pasar yang cukup subur ini dengan mencoba merilis driver khusus untuk kegiatan “mining” pertama, bernama Radeon Software Crimson Blockchain Compute. Driver ini dioptimalkan untuk performa dari layanan cryptocurrency yang menggunakan metode Blockchain Compute. Salah satunya adalah ethereum dan bitcoin. Berikut penjelasan resminya :

“Bitcoin utilizes a technique called blockchain which stores all the transaction records. Blockchain also ensures that no malicious modifications could be applied to the records.”

Jadi saat blockchain ini adalah salah satu dari proses penting dari kegiatan mining ini dan untuk hadirkan proses yang lancar ini dibutuhkan perangkat yang bisa mengolah (compute) dengan baik. Tentu driver yang dibutuhkan juga harus baik.

Secara tampilan tidak ada yang jauh berbeda dengan software biasa. Namun dalam test yang dihadirkan oleh Legitreview menunjukan hasil yang lumayan dengan rate hingga 36 Mh/s untuk RX Vega 64 untuk etherium.

Tidak hanya itu menurut tes yang dihadirkan, suhu yang dihasilkan juga cukup rendah dalam test dari 65C turun menjadi 61C. Walaupun tetap jauh dari rumor yang beredar yang menyebutkan kartu grafis ini bisa tembus 100 Mh/s namun, dengan peningkatan di driver khusus ini bisa membuat para “penambang” bisa sedikit bernafas lega walau masih mendapatkan satu masalah yakni dalam hal konsumsi daya.

Sebagai catatan tambahan berikut data tambahan dari review yang beredar :

  • Radeon RX Vega 56 Stock = 288 watts
  • Radeon RX Vega 56 1900MHz Memory = 290 watts
  • Radeon RX Vega 64 Stock = 360 watts
  • Radeon RX Vega 64 2GHz Memory = 361 watts

Driver ini support dengan semua seri GCN layaknya driver Radeon software biasa, Download dengan mengklik icon dibawah

Sumber : Legitreview, Hothardware

Tags: driver vga khusus mining performa mining vga amd performa mining vga radeon rx vega

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)