Beberapa Fitur Baru dari Firefox Quantum yang Perlu Anda Ketahui

Jakarta : 21 September 2017

Firefox hadirkan update besar di versi 57 berikut info  Beberapa Fitur Baru dari Firefox Quantum yang Perlu Anda Ketahui.

Tampilan dari Firefox Quantum

Firefox seperti yang kita ketahui bersama hadirkan beberapa fitur dari Firefox Quantum yang menjanjikan peningkatan performa hingga 2x lipat dibandingkan browser generasi sebelumnya. Berikut akan mimin bahas beberapa fitur unggulan yang beberapa diantaranya tersembunyi yang patut untuk dibicarakan.

Berikut info lengkapnya :

 

Hadirkan MultiProcess gunakan RAM lebih rendah dan dukungan MultiThread CPU yg lebih baik

Semenjak kehadiran AMD RYZEN beberapa waktu lalu (). Era Processor PC berubah menjadi era Processor “kencang dengan banyak Core/Thread” kedepan Processor Quad Core/Thread bertenaga menjadi lebih murah. Browser adalah satu-satunya aplikasi yang belum mendukung penggunaan multithread dengan baik.

Keadaan default browser terdahulu menggunakan Single Thread saja

Keadaan Quantum menggunakan beberapa Core sekaligus

Chrome dan Edge sudah melakukan optimalisasi untuk penggunaan multithread processor dengan sebaik-baiknya, bahkan Microsoft pun sampai menggandeng Intel untuk hal ini. Al hasil hadirkan performa yang lebih responsif untuk kebutuhan harian, Firefox juga hdirkan hal yg sama di Quantum. Dengan kehadiran Quantum Compositor, membuat engine Gecko yg ada di firefox dibagi menjadi beberapa proses, hal ini membuat aplikasi berjalan menjadi lebih cepat.

Namun, berbeda dengan Chrome yang menerapkan hal yang sama, Firefox dibatasi penggunaan multiproses dengan hanya 4 proses saja, hal ini membuat Firefox Quantum menjadi lebih hemat penggunaan Ram, berdasarkan test firefox sebagai berikut :

 

Hadirkan Akselerasi Grafis di Kartu Grafis Modern

Kartu grafis (termasuk grafis Internal) baik itu Intel HD, Nvidia Geforce dan AMD Radeon modern ini, tidak hanya untuk gaming saja, tapi bisa dipakai untuk mempercepat (akselerasi) aplikasi non gaming atau dikenal dengan istilah GPGPU. Firefox Quantum hadir dengan fitur Quantum Render yang hadirkan fitur akselerasi grafis yang mendukung semua vendor kartu grafis yang ada yang nantinya digabungkan dengan kemampuan multithread processing untuk hadirkan proses web browsing lebih cepat. 

Proses CSS lebih kencang dengan adanya akselerasi grafis

Begitupun dengan CSS yang digunakan untuk style tampilan web. Firefox hadirkan Quantum CSS aka Stylo yang menggunakan multithread processing agar hadirkan loading CSS yang lebih cepat.

Keamanan Lebih Baik dengan Fitur Tracking Protection by Disconnect

Firefox juga hadirkan fitur yang bernama Tracking Protection, sebelumnya fitur ini hanya hadir di “private browsing” saja, namun sekarang di Firefox Quantum, anda bisa aktifkan secara default dengan cara

klik preferences >> Pivacy and security >> set ke “Always”

Fitur Tracking Protection akan melindungi anda dari bahaya adware (produsen iklan berbahaya) yang mencoba menggunakan data pribadi anda dengan tidak layak, fitur ini adalah hasil kerjasama dengan disconnect. berbeda dengan fitur adblock atau pemblokir iklan, fitur ini tidak menghilangkan iklan yang ada, akan tetapi akan memastikan bahwa iklan yang ada tidak mencuri identitas anda. Info selengkapnya kunjungi : https://disconnect.me/disconnect

Datepicker Hadir di Firefox !!!

tampilan datepicker

Bagi anda seorang programmer, pasti akan dibuat sedikit kerepotan dengan ketiadaan fitur “datepicker” dari Firefox, sehingga anda harus menginstall komponen widget pihak ketiga kedalam program atau website anda. Sekarang anda tidak perlu lagi, karena Datepicker sudah hadir di Firefox. Anda cukup hadirkan didalam code anda seperti biasa di tag <input type=date> dan <input type=time>

Dukungan Akselerasi Grafis (UVD) VP9 untuk AMD Radeon

Seperti yang kita ketahui bersama, AMD sedang gencar2nya promosikan iklan yang menyebutkan prodaknya baik kartu grafis AMD Radeon RX Series dan AMD APU terbaru telah mendukung standar format HEVC. Standar ini memungkinkan video streaming hadir dengan kualitas yang lebih baik namun dengan ukuran file yang lebih kecil.

Namun, kabar buruknya Youtube tidak mendukung HEVC. Sebaliknya Youtube hanya mendukung format VP9 rancangan mereka yang memiliki karakteristik yang sama dengan HEVC. Youtube pun sendiri mulai memberlakukan format VP9 untuk video resolusi tinggi.

AMD hadirkan sebuah komponen khusus untuk memutar video bernama UVD. Dengan adanya fitur ini membuat pemutaran video jadi lebih lancar, hemat batterai karena menggunakan komponen khusus tersebut sehingga membuat CPU dan GPU Load menjadi rendah.

Firefox Quantum hadirkan dukungan UVD untuk format video VP9. Komponen UVD yang didukung adalah sebagai berikut :

  • Radeon RX 400/500 Series : Up to VP9 FHD @60 FPS.
  • Radeon RX Vega : Up to 4K @60 FPS.
  • AMD APU 6th Gen “Carrizo” : Up to VP9 FHD @60 FPS.
  • AMD APU 7th Gen “Bristol/Stoney Ridge” : Up to VP9 FHD @60 FPS

 

  • Untuk (Selain prodak Radeon/APU diatas) dan (diatas resolusi yang disebutkan) maka akan menggunakan DXVA/VAAPI dengan CPU dan GPU Load lebih tinggi.

Anda bisa melihat video diatas, melihat contoh mimin sudah mentest nya dengan sample FHD @60FPS di RX 460.

 

Perubahan ke WebExtension Buat Banyak Add-ons yang Tidak Support

Demi menjamin akan performa dan security dari Add-ons yang dipakai, Firefox memindahkan standar Add-ons miliknya ke WebExtension, yang membuat banyak Add-ons yang tidak mendukung Firefox Quantum, ini dikarenakan developer harus merubah code dari Add-ons nya agar bisa mendukung. Apabila menemukan add-ons favorit anda tidak support, anda bisa hubungi developer add-ons masing-masing.

 

Download firefox terbaru di :https://www.mozilla.org/en-US/firefox/

 

Sumber : Mozilla, AMD.  

Tags: download Firefox Quantum download firefox terbaru Firefox Quantum fitur lengkap Firefox Quantum

author
Author: 

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

  1. author

    NABILAH PUTRI RISA2 days agoReply

    terimakasih……tulisan anda sangat bermanfaat……..

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)