AMD & Valve Bawa Audio Premium di Konten VR dengan True Audio Next

AMD & Valve Bawa Audio Premium di Konten VR dengan True Audio Next

AMD sebagaimana kita ketahui, andalkan arsitektur bernama GCN (Graphics Core Next) utuk kartu grafis dan grafis terintregrasi miliknya salah satu andalan dari teknologi ini adalah True Audio, teknologi ini, memungkinkan untuk memindahkan processing konten audio yang ada pada game kedalam komponen DSP khusus yang ada pada chip Grafis. hal ini menurut AMD dapat mengurangi jumlah CPU Load serta hadirkan suara yang lebih realistis untuk game. 

dengan adanya teknologi ini, channel audio yang awalnya hanya  bisa diubah menjadi multiple audio support yang bermanfaat bagi pengguna seperti game. beberapa game seperti Thief sudah mendukungnya, walau sayangnya sudah tidak terdengar lagi sejak era R9 290x 

AMD True Audio Next dan SteamVR Audio

AMD masih tidak menyerah dengan fitur ini, AMD berbarengan dengan Radeon RX merilis AMD TrueAudio Next, hadirkan beberapa peningkatan salah satu yang terbesar adalah kini tidak lagi menggunakan komponen DSP dedikasi di GPU lagi, melainkan menggunakan beberapa Compute Unit (4 atau setara 384 SP) untuk digunakan sebagai processing audio. 

Dengan menggunakan Compute Unit dari chip GPU memiliki kelebihan dimana semua kartu grafis dan APU mulai dari RX series/Radeon Vega akan mendukungnya, tidak seperti True Audio sebelumnya yang terbatas kepada dukungan DSP khusus. 

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dibutuhkan game/software yang mendukung fitur ini AMD berkerjasama dengan Valve hadirkan dukungan AMD True Audio Next kedalam Stream Audio. untuk apa fungsinya???

Seperti kita ketahui platform SteamVR menjadi pilihan utama para pengguna VR saat ini mendapatkan konten game ekslusif dengan baik, untuk grafis banyak sudah teknologi yang mendukung agar lebih baik namun untuk audio hampir 0 dengan adanya teknologi ini membuat hadirkan kualitas audio yang premium.

Demo VR Game TDN (Gunakan Headset Agar Terdengar Lebih Baik)

Anda bisa melihat demo diatas ini adalah salah satu contoh penggunaan True Audio dalam teknologi Virtual Reality

Sedangkan untuk masalah dampak kepada performa, AMD menyebutkan hanya berdampak 5-10% dalam performa bermain game, dengan pengurangan performa kecil namun hadirkan audio kualitas untuk VR saya rasa tidak menyakitkan bukan? 

fitur TDN akan hadir pada Steam Audio 2.0 mendatang untuk SteamVR

Sumber : AMD&Steam

Tags: True Audio Next

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.