AMD Satukan Radeon Software Crimson 17.9.3 dengan Driver Chipset dan RAID Ukuran Lebih besar

Jakarta : 10 Oktober 2017

Driver Radeon Software Crimson untuk vga card Radeon R/RX series   kini Satukan Driver Chipset dan RAID Ukuran Lebih besar.

Contoh tampilan Radeon Software Crimson

Nama Radeon Software Crimson mungkin tidak asing bagi pengguna kartu grafis Radeon R/RX series ataupun AMD APU. AMD hampir setiap bulan sekali hadirkan versi hotfix/fast update untuk hadirkan peningkatan di game baru.

Di versi 17.9.3 ini adalah salah satunya. AMD hadirkan dukungan untuk game baru berikut dukungan Multi-GPU yakni Warhammer II dan Forza Motor Sport. Berikut kutipan changelogsnya :

Radeon Software Crimson ReLive Edition 17.9.3 Highlights

Support For

Total War: WARHAMMER™ II

  • Radeon Chill profile added
  • Multi GPU support enabled

Forza™ Motorsport 7

Dikarenakan hanya untuk mendukung game terbaru dan memperbaiki beberapa fix saja, AMD tidak mengirimkan driver ini ke Microsoft untuk jalani tes WHQL yang biasa hanya hadir untuk driver besar saja.

Namun, ternyata beberapa waktu yang lalu ada perubahan dimana tiba-tiba driver ini tiba-tiba berubah ke versi WHQL (khusus 64bit) tidak hanya itu, driver ini juga hadir dengan ukuran lebih besar lewati 600 MB lebih. Selidik dan selidik ternyata driver ini sudah direvisi dengan digabungkan beberapa komponen yang umumnya ada di driver chipset. Yakni driver untuk chipset tambahan yang ada di motherboard (mengendalikan komponen tambahan macam SATA, Audio dan USB).  Yakni :

RAIDXpert : driver untuk konfigurasi RAID Hardisk disemua platform AMD terkini (APU, FX, RYZEN).

RAIDXpert2 : update dengan konfigurasi untuk platform X399 (AMD RYZEN Threadripper) terkini.

I2S audio driver : driver untuk controller signal audio digital yang biasa ada di Chipset AMD.

CCC2exe : tampilan untuk installer driver itu sendiri biasanya berisikan driver untuk USB/SATA/AMD PSP (Security) dsb.

Dengan adanya driver ini, kedepan untuk pengguna RYZEN/Athlon/AMD APU/FX dengan kartu Grafis Radeon R/RX series, tidak perlu mendownload driver tambahan karena sudah termasuk kedalam satu driver.

Namun, bagi kamu pengguna RYZEN/AMD APU/FX dengan kartu grafis Nvidia Gefore sangat direkomendasikan untuk instal driver chipset terpisah. Install driver chipset ini adalah hal yang wajib, karena chipset ini salah satu komponen penting motherboard, kamu bisa mengunduhnya disini :

Windows 7/10 64 bit : http://support.amd.com/en-us/download/chipset?os=Windows+10+-+64

Belum ada info apa alasan AMD merubah kebijakan ini, ada kemungkinan ini dikarenakan akan kedatangan platform AMD APU RYZEN, AMD siapkan satu driver yang ringkas bisa install kebutuhan yang ada di APU sekaligus.

 

Sumber : Guru3D, AMD.

Tags: AMD Radeon software crimson AMD RX driver Crimson 17.9.3

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Taufik Firmansyah2 days agoReply

    AMD memang jos lah yang terbaik

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)