Categories: Tips & Trick

Beberapa Tips Windows Defender Security Antivirus Windows 10

Beberapa Tips Windows Defender Security Antivirus Windows 10

Windows seperti yang kita ketahui merupakan operasi sistem yang paling banyak terinfeksi virus komputer. Hal ini dikarenakan operasi sistem inilah yang paling banyak digunakan untuk komputer saat ini, namun kabar baiknya Microsoft terus berusaha untuk mengurangi jumlah serangan virus salah satunya dengan menghadirkan antivirus built-in pada Windows 10 yakni Windows defender antivirus yang memiliki fitur layaknya antivirus berbayar diantaranya:

  • Anti Rootkit. 
  • Perlindungan Browser Microsoft Edge.
  • Perlindungan jaringan (Firewall dan MIPS). 
  • Perlindungan Ransomware 
  • Scanning Malware menggunakan internet (Cloud Scanning). 

Kali ini saya akan berikan beberapa tips untuk pengguna komputer yang hanya menggunakan Windows Defender sebagai andalan software keamanan dengan tujuan hasilkan keamanan dan keamanan yang lebih baik lagi.

1. Hadirkan Akses Cepat Klik Kanan Desktop Menuju Windows Defender

Sumber MajorGeek

Cara ini dikemukakan oleh MajorGeek  memudahkan pengguna yang sebelumnya harus klik icon aplikasi Windows Defender di pojok kanan taskbar untuk melakukan scan file atau update database, sekarang bisa langsung mengakses fungsi seperti scan dan update melalui desktop, berikut langkah-langkah agar memunculkan menu tersebut: 

  1. Download file registry di halaman resminya DISINI
  2. Karena bentuknya file .ZIP extraks terlebih dulu, terdapat dua file registry “Add Defender Context Menu.Reg” dan “Remove Context Menu.Reg”
  3. Klik dua kali pada file “Add Defender Context Menu.Reg”  saat muncul pop-up pemberitahuan klik “OK” 
  4. Restart komputer 
  5. Selesai akses cepat klik kanan pada desktop sudah tersedia. 

2. Hadirkan Perlindungan Browser Untuk Browser Diluar Edge

Walaupun sudah menghadirkan perlindungan web pada Windows Defender, namun sayangnya perlindungan tersebut hanya tersedia untuk browser Microsoft Edge saja di luar itu akan rentang serangan virus komputer, Anda bisa menghadirkan perlindungan untuk browser lain dengan cara: 

Related Post

  1. Gunakan Windows Defender Browser Protection : Microsoft telah menyediakan perlindungan web proteksi yang sama yang ada di Edge ke dalam ekstensi Windows Defender Browser Protection yang bisa digunakan pada Chrome dan browser turunan Chromium lainnya (Opera, Vivaldi dsb Microsoft mengklaim keunggulan proteksi serangan Phising yang lebih baik dibandingkan perlindungan default bawaan Google yang ada di Chrome. Anda bisa mengunduhnya pada TAUTAN BERIKUT.

  2. Gunakan Perlindungan Pihak Ketiga: Terdapat banyak sekali ekstensi browser yang menyediakan perlindungan untuk browser, saya rekomendasikan untuk menggunakan Malwarebyte Browser Guard yang bisa anda unduh DISINI (Chrome) atau DISINI (Firefox), ekstensi ini bisa digunakan walaupun tanpa menggunakan produk antivirus dari Malwarebyte. 

3. Aktifkan fitur perlindungan Ransomware 

Ransomware merupakan salah satu jenis virus komputer yang lagi hot akhir-akhir ini mengingat virus jenis ini susah untuk dihapus karena butuh unlocker jenis khusus karena sifatnya yang enkripsi data pengguna, kabar baiknya Windows Defender telah hadirkan fitur Anti Ransomware yang bisa untuk mencegah dampak Ransomware, berikut cara aktifkanya: 

 

  1. Masuk ke dashboard Windows Defender.
  2. Klik pada bagian Virus & Threat Protection scroll ke bawah anda akan menemukan tulisan Ransomware Protections, anda klik pada tulisan Manage Ransomware Protections.
  3. Selanjutnya anda klik aktifkan pada opsi Controlled Folder Access
  4. (Optional) Anda bisa login ke akun Onedrive anda untuk berjaga-jaga sewaktu file ada yang terserang maka file tersebut bisa direcovery dengan backupnya ke Onedrive dengan mengklik  Sign Up One Drive

4.  Gunakan Firewall Untuk Awasi Aplikasi Berbahaya 

Firewall berfungsi sebagai “tembok” yang mengawasi dan mengatur aplikasi apa saja yang bisa mengakses internet, dengan memanfaatkan fungsi Windows Firewall yang ada pada Windows Defender anda bisa mengawasi dan memblok aplikasi yang tidak dikenal sehingga bisa terhindar dari aplikasi berbahaya seperti Adware dan juga bisa membuat hemat data anda dengan memblok aplikasi yang gunakan internet berlebih. 

Cara memblok/perbolehkan aplikasi di Windows firewall 

  1. Masuk ke dashboard Windows Security dan pilih menu Firewall & network protection
  2. Pilih opsi Allow an app through firewall.
  3. Pilih mana aplikasi yang anda perbolehkan gunakan akses internet dan tidak pada menu yang tersedia.
  4. Setelah selesai klik OK.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin mengutip artikel harap sertakan sumber 🙂 

 

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...