Categories: News

AMD Ryzen APU Terbaru Dirumorkan Tetap Gunakan Radeon Vega Hingga 2022

AMD Ryzen APU Terbaru Dirumorkan Tetap Gunakan Radeon Vega Hingga 2022

Related Post


AMD APU sebagaimana kita ketahui merupakan processor andalan AMD terkenal akan grafis integrasi Radeon. Dimana untuk varian terbaru yakni Ryzen 4000 series dengan codename “Renoir” yang saat ini baru tersedia untuk varian mobile, Ryzen 4000 codename “Renoir” tersebut memiliki komposisi yang terdiri dari CPU hingga 8 Core berbasis arsitektur “Zen 2” dengan grafis hingga 8 Compute Core berbasis arsitektur “VEGA”, walaupun GPU integrasi yang dipakai memiliki jumlah unit Compute Core lebih sedikit, namun AMD berhasil meningkatkan performa antar unit sehingga menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan grafis yang ada pada Ryzen APU sebelumnya.

Kabarnya belum lama ini beredar rumor dari salah satu leaker Komachi Ensaka, menampilkan slide yang berisikan beberapa codename processor AMD Ryzen dimana pada bagian APU terdapat tiga nama yakni Renoir, Cezanne dan Rembrandt. Renoir seperti yang sudah jelaskan sebelumnya adalah codename dari AMD Ryzen 4000 APU yang ada saat ini yang menggunakan kombinasi CPU berbasis Zen 2 dengan GPU berbasis VEGA serta dibuat dengan fabrikasi TSMC 7nm.
Berdasarkan rumor tersebut untuk processor AMD Ryzen APU selanjutnya dirilis 2021 yakni Cezanne akan tetap diproduksi menggunakan fabrikasi 7nm, menggunakan CPU berbasis arsitektur Zen 3 terbaru dan GPU tetap berbasis arsitektur VEGA, belum diketahui apa yang menjadi alasan AMD untuk tetap menggunakan VEGA walaupun saat ini arsitektur RDNA sudah dirilis resmi melalui GPU “Navi” akan tetapi melihat peningkatan signifikan yang AMD lakukan pada Ryzen 4000 APU bukan tidak mungkin VEGA masih tetap bisa diandalkan untuk grafis integrasi.
Berbeda cerita dengan APU codename Rembrandt yang hadir tahun 2022 dimana kabarnya AMD baru lakukan perubahan besar di APU ini, perubahan diantaranya adalah menggunakan CPU arsitektur Zen 3, GPU arsitektur RDNA gen 2, RAM DDR5 serta menggunakan fabrikasi 6nm yang merupakan versi refresh dari fabrikasi 7nm (Sama halnya dengan fabrikasi 12nm yang merupakan refresh dari 16nm/14nm). Pada tahun yang sama AMD kabarnya juga menyiapkan APU low-power codename Van Gogh yang menargetkan TDP 9-12W untuk bersaing dengan Intel Y series yang umumnya ada pada perangkat 2 in 1 atau Ultrabook.
Harap diingat ini masih sebatas rumor, bisa saja ini benar atau salah.
Sumber: Twitter via Guru3D

This post was last modified on 27/05/2020 21:22

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...