Apakah bisa untuk Upgrade Processor Smartphone dan Tablet dari Dual Core ke Quad Core dan Upgrade Ram ??

Jakarta : 16 Maret 2015

Halo kali ini mimin, akan tuliskan artikel tentang. Apakah bisa untuk Upgrade Processor Smartphone dan Tablet dari Dual Core ke Quad Core dan Upgrade Ram ??

 

Apakah anda ingin memiliki gadget canggih namun terkendala dengan biaya modal ?? sering kali. anda berpikir untuk upgrade smartphone atau tablet yang anda pakai sekarang ini. entah itu upgrade Processor dari Single Core ke Dual Core atau upgrade Dual Core ke Quad Core. Upgrade Ram dari 512 MB ke 1GB. Upgrade storage juga ingin anda upgrade semula 4GB menjadi 8 GB. 

Namun, sayang sekali. anda harus lebih bersabar. dikarenakan, Smartphone dan Tablet tidak bisa di Upgrade layaknya PC. dibawah ini, ada penjelasan lengkapnya…. 

Processor Smartphone dan Tablet berbeda dengan Processor PC !!

Mungkin anda merasa, Processor Smartphone dan Tablet bisa di upgrade seperti layaknya PC. Namun sepertinya anda harus bermimpi akan hal itu, karena keduanya berbeda 180 derajat. Berikut perbedaanya :

1. Processor PC :

– Memakai model PGA dan LGA. Maksudnya, Processor PC, hampir rata-rata memakai Socket yang bisa di bongkar pasang. Jadinya memudahkan kita untuk membongkar pasang dengan mudah.

– Bebas di Jual dimana saja, Anda bisa dengan mudah mendapatkan Processor ini di Mangga Dua atau tempat penjualan komputer lainya.

– Bisa ganti Motherboard. Motherboard adalah sebutan untuk papan sirkuit dimana menjadi tempat Processor itu bernaung. Di PC, kalau misalkan Motherboard ini kurang fitur, anda bisa ganti ke Motherboard lain.

2. Processor Smartphone dan Tablet :

– Memakai model BGA. Maksudnya di solder patent kedalam Motherboard atau Papan sirkuit. Jadinya akan susah untuk menggantinya. Satu-satunya cara mengganti dengan process reball. Ini sangat susah hanya beberapa orang yang bisa, mimin sendiri gak bisa melakukan hal ini.

Processor Qualcomm MSM 7227A yang di packing, sebelum dikirim ke produsen

– Tidak di jual bebas di pasaran, Processor Smartphone dan Tablet tidak di jual bebas di pasaran. Produsen Processor, sebut saja Qualcomm hanya menjual kepada produsen Smartphone dan Tablet saja, itu juga pesan harus puluhan/ratusan baru diterima.

– Tidak Bisa Ganti Motherboard, Maksud ganti disini, apabila anda ingin motherboard yang berbeda tidak bisa diganti dengan mudah. Karena setiap Smartphone dan Tablet memakai desain yang berbeda. Membuat susah untuk ganti Motherboard yang berujung susah juga untuk mengganti Processor karena harus tok pakai Processor itu (penjelasan lanjut saya jelaskan dibawah).

Biar gak penasaran… Yuk kita lihat bagaimana sih bentuk Processor, Ram dan Memory Internal secara fisik.

Smartphone yang menjadi tumbal adalah Nexus 5. Ini bukan Smartphone mimin, tapi Smartphone someone dari Ifixit. Nexus 5. Bagian hijau adalah Motherboard yang di dalamnya berada Ram dan Memory Internal. Mau buka Motherboard ?? harus buka dulu Module kamera serta lempengan kuning yang berisikan komponen Antena serta speaker dan Micro USB.

Gambar Motherboard dari Nexus 5, Warning Gambar High Res, agak lambat di Internet Lambat. 

Beginilah Bentuk Motherboard dari Nexus 5 ini. Berikut penjelasanya.. :

  • Kotak Merah : Processor Snapdragon 800 + Chip Memory Ram SK Hynix 2 GB LPDDR3
  • Oren : Chip Qualcomm WCD9320 Audio Codec untuk output suara.
  • Kuning : Slimport Chip untuk output display ke Televisi/Proyektor External
  • Hijau : Chip Qualcomm PM8941 gunanya untuk ngatur arus ke Processor.
  • Ungu : Chip RF untuk Antena
  • Biru : Chip untuk Controller Charger.

