Baidu Hadirkan Scorpio Server dengan AMD EPYC 32 Core 64 Thread Single Socket

Jakarta : 16 Desember 2017  

Baidu salah satu grup penyedia konten raksasa Hadirkan Scorpio Server dengan AMD EPYC 32 Core 64 Thread Single Socket.

Baidu perusahaan raksasa penyedia konten internet dan software asal Tiongkok, diberitakan tengah menyiapkan rencana A.B.C (AI, Big Data, Cloud) untuk kedepan. Salah satu bagian dari rencana A.B.C ini, Baidu menyiapkan platform bernama Scorpio.

Scorpio (Tidak ada hubungan dengan konsol Xbox One X) merupakan codename untuk platform server rancangan Baidu. Sama seperti project lain seperti Open Compute dari Facebook. Baidu ingin custom server yang sesuai untuk kebutuhan mereka.

Untuk itulah AMD diberitakan dipilih Baidu sebagai partner kerjasama, baru-baru ini Baidu umumkan akan menggunakan Processor AMD EPYC untuk platform server berbasis Scorpio ini. AMD menyebutkan telah berkerjasama 12-24 bulan sebelumnya untuk hasilkan server yang akan mulai dipakai untuk 2H 2017 ini sesuai dengan pengumuman Baidu.

Berdasarkan analisis Anandtech, AMD EPYC dipilih dikarenakan kemampuan hadirkan kemampuan yang lebih baik dengan lebih banyak Core. AMD EPYC Single Socket dengan 32 Core 64 Thread sendiri, berdasarkan keterangan AMD sendiri, memiliki kemampuan lebih baik dan lebih efisien dibandingkan Dual Socket Intel Xeon lawas seperti Xeon E5-2650 dengan 8 Core 16 Thread.

Diduetkan dengan Xilinx FPGA

Seperti yang disebutkan sebelumnya di artikel saya, AMD berkerjasama dengan Xilinx untuk kombinasikan server dengan AMD EPYC + Xilinx FPGA didalamnya(https://www.sutamatamasu.com/xilinx-berkerjasama-dengan-amd-pasangkan-fpga-dengan-amd-epyc-dan-radeon-instinct-untuk-ai/).

Baidu sebelumnya juga diberitakan telah hadirkan FPGA dari Xilinx untuk layanan Cloudnya. FPGA butuh bandwith yang besar.. AMD EPYC sudah dibekali dukungan PCIe Lanes yang lega, cocok untuk kebutuhan FPGA ini.

AMD dan Baidu belum mau banyak bicara, namun ini menjadi berita bagus bagi AMD dan berpotensi meningkatkan saham perusahaan ini.

Sumber : Anandtech, Xilinx

Tags: AMD EPYC 32 Core 64 Thread baidu

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)