Categories: Tips & Trick

Begini Caranya Cegah Windows Defender Hapus File Otomatis

Begini Caranya Cegah Windows Defender Hapus File Otomatis

Windows Security atau kadang disebut juga sebagai Windows Defender merupakan antivirus bawaan Windows 10 yang pada awalnya hanya berisikan fitur antivirus dan anti spyware lambat laun berkembang pesat menjadi antivirus suite dengan berbagai fitur layaknya antivirus modern pihak ketiga lainnya.

Sayangnya Windows Defender memiliki satu kelemahan yakni anda tidak bisa matikan sementara proteksi antivirus ini secara penuh layaknya antivirus lainnya, jadi terkadang apabila Windows Defender mendeteksi file yang harusnya bukan virus file tersebut langsung hilang pada kesempatan kali ini admin ingin hadirkan tutorial cara agar cegah Windows Defender hapus otomatis file (yang terdeteksi sebagai false positive) dengan cara menampilkan opsi bertanya kepada  user apakah ingin “hapus”, “masuk ke karantina” atau “biarkan” pada setiap virus yang terdeteksi dan saat opsi biarkan dipilih file tersebut tidak terdeteksi lagi sebagai virus dan dikembalikan ke folder asalnya.

Tampilkan Fitur Local Group Security Policy (Pengguna Windows 10 Home) 

Cara yang saya gunakan menggunakan local group security editor atau biasa disebut Gpedit.msc, pengguna Windows 10 Pro tidak perlu lakukan ini karena sudah tersedia fiturnya namun untuk pengguna Windows 10 Home harus lakukan sedikit trik agar bisa menggunakannya, caranya adalah dibawah ini:

Download file installer melalui link berikut https://www.majorgeeks.com/files/details/add_gpedit.html,  setelah itu klik kanan pada gpedit enable.bat yang didownload pilih run as administrator biarkan proses instalasi sampai selesai.

Cara Menggunakan Local Group Security Policy 

Related Post

Pertama-tama kita buka local group policy ada dua cara membukanya pertama melalui  pencarian start menu dan kedua melalui opsi run (tombol windows + R) dan klik gpedit.msc, setelah itu tampilan utama akan terbuka

Setelah tampilan awal terbuka langkah selanjutnya anda silahkan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Pada Computer Configuration pilih folder Administrative Template klik kiri mouse dua kali akan membuka foldernya >> setelah itu cari sub-folder Windows Component klik dua kali >> cari sub-folder Microsoft Defender Antivirus klik dan klik sekali >> cari file “turn-off routine remediation” klik dua kali akan muncul menu seperti gambar 2. Anda bisa perhatikan opsi default adalah “not configure” anda ubah ke “enable” setelah itu klik Apply dan klik OK selesai sudah silahkan restart komputer anda.

Nantinya anda akan beritahu anda saat ada virus terdeteksi di homescreen Windows Security dan anda bisa memilih aksi apa aja untuk virus tersebut jadi Windows Defender tidak langsung menghapusnya.

Tanya dan Jawab: 

Q: Secara default Windows Defender juga kaya begitu (menanyakan bisa hapus atau biarkan) bedanya  ada di menu history, apa bedanya sama ini? 

A: Perbedaannya ada pada filenya kalau default langsung hapus, kalau ini ditahan terlebih dahulu.

This post was last modified on 12/02/2021 16:14

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...
Published by
Sutama Tamasu