Seperti yang anda bisa lihat sendiri, Chip Processor tersolder langsung ke Motherboard. Chip Processor hampir rata-rata menyatu dengan Ram. Kenapa ?? alasanya agar transfer data dari Processor dan Ram menjadi lebih cepat. Apalagi, Qualcomm memiliki teknologi Flexrender. Bahasa sederhana, membuat Chip GPU Adreno bisa mengakses Chip Memory Ram dengan mudah dan cepat. Itulah mengapa, Snapdragon 800 memiliki kinerja tercepat salah satunya karena penggabungan dengan Chip Ram ini.

Gambar Motherboard Season 2 dari Nexus 5, Warning Gambar High Res, agak lambat di Internet Lambat

Lalu bagaimana dengan Memory Internal ?? Chip Memory Internal berada di balik Motherboard Nexus 5 ini. Berikut penjelasanya :

  • Merah : Chip Memory Internal Sandisk SDIN8DE4 16 GB
  • Hijau : Power management untuk mengatur arus listrik ke Chip Memory Internal
  • Kuning : Chip Combo Wi-fi + Bluetooth, Audio Amplifier jadi satu
  • Orange : Chip Transceiver berurusan dengan masalah sinyal
  • Ungu : Chip Sensor
  • Hitam : Chip Kompas

Seperti yang anda lihat, Memory Internal juga berbentuk di solder, kalau anda perhatikan lebih jeli, posisi Chip Memory Internal ini berada di bawah percis Chip Processor + Ram diatas. Jadi, ini tidak seperti solder yang ada di IC televisi. Sangat susah.

Kalau seandainya harus ganti Processor pun. Maka Chip seperti Chip Codec, Chip Combo (Wi-fi dan Bluetooth), Chip Sensor dsb harus beda. Contoh kasarnya tidak mungkin. Processor Single Core seandainya diganti ke Quad Core tapi kualitas suara masih sama, bluetooth dan Wi-fi gak kencang dsb.

Rumit kan ?? tidak seperti PC yang Cuma processor tok

Jadi kesimpulan dari penjelasan diatas, Upgrade Processor, Memory Ram dan Upgrade Memory Internal tidak bisa dilakukan. seandainya bisa, vendor harus upgrade layout motherboard dari perangkat tersebut….

Jadi Min, Gw harus nangis kepala barbie donk, harus beli Smartphone/Tablet baru kalau mau Spek yang lebih oke.

Gak perlu sabar, karena Google menciptakan Smartphone Rakitan masa depan yang bisa upgrade spesifikasi.

Biar gak kepanjangan, saya jelaskan di page kedua.

Page: 1 2 3

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...
Share
Published by
Sutama Tamasu

Recent Posts

(PR) AMD mengumumkan prosesor desktop Athlon™ baru berbasis “Zen”dan Ryzen™ PRO 2nd Gen

AMD Memperbaharui Standar Komputasi Sehari-Hari dengan Prosesor Desktop "Zen" Terbaru Berbasis Athon™, Memperluas Portofolio Klien Komersial dengan Prosesor Desktop Ryzen™…

08/09/2018 22:09

(PR) Kingston Berbagi Keceriaan di Mangga Dua Mall

• Kenali Produk Asli Kingston dan Menangkan Hadiah Eksklusif Jakarta, Indonesia – 6 September 2018 – Kingston, pemimpin dunia yang…

08/09/2018 21:51

(PR) Colorful Menambahkan NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti & RTX 2080 dalam Seri AD

Colorful Menambahkan NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti & RTX 2080 dalam Seri AD 21 Agustus 2018, Jakarta, Indonesia – Colorful…

21/08/2018 14:19

(PR) Kingston Memperkenalkan Mobile Card untuk Para Pengguna Instagram

  Kingston Memperkenalkan Mobile Card untuk Para Pengguna Instagram Dibuat khusus untuk para pengguna smartphone & tablet Kecepatan Tinggi: Mentransfer…

08/08/2018 18:08

AMD Hadirkan 2nd Gen Ryzen Threadripper Processor 32 Core 64 Thread untuk Content Creator Ini Harganya

AMD Hadirkan 2nd Gen Ryzen Threadripper Processor 32 Core 64 Thread untuk Content Creator Ini Harganya AMD baru saja telah…

06/08/2018 23:40

Review Dell Inspiron 3180 Laptop 11 Inch Ringan Untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa

Jakarta: 19 Juli 2018 Review Dell Inspiron 3180 Laptop 11 Inch Ringan Untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa Sekarang ini sedang…

26/07/2018 22:56