Bahas Singkat Tentang Memori RAM Komputer PC Desktop dan Laptop

Bahas Singkat Tentang Memori RAM Komputer PC Desktop dan Laptop

Pada kali ini saya akan membahas tentang memori RAM yang digunakan pada komputer pribadi, baik itu berupa PC Desktop maupun laptop. Pada bahasan kali ini tidak bahas banyak-banyak dimana kita hanya fokus ke yang sering ditanyakan saja yakni pembahasan Single vs Dual Channel dengan jawaban yang sesingkat-singkatnya biar gak bosan bacanya berikut pertanyaanya: 

  1. Apa itu Single Channel dan Dual Channel pada RAM komputer?  
  2. Apakah ada beda performa RAM Single Channel vs Dual Channel? 
  3. Saya punya motherboard 4 slot dan RAM 2 keping tapi kenapa tidak boleh dipasang berdampingan? 
  4. Apakah bisa menggunakan RAM dengan spek beda buat Dual-Channel? 
  5. Apakah ada yang lebih tinggi dari Dual Channel?

Mari simak pembahasan di bawah ini 🙂 

Apa itu Single Channel dan Dual Channel pada RAM komputer?

Istilah Single dan Dual Channel, itu bukan merujuk ke jumlah keping RAM yang terpasang, melainkan merujuk kepada jalur penghubung bahasa kerenya Memory Bus yang menghubungkan antara processor dan slot RAM. Anda bisa lihat pada diagram di atas (Gambar 1) processor standar kelas konsumer umumnya memiliki 2 pasang memory controller yang masing-masing controller memiliki satu channel yang bisa menangani hingga dua slot RAM. 

Apakah ada beda performa RAM Single Channel vs Dual Channel?

Gambar 2, Sumber : GamersNexus

Pasti ada hal ini dikarenakan seperti yang anda bisa lihat kembali ke diagram di atas (Gambar 1) terdapat angka “64 bit” ini dinamakan bus width, Ram Dual Channel menggunakan total 128 bit yang menghasilkan bandwidth memory yang lebih besar selain itu memory clock yang dihadirkan lebih penuh sehingga performa lebih kencang, seberapa kencang bergantung kepada masing-masing processor umumnya pengguna APU atau Intel Core dengan grafis Intel HD akan merasakan peningkatan performa dari Single ke Dual Channel dikarenakan grafis integrasi menggunakan RAM komputer untuk dijadikan Video Memory (VRAM) seperti contoh gambar di atas (Gambar 2). 

Saya punya motherboard 4 slot, RAM 2 keping tapi kenapa tidak boleh dipasang berdampingan?

Umumnya vendor memberikan warna yang berbeda antar slot RAM dan sedikit jarak untuk mempermudah

Hal ini dikarenakan apabila anda memasangnya berdampingan (slot 1 & 2 atau 2 & 3) akan tetap menjadi mode Single Channel, dikarenakan anda bisa lihat kembali ke diagram diatas (Gambar 1), slot berdampingan tersebut dikendalikan oleh satu memory controller dalam mode 64 bit, jadi anda harus memasang pada slot 2 & 4 atau 1 & 3 agar dapat mengaktifkan mode Dual Channel. 

Secara singkatnya seperti ini : 

  1. Hanya salah satu slot terisi : Single Channel.
  2. Slot 1 & 2 terisi : Single Channel. 
  3. Slot 3 & 4 terisi : Single Channel.
  4. Slot 2 & 4 terisi : Dual Channel 
  5. Slot 1 & 3 terisi : Dual Channel. 
  6. Slot 2 & 4 terisi : Dual Channel. 
  7. Slot 1,2,3 atau 2,3,4 terisi : Single Channel. *
  8. Semua slot terisi : Dual Channel.

*  Untuk penggunaan triple slot seperti diatas aktifnya Dual Channel beragam tergantung motherboard, umumnya vendor motherboard menjadikan dalam mode Single Channel sangat tidak disarankan memasang dalam konfigurasi tiga keping RAM seperti ini. 

Tentu saja hal diatas berlaku untuk pengguna dengan motherboard empat slot saja, walau kombo 1 & 3 namun vendor rekomendasikan memasang pada slot 2 & 4 tujuan agar memudahkan lepas dan pasang pendingin processor, pengguna Dual Slot hanya berlaku satu terisi Single Channel dan dua terisi ya Dual Channel.

Apakah bisa menggunakan RAM dengan spek beda buat Dual-Channel?

Tidak masalah, processor modern sudah mendukung teknologi Flex Memory singkatnya processor akan menyesuaikan konfigurasi dua keping RAM atau lebih agar bisa didukung oleh komputer, biasanya processor akan menggunakan kecepatan paling rendah dari salah satu keping RAM yang anda pasang misal 2 keping DDR3 1600 Mhz dan 1333 Mhz maka processor akan menjadikan kecepatan dua-duanya menjadi 1333 Mhz dalam mode Dual Channel. 

Apakah ada yang lebih tinggi dari Dual Channel

Ada, anda dapat menemukannya pada processor kelas HEDT (High-end Desktop) sebut saja Intel Core i9 atau AMD Ryzen Threadripper ataupun server seperti Intel Xeon atau AMD EPYC ada yang menggunakan hingga 8 Channel memory dengan total 16 slot. Kelas konsumer biasa hanya menggunakan Dual Channel dikarenakan jarang sekali orang yang menggunakan empat slot penuh ditambah processor konsumer sekarang lebih hemat bandwith salah satunya karena jumlah Cache processor ditingkatkan antar generasi bisa meminimalkan kebutuhan bandwidth RAM. 

Sekian info dari saya apabila ada yang salah harap dikoreksi dan apabila ingin mengutip artikel tolong sertakan sumber. 🙂 

Sumber Referensi : Gamernexus

Tags: RAM Dual Channel RAm komputer RAM Komputer PC RAM Laptop RAM Single Channel

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.