Cara Aktifkan DNS Over HTTPS, Fitur Terbaru Cloudflare DNS 1.1.1.1 Di Browser Chrome & Firefox

Cloudflare DNS 1.1.1.1 saat awal peluncuranya beberapa tahun yang lalu membawa angin segar bagi para pengguna internet koneksi lambat dikarenakan akses DNS terbaru ini merupakan yang tercepat saat ini mengalahkan bawaan ISP termasuk bawaan provider ISP. Walaupun tidak mempengaruhi keseluruhan penggunaan internet kita seperti streaming dan game online, kegiatan browsing akan terasa lebih lancar serta beberapa website penting seperti Reddit bisa diakses yang sebelumnya sudah diblok oleh sebagian ISP di tanah air.

Pada kesempatan kali ini saya akan menghadirkan tutorial singkat cara penggunaan DNS Over HTTPS yang merupakan fitur baru Cloudflare DNS 1.1.1.1 pada browser terkenal yang biasa anda gunakan saat ini yakni Chrome dan Mozilla Firefox. Secara sederhana kehadiran fitur tersebut memungkinkan browser untuk terhubung ke server DNS Cloudflare sehingga bisa merasakan manfaat kecepatan hingga terbukanya akses website penting seperti Reddit tadi, cara ini bisa dipakai jika anda mengalami kesulitan untuk menggunakan DNS pihak ketiga dari settingan Windows maupun router/modem anda.

Cara Setting DNS Over HTTPS Di Browser Mozilla Firefox 

Step Pertama, Klik Untuk Perbesar

Pertama silahkan buka pengaturan dengan mengklik tools >> option setelah itu scroll ke bagian network setting seperti gambar diatas, setelah itu anda klik tombol “setting” untuk melanjutkan. 

Setelah muncul pop-up lanjutkan dengan mengklik aktifkan opsi “Proxy DNS when using SOCK v5” serta “Enable DNS over HTTPS” setelah itu silahkan klik tombol “Ok” untuk menyimpan selesai silahkan tutup dan buka kembali browser Firefox anda.

Setelah itu silahkan cek apakah sudah bekerja atau belum dengan membuka website http://www.whatsmydnsserver.com/ dan klik  tombol “what’s my dns server” apabila yang muncul seperti diatas maka anda sudah bisa langsung menggunakan dengan baik.

Cara Aktifkan DNS Over HTTPS Di Browser Google Chrome 

Pertama silahkan klik kanan icon Chrome yang ada di tampilan desktop PC kalian dan pilih opsi properties

Setelah muncul pop up diatas anda tuju ke bagian “target” dan ganti semua tulisan diatas dengan tulisan dibawah ini.

chrome.exe --enable-features="dns-over-https<DoHTrial" --force-fieldtrials="DoHTrial/Group1" --force-fieldtrial-params="DoHTrial.Group1:server/https%3A%2F%2F1.1.1.1%2Fdns-query/method/POST

Anda bisa copy-paste tulisan yang sudah saya berikan di atas setelah selesai, silahkan restart browser anda.

Sama seperti Google Chrome anda bisa  cek apakah sudah bekerja atau belum dengan membuka website http://www.whatsmydnsserver.com/ dan klik  tombol “what’s my dns server” apabila yang muncul seperti diatas maka anda sudah bisa langsung menggunakan dengan baik.

Kesimpulan

Selesai sudah tutorial singkat dari saya sekali lagi saya jabarkan beberapa manfaat menggunakan DNS pihak ketiga melalui fitur DNS over HTTPS seperti :
– Memungkinkan menjalankan website penting yang terblokir ISP seperti Reddit.
– Browsing di internet lebih cepat responsif.
– Lebih minim gangguan malware dan adware (iklan menganggu dan berbahaya yang terkadang menyebar via DNS bawaan ISP).

Sebenarnya provider DNS lain seperti Google DNS, Quad9 dan OpenDNS juga mendukung namun baru Cloudflare yang mendukung dengan kerjasama resmi.

Sutama Tamasu @Sutamatamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...
Share
Published by
Sutama Tamasu @Sutamatamasu

Recent Posts

Inilah Alasan Kenapa Monitor AMD FreeSync Punya Harga Lebih Murah

AMD sebagai salah satu perusahaan dibalik kartu grafis Radeon ini menghadirkan banyak fitur yang menunjang untuk pengalaman gaming jadi lebih…

14/08/2019 23:25

Alasan Kecepatan SSD Turun dan Cara Mencegah Biar Tidak Kian Parah

Alasan Kecepatan SSD Turun dan Cara Mencegah Biar Tidak Kian Parah SSD siapa sih yang gak kenal dengan storage yang…

15/06/2019 02:36

AMD Bawa Dukungan FreeSync dan 6 Multi-Monitor Ala Eyefinity Di Linux Kernel 5.0

AMD Bawa Dukungan FreeSync dan 6 Multi-Monitor Eyefinity Di Linux 5.0 Radeon FreeSync merupakan salah satu fitur andalan dari AMD…

29/03/2019 04:31

(PR) HUE 2 RGB Ambient Lighting Kit V2 Terbaru dari NZXT Didukung Aplikasi CAM

Kelilingi Monitor Anda di Dunia Cahaya HUE 2 RGB Ambient Lighting Kit terbaru dari NZXT memberikan peredaman total RGB bagi…

23/03/2019 14:45

Review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C, Tinggal Pasang Nikmat

Review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C, Tinggal Pasang Nikmat Pada akhir ini beredar salah satu…

04/12/2018 00:43

4 Informasi Yang Perlu Anda Ketahui Tentang AI di Perangkat Smartphone

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang AI di Perangkat Smartphone Pasti apabila anda melihat di berbagai media review perangkat…

26/11/2018 16:43