Beli PSU Bagusan Gak Cuma Dapet Pure Daya, Tapi Proteksi Lebih Bagus

Beli PSU Bagusan Gak Cuma Dapet Pure Daya, Tapi Proteksi Lebih Bagus

Pada saat membahas power supply di beberapa forum seringkali admin melihat pasti ada satu yang menyebutkan “Buat apa beli PSU branded A, B,C dengan harga lebih mahal toh nanti ujungnya rusak juga?”. Pendapat orang tersebut di mata admin benar memang power supply sama seperti alat elektronik lainnya akan rusak juga, namun coba kita  tengok beberapa waktu lalu Lambe Hardware PC memposting sebuah PC yang terlihat ada salah satu komponen (fan) yang terbakar kemungkinan akibat konsleting di area konektor power molex 4 pin. 
 
Normalnya PSU bisa mendeteksi salah satu konektor yang tidak beres dan PSU akan segera memutus listrik kita tinggal cabut komponen tersebut betulkan konektornya tanpa menimbulkan terbakar seperti itu, namun karena PSU yang dipakai memiliki proteksi yang buruk sehingga hal tersebut bisa terjadi.
 
Komponen Transient Lengkap Dari Salah Satu PSU Branded

Komponen Transient Lengkap Dari Salah Satu PSU Branded

Bagian PCB dari PSU Murahan, Terlihat Bagian Transient Filtering Sengaja Tidak Disertakan.

Reviewer yang biasa membahas power supply  (sayangnya di Indonesia makin langka) seringkali menemukan vendor PSU murahan mengakali bagian proteksi walaupun mereka mengklaim proteksi lengkap ( tertulis OVP, OCP dll) namun saat diperiksa terdapat sunat sana sini terutama bagian transient filtering, tempat masuk pertama kali listrik PLN ke PSU bagian ini selain berperan perlindungan dari sisi transient (surge/ spike), transient filtering juga penting sebagai pencegah noise yang dihasilkan oleh transistor switching di PSU, yang kembali lagi ke jalur listrik utama (PLN).
Contoh reviewer yang menyebutkan hal tersebut:
Kita kembali ke pertanyaan utama, power supply branded yang disarankan oleh banyak hardware antusias pasti akan menemukan yang rusak juga namun bisa anda cari sendiri sebagian besar rusak disini dalam bentuk mati nantinya kita tinggal pindah power supply lainnya sementara PC nyala lagi sembari menunggu RMA apabila masih garansi, namun PSU murahan seperti anda lihat bukti contoh atas sering banyak contoh power supply tersebut tidak memiliki proteksi yang jelas sehingga sering terjadinya kebakaran baik pada power supply maupun komponen yang bermasalah yang lebih berbahaya daripada power supply yang cuma mati bikin PC gagal boot sementara. 
Jadi sebaiknya jangan pelit budget dalam memilih PSU sudah banyak PSU yang bagus yang disarankan oleh banyak hardware antusias di grup dan forum namun kita seringkali meremehkan dan lebih memilih memotong budget power supply, padahal selain memiliki pure daya yang mendekati rating kapasitas power supply dan efisiensi lebih baik kita juga dapatkan proteksi lebih baik.

Tags: PSU Abal-Abal PSU bagus PSU FSP Hexa PSU murah PSU rekomended PSU watt asli

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.