AMD Umumkan Penggunaan Fabrikasi 7nm FinFET untuk Zen 2 dan Zen 3 serta Navi Mulai 2018

Amerika Serikat : 17 Mei 2017

AMD di acara AMD Financial Day Umumkan Penggunaan Fabrikasi 7nm FinFET untuk Zen 2 dan Zen 3 serta Navi Mulai 2018.

AMD dikabarkan telah merilis 2 prodaknya hari ini yakni Radeon Vega Frontier ( https://www.sutamatamasu.com/amd-luncurkan-radeon-vega-frontier-edition-kartu-grafis-workstation-dengan-16gb-hbm2/ ) untuk pangsa pasar workstation serta Processor AMD EPYC ( https://www.sutamatamasu.com/processor-server-amd-epyc-dirilis-pengganti-opteron-berbasis-32-core-arsitektur-zen/) yang merupakan processor AMD server berbasiskan arsitektur Zen.

Processor arsitektur “Zen 2” dan “Zen 3” dengan Fabrikasi 7nm FinFET

AMD selain meluncurkan prodak terbaru, AMD juga menyebutkan bahwa prodak Processor dengan arsitektur next-gen berbasis “Zen 2” dan “Zen 3” akan menggunakan fabrikasi 7nm FinFET yang berasal dari Glofal Foundries. Seperti yang tertuang dalam Press Release :

“AMD will follow up its current-generation “Zen” architecture with the 7nm “Zen 2” and “Zen 3” CPU architectures that combine smarter design with process technology advances and are expected to enable significant performance and performance-per-watt gains.”

Processor AMD generasi selanjutnya akan langsung “skip” fabrikasi 10nm yang kelak akan menjadi andalan kompetitor yakni Intel di produk generasi selanjutnya, jadi AMD akan tetap menggunakan fabrikasi 14nm FinFET hingga setidaknya tahun 2018.

Chip Grafis Arsitektur “Navi” dan “Vega Update” dengan Fabrikasi 7nm FinFET dan NexGEN Memory

AMD juga menyebutkan dalam press release untuk kartu grafis akan kebagian juga fabrikasi 7nm FinFET yang insya allah akan dirilis di tahun 2018 ini berikut untuk infonya. :

“AMD plans to follow its “Vega” architecture with the introduction of “Navi” and its subsequent next-gen architecture, both of which are planned to be built using 7nm process technology.”

AMD menyebutkan “both of which” kemungkinan kita akan melihat versi “Vega” dengan DIE Shrink jikalau memang hal tersebut terjadi. Mengingat Vega masih menggunakan fabrikasi 14nm. Navi adalah chip grafis dengan arsitektur baru yang menggunakan arsitektur 7nm FinFET, tidak hanya itu chip grafis ini juga akan menggunakan NexGen Memory. Belum jelas apa yang dimaksud ada yang menebak menggunakan HBM2 dan GDDR6 ada lagi yang menebak menggunakan NextGen SSD untuk digunakan sebagai Cache sama seperti Radeon Pro SSG sekarang ini. Waktu yang menentukan.

Edit : AMD Sudah ummkan update terbaru untuk arsitektur grafis yang akan hadirkan fabrikasi lebih baru dan arsitektur “Next-Gen” untuk kedepanya. lengkapya silahkan lihat di : 

Menggunakan Fabrikasi 7nm FinFET Global Foundries Warisan IBM

AMD andalkan fabrikasi 7nm FinFET dari Global Foundries, AMD adakan kerjasama ekslusif dengan GloFo untuk pengadaan wafer sehingga AMD akan mendapatkan kualitas yang terbaik. Fabrikasi 7nm FinFET ini berdasarkan sejarah adalah merupakan hasil “Warisan” IBM, dimana beberapa tahun yang lalu IBM pernah menjual FAB berserta asset divisi semiconductor miliknya kepada GloFo. Salah satu prodak didalamnya adalah teknologi 7nm FinFET ini.

Inilah alasan kenapa GloFo mendapatkan jangka waktu yang cukup cepat yang insya allah 2018 sudah start produksi, GloFo akan menggunakan FAB warisan IBM berserta FAB yang baru yang ada di New York untuk produksi chip AMD. 

Baca juga : https://www.sutamatamasu.com/global-foundries-umumkan-update-roadmap-hadirkan-fabrikasi-7nm-di-2h-2018/

Tags: AMD 7nm finfet

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. AMD Update Roadmap Umumkan “Next-Gen” GPU Aristektur Grafis Baru Setelah “Navi” - Blog Komputer dan Teknologi6 months agoReply

    […] function(api, options){api.simulateClick();api.openPopup('pinterest');}});}); « Previous PostAMD Umumkan Penggunaan Fabrikasi 7nm FinFET untuk Zen 2 dan Zen 3 serta Navi Mulai 2018 […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)