Beberapa Jenis Motherboard Berdasarkan Ukuran Form Factor yang Perlu Anda ketahui

Jakarta : 11 oktober 2015

Assalamualaikum, bagaiamana kabarnya gan ?? mimin maaf sebelumnya karena kurang aktif. Sebagai gantinya mungkin sekarang akan di perbanyak tips untuk pengguna PC untuk kali ini mimin akan memberikan info tentang Beberapa Jenis Motherboard Berdasarkan Ukuran Form Factor yang Perlu Anda ketahui

Pengertian Form Factor Motherboard

Biostar Menampilkan Motherboard Intel Skylake Biostar Gaming Z170X dengan Fitur Kelas Atas 2

Form Factor adalah sebutan untuk standart ukuran dari Motherboard yang di pasaran. Semenjak era IBM PC berakhir dan era PC DIY hadir, banyak bermunculan standart form factor motherboard. Namun, sayangnya masih saya temui beberapa guru atau dosen kuliah pun yang masih memberikan informasi tentang form factor lawas seperti Baby AT. Saya akan berikan beberapa form factor terkini bahkan yang akan insya allah menjadi standart di masa depan.

Berikut jenis-jenis motherboard berdasarkan form factor. diantaranya adalah :

ATX = Advance Technology eXtended

jenis motherboard motherboard atx


ATX adalah standart yang biasa ada untuk Motherboard kelas menengah keatas. Form factor ini, memiliki ukuran PxL 12 × 9.6 inch (305 × 244 mm), Motherboard dengan form factor ini, memuat komponen yang cukup banyak diantaranya :

– Sampai dengan 4 slot Ram memory

– Sampai dengan 6 buah slot PCIe dengan rata-rata hanya 2-3 Slot yang mendukung multi GPU seperti AMD CrossFireX/SLI. Sisanya dipakai untuk network/sound/storage card.

– Mendukung ATX power supply. Power supply ini standart yang ada di pasaran, adalah berjenis ATX power supply

Micro ATX

ecs motherboard Fm2+

Micro ATX adalah standrt yang biasa dipakai untuk motherboard kelas menengah dan motherboard low-end. Micro ATX memiliki panjang yang lebih pendek dengan ukuran PxL 12 × 9.6 in (305 × 244 mm). Karena pengurangan ini, Motherboard form factor ini biasanya memiliki harga lebih murah. Namun, beberapa vendor ada yang membuat versi Micro ATX dari motherboard high-end miliknya. Motherboard Micro ATX memuat beberapa komponen diantaranya :

– Sampai dengan 4 slot Ram

– Memakai powersupply ATX yang ada di pasaran

– Mendukung 4 buah slot PCIe dengan rata-rata hanya mendukung Dual CrossfireX/SLI untuk penggunaan lebih dari satu vga card. Sisanya biasa dipakai untuk network/storage/sound card

Klik page selanjutna untuk melihat form factor lainya

Tags: jenis motherboard yang ada di pasaran jenis-jenis mainboard PC jenis-jenis motherboard PC motherboard mini ukuran motherboard PC

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.