AMD Update Roadmap Umumkan “Next-Gen” GPU Aristektur Grafis Baru Setelah “Navi”

Amerika Serikat : 20 Mei 2017

AMD melalui RTG umumkan Update Roadmap Umumkan “Next-Gen” GPU Aristektur Grafis Baru Setelah “Navi”.

AMD seperti yang kita ketahui bersama, telah merilis kartu grafis untuk kelas antusias bernama Radeon Vega Frontier Edition yang diperuntukan untuk segment Workstation, AMD juga umumkan telah menyiapkan Radeon RX Vega yang akan dirilis dalam waktu dekat untuk segmen gaming.

Ternyata tidak berhenti disitu saja, AMD melalui AMD’s CTO  Mark Papermaster umumkan update roadmap untuk arsitektur dari kartu grafis AMD. Dimana, tidak hanya berisikan nama dan target performa saja, namun juga fabrikasi.

Bisa dilihat dalam gambar diatas, dimulai dari arsitektur Vega yang dirilis tahun 2017, AMD menyelipkan tulisan 14nm+ berdasarkan informasi yang mimin ketahui Global Foundries tidak membuat update untuk fabrikasi 14nm miliknya, jadi kemungkinan “Vega” dengan arsitektur terbaru ini menggunakan fabrikasi dari perusahaan lain (kemungkinan besar adalah Samsung dengan 14nm LPE miliknya) .

Dipertengahan kita melihat terdapat nama “Navi” disitu, arsitektur ini hadir dengan fabrikasi 7nm yang sudah dikonfirmasi oleh AMD menggunakan fabrikasi Global Foundries.  Serta kehadiran “NexGen Memory” yang belum jelas apa yang dimaksud, apakah HBM/GDDR6 atau memakai storage baru seperti SSD kelas cepat AMD masih belum berikan info.

Terakhir untuk tahun 2020, AMD mengupdate dengan kehadiran sebuah arsitektur tanpa nama “Next-Gen” yang menariknya menggunakan 7nm+ belum ada info fabrikasi apa yang dipakai, namun AMD menjanjikan peningkatan performa/watt yang tinggi dari kartu grafis ini.

Berdasarkan roadmap, kemungkinan kartu grafis ini memakai 7nm versi Global Foundries juga, mengingat berdasarkan roadmap dari Global Foundries sendiri, Global Foundries mengeluarkan 2 buah versi 7nm dalam rentang waktu 2 tahun.

Sepertinya kita akan melihat kartu grafis yang wah dalam 5 tahun kedepan. Siapkah dompet anda??

Baca juga  : https://www.sutamatamasu.com/amd-umumkan-penggunaan-fabrikasi-7nm-finfet-untuk-zen-2-dan-zen-3-serta-navi-mulai-2018/

Sumber : AMD, Anandtech.

Tags: vga 2020 terbaru vga Next-Gen AMD

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. AMD Umumkan Penggunaan Fabrikasi 7nm FinFET untuk Zen 2 dan Zen 3 serta Navi Mulai 2018 - Blog Komputer dan Teknologi4 months agoReply

    […] AMD Update Roadmap Umumkan “Next-Gen” GPU Aristektur Grafis Baru Setelah “Navi” […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)