Hardware

Apa Perbedaan Monitor Native G-Sync dan G-Sync Compatible?

Apa Perbedaan Monitor Native G-Sync dan G-Sync Compatible?

Bagi anda yang ingin membeli monitor baru terutama monitor gaming, pasti tidak asing sering dengan fitur FreeSync dan G-Sync yang menghadirkan pengalaman gaming bebas stuttering dan tearing, nah pasti anda akan menjumpai fitur baru muncul yakni G-Sync Compatible? Mungkin sebagian dari anda ada yang bingung kenapa monitor yang sebelumnya support FreeSync tiba-tiba mendapatkan support G-Sync? terus apakah G-Sync dan G-Sync Compatible sama atau berbeda? 

Kita akan bahas satu-satu, mulai dari kenapa monitor FreeSync tiba-tiba bisa mendapatkan dukungan ke kartu grafis NVIDIA GeForce dan berubah nama jadi G-Sync Compatible, sebenarnya FreeSync bukanlah nama asli dari fitur tersebut melainkan hanya marketing saja, nama asli dari fitur ini adalah Variable Refresh Rate (VRR). VESA organisasi yang bergerak dibidang display hadirkan teknologi VRR untuk DisplayPort yang dinamakan Adaptive Sync teknologi kemudian diadopsi oleh AMD dan dinamakan FreeSync, NVIDIA juga hadirkan fitur VRR serupa, namun menggunakan rancangan sendiri kelak dinamakan G-Sync. 

(Gambar 1) Perbandingan G-Sync Native dan G-Sync Compatible

*Dukungan HDMI hanya hadir di monitor tertentu yang mendukung HDMI 2.1 

Walaupun hadirkan versi VRR sendiri namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya permintaan pengguna, NVIDIA juga mendukung VRR versi VESA tersebut (yang bersifat terbuka bisa digunakan vendor GPU manapun) dan dinamakan G-Sync Compatible. Walaupun memiliki tujuan yang sama yakni menghilangkan stuttering dan tearing namun keduanya ada perbedaan yang sudah saya rangkum pada (Gambar 1) diatas ini.

(Gambar 2) Modul Tambahan Untuk Monitor G-Sync (Kiri) dan Board Monitor dengan IC Display Scaler Novatek Di Tengah (Kanan)

Related Post

Perbedaan yang menonjol adalah monitor G-Sync membutuhkan modul tambahan yang digunakan untuk mengatur fitur VRR tersebut, modul ini dihubungkan ke board monitor, sedangkan monitor G-Sync Compatible tidak membutuhkan modul tambahan dikarenakan produsen IC display scaler yang biasa ada di monitor (Novatek, Mediatek, Realtek, LG Dsb) sudah menghadirkan dukungan untuk fitur VRR dari VESA, faktor inilah yang membuat monitor G-Sync native lebih mahal rata-rata hanya ditemukan di monitor high-end. 

Walaupun memiliki harga yang lebih mahal namun terdapat kelebihan, monitor G-Sync memiliki variable overdrive, singkatnya modul tambahan tersebut bekerja menyesuaikan kecepatan respon time otomatis untuk memastikan pixel berpindah dari satu warna ke lainnya secara cepat dan tepat sehingga mencegah potensi Ghosting, sedangkan G-Sync Compatible tidak berjalan otomatis hanya ada tiga mode weak, medium dan strong, sering kali mengakibatkan masalah saat gaming yang dimainkan drop FPS tiba-tiba umumnya hadirkan masalah layar ghosting membutuhkan tweak manual, monitor G-Sync Native tidak membutuhkan hal ini karena sudah otomatis beradaptasi. 

Kelebihan lain dari monitor G-Sync Native adalah hadirkan VRR range lebih lebar, VRR range adalah sebutan dimana range FPS/Hz fitur utama (anti stuttering/tearing) bisa berjalan dengan baik, monitor G-Sync Compatible umumnya memiliki range dimulai dari 40Hz atau 48Hz, sedangkan monitor G-Sync Native memiliki range dimulai dari 28Hz atau 29Hz, dukungan VRR lebih lebar akan mencegah masalah layar hitam “blank” sesaat yang umum ditemui saat FPS tiba-tiba drop dan masuk ke area diluar VRR range, hal ini tidak ditemui oleh monitor G-Sync karena VRR range lebih lebar. 

Pengguna GeForce: Pilih Native G-Sync atau G-Sync Compatible (Aka FreeSync)? 

Walaupun untuk saat ini monitor berbasis G-Sync Compatible sangat mendominasi dibandingkan G-Sync Native, namun untuk pengguna NVIDIA GeForce pihak NVIDIA sendiri lebih merekomendasikan untuk memilih monitor G-Sync Native dibandingkan G-Sync Compatible karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walaupun harga monitor G-Sync native lebih mahal namun menghadirkan fitur yang lebih lengkap untuk pengalaman gaming lebih maksimal. Seperti kata pepatah ada harga, maka ada rupa. 

Semoga info ini bermanfaat. 

Sumber: DisplayNinja, VRR(Wikipedia), Goughlui

Disqus Comments Loading...