Apa itu Bluescreen (BSOD) dan Bagaimana Solusi mengatasi Bluescreen pada PC dan laptop

 

Berikut adalah beberapa Tips yang harus anda lakukan untuk mengatasi Bluescreen yang tiba-tiba terjadi 

download anime version

1. Download Software Bluescreen View anda bisa mengklik Icon Download diatas untuk mendownloadnya dan instal.

2. Secara normal, Windows akan menyimpan Data dari Bluescreen yang terjadi, di file bernaa MiniDump. Anda bisa membaca file itu untuk mengetahui apa kerusakan PC/Laptop yang anda gunakan. Namun itu agak sulit. Ada cara lain yang lebih mudah. Yaitu dengan Software Bluescreen View ini.

3. Setelah di instal anda buka. Untuk PC/Laptop yang tidak terkena Bluescreen, Tidak muncul apa-apa. Namun untuk PC yang terkena Bluescreen, Maka software ini akan mencheck File MiniDump tersebut.

blue screen view

Gambar diatas adalah contoh saat software ini mendeteksi File MiniDump. Disitus ada bebera rincian. Berikut penjelasanya :

  • Dump File : Nama file MiniDump yang dibuat oleh system.
  • Crash Time : Waktu saat Bluescreen terjadi.
  • Bug Check Eror String : Code berupa Kata-kata yang digunakan untuk mengetahui eror yang terjadi.
  • Dibagian bawah, Akan muncul nama File yang bermasalah.
  • Bug Check Code : Code berupa angka yang berisikan info tentang Bluescreen yang terjadi.

Ada banyak rincian namun saya hanya menjelaskan sedikit saja. Karena yang terpenting yang dipakai adalah String alias Code berupa kata-kata tentang penyebab kenapa Bluescreen terjadi. Seperti contoh dibawah ini.

bluescreenview

4. Terlihat tulisan “ Driver IRQL Not Less Or Equal” anda bisa memakai fasilitas Search Bawaan dengan mengklik File >> Google Search Bug Check nanti akan ada info tentang apa sih penyebab Bluescreen ini misal Hardware, Hardware apa sih yang jadi penyebab.

5. Untuk penyebab yang berhubungan dengan Software seperti diatas ini, Bluescreen View akan mendeteksi file penyebab masalah tersebut. dibagian bawah terlihat file yang bermasalah. Yang bisa digunakan untuk menyelediki lebih lanjut.

bluescreenview2

6. Untuk keperluan data lainya. Software ini juga bisa menampilkan Simulasi seperti apa tampilan sesungguhnya saat Bluescreen terjadi. Dengan mengklik opsi Option >> Layer panel mode >> Bluescreen style in Windows XP.

What’s Next ???

Untuk selanjutnya setelah anda Googling, Anda akan menemukan banyak info tentang Hardware/Driver/Software apa yang membuat kerusakan system. Solusi selanjutnya berada di tangan anda. Berikut tipsnya :

  • Apabila berupa Hardware seperti contoh Memory, Maka anda Check apakah Ram yang dipakai baik-baik saja dan terpasang dengan baik ?? kalau tidak coba ganti dengan yang lain. Hal yang sama terjadi pada yang lainya.
  • Apabila berupa Driver. Anda segera mencoba menguninstal dan instal ke versi terbaru atau versi yang sekarang kembali. Kalau tidak membantu. Coba hubungi pihak pembuat Hardware dari Driver terkait. Untuk di Fix di versi terbaru.
  • Untuk Software biasa, Sama seperti Driver.
  • Untuk Overheat. Segera anda bersihkan Heatsink Fan Processor dan Fan Casing PC anda dan Periksa sirkulasi udara Casing.
  • Untuk File system yang Corrupt. Coba untuk mengupdate Windows anda. Biasanya, Microsoft memberikan Fix untuk BSOD yang ada di Windows Update terbaru.Blue-Screen_1

Diatas sudah saya berikan Info tentang bagaimana Cara menangani Bluescreen ini. Untuk mencegah saya tidak bisa memberikan cara pasti. Karena kerusakan PC/laptop akan terjadi pada siapa saja. Untuk meminimalisir Bluescreen sama seperti meminimalisir kerusakan PC/laptop biasa. Kunci utama adalah perawatan. Usahakan untuk Rajin mengupdate Driver, Windows dan Software yang anda gunakan. Karena di dalamnya terdapat Fix dari BUG yang ada sebelumnya. Usahakan juga untuk rajin mencheck Jeroan PC anda. Min 3 bulan sekali. Bersihkan dari Debu, Check instalasi kabel atau komponenya. Selain itu harap jaga Mindset untuk tidak panik saat kerusakan terjadi. Semoga membantu.

Untuk melihat Full List Code String Bluescreen anda bisa mencheck disitus berikut :

http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/hardware/hh994433(v=vs.85).aspx

Klik page selanjutnya untuk melihat beberapa Code yang sering terjadi di daerah indonesia, Kerusakan apa dan Cara penyeselaianya.

Tags: Bluescreen adalah Cara memperbaiki bluescreen cara mengatasi bluescreen layar komputer menjadi biru solusi bluescreen

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Potatoes10 months agoReply

    saya baru ngalamin bluescreen ,tapi tidak tau gimana cara mengatasinya

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.