Beberapa Jenis Motherboard Berdasarkan Ukuran Perlu Anda ketahui

Mini-ITXmsi gaming z97I gaming motherboard mini itx gaming

 

Motherboard ini biasa dipakai untuk pengguna HTTPC (Multimedia PC) yang ingin sebuah PC kecil yang bahkan dengan casing khusus, anda bisa menginstalnya di monitor yang support dengan menggunakan dock khusus. Soal harga, agak sedikit mahal dari Micro ATX. Loh bisa ?? ya dikarenakan komponen yang dipakai harus lebih berkualitas dan lebih rumit mengingat ukuran terbatas demi mencegah suhu tinggi. Motherboard type ini mendukung komponen diantaranya :

– Support dengan 2 slot Ram. Sebagian ada yang memakai Ram PC (DIMM) atau kadang memakai Ram Laptop (SO-DIMM).

– Memakai powersupply khusus berjenis Mini- ITX

– Hanya mendukung satu buah slot PCIe kadang ada yang hanya PCI saja yang berarti hanya bisa dipakai untuk sound/network card.

EATX

Biostar Menampilkan Motherboard Intel Skylake Biostar Gaming Z170X dengan Fitur Kelas Atas 2

Motherboard ini biasa dipakai untuk PC kelas atas atau biasa disebut Workstation yang biasa dipakai untuk perkerjaan berat seperti rendering 3D, kalkulasi matematika berat dsb dan dipakai untuk Server. Bentuknya cukup besar, memiliki harga yang cukup tinggi namun sebanding dengan fitur serta komponen terpilih yang di disain untuk menyala 24 jam dalam kondisi extreme (suhu tinggi) sekalipun. Motherboard ini memiliki ukuran 95 × 125 mm (3.7 × 4.9 in). Processor yang dipakai bukanlah yang biasa kita pakai, tapi processor performa tinggi diantaanya Intel Core I Extreme Series, AMD Opteron (server), Intel Xeon (server). terdapat komponen diantaranya :

– Support dengan 8 buah slot Ram

– Support sampai dengan 6 slot PCIe namun, berbeda dengan ATX, EATX mendukung sampai dengan 5 buah konfigurasi CrossFireX/SLI multi vga card. Bisa dibayangkan performa grafis yang bisa di hadirkan.

– Terdapat tambahan slot mini PCIe untuk storage

– ATX PowerSupply

Mini Motherboard

VIA_Mainboards_Form_Factor_Comparison

Untuk Motherboard jenis ini, jarang dipakai untuk PC biasa. Namun, seirin dengan perkembangan PC sekarang ini, banyak bertebaran mini PC diantaranya Intel NUC, Zotac ZBOX, Asrock BeeBox, ECS Liva dsb. Ini membuat munculnya beberapa form factor motherboard baru. Diantaranya :

Nano-ITX : Biasa dipakai di mini PC seperti yang saya sebutkan diatas, memakai sot RAM SO-DIMM (untuk laptop) untuk storage biasanya sudah built in berupa chip NAND/eMMC sebagai pengganti hardisk. Slot PCIe x16 tidak ada. Namun, terdapat mini slot PCIe untuk sebagai slot wi-fi. Sumber daya yang dipakai berupa adapter laptop dengan Processor kelas hemat daya (Intel Pentium/Celeron)

Pico ITX : diperkenalkan pertama kali oleh VIA. Pernah lihat mesin parkir otomatis ?? atau sering lihat mesin kasir ?? biasanya motherboard dengan form factor inilah yang dipakai. Hampir mirip dengan Nano-ITX dalam hal komponen. Bedanya ini lebih rapat anda bisa lihat di gambar perbandingan diatas. Komponen satu dengan yang lain sempit.

Mobile ITX : untuk jenis ini, tidak memiliki port sama sekali ya board ini biasa dipakai untuk debug aplikasi untuk koneksi I/O anda bisa menghubungkanya dengan daughterboard (sebutan untuk board tambahan) untuk menambahkan port I/O dan slot tambahan.

– 5×5 : Jenis ini baru diperkenalkan oleh Intel tidak lama ini. Motherboard ini merupakan jawaban dari Intel untuk Mini PC yang beredar selama ini.mengingat sebagian besar Min PC memiliki kendala yakni hanya memakai processor kelas hemat daya yang tidak bisa di upgrade. Intel merancang 5×5 Moterboard ini memiliki ukuran yang kurang lebih mirip dengan Mini-ITX namun dengan Ram SO-DIMM (Laptop), slot mini Pcie, Port SATA dan USB tetap hadir. Menariknya power yang dipakai bisa melalui adapter. Karena melalui adapter, jadinya hanya processor dengan TDP up to 65w yang bisa dipasang.

Oke sampai disini dulu artikel yang saya tulis, diharapkan bisa menambah pegetahuan anda.

Tags: jenis motherboard yang ada di pasaran jenis-jenis mainboard PC jenis-jenis motherboard PC motherboard mini ukuran motherboard PC

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.