Cara Atasi Antimalware Service Executable Buat CPU, Disk dan Memory Usage Tinggi

Cara Atasi Antimalware Service Executable Buat CPU, Disk dan Memory Usage Tinggi

Windows Defender (kadang disebut Windows Security) saat ini banyak dipilih oleh pengguna dikarenakan fiturnya yang lumayan lengkap, kemampuan deteksi malware yang semakin baik dari hari ke hari dan ringan tidak terlalu makan resource komputer pengguna, namun sama seperti perangkat lunak lainnya pengguna Windows Defender juga pastinya menemukan masalah salah satunya adalah Antimalware Service Executable yakni Windows service dari Windows Defender hasilkan CPU, Memory dan Disk usage tinggi.

Beberapa Tips Cara Mengatasi Windows Defender Hasilkan CPU, Memory dan Disk Usage Tinggi

Contoh Antimalware Service Hasilkan CPU Usage Tinggi (Sumber Gambar: Easeus)

 

Pastinya saat Windows Defender hasilkan CPU, Memory dan Disk usage tinggi akan memperlambat kinerja komputer anda dan menganggu aktivitas anda, berikut akan admin berikan beberapa cara yang bisa jadi solusi:

1. Cara Kesatu: Ubah Windows Defender Schedule 

  • Klik tombol Windows saat start menu muncul ketikan “Task Scheduler”:

Gambar 1: Task Schedule (Klik untuk perbesar)

 

Gambar 2: Pop-Up Task Scheduler (Klik untuk perbesar)

Pada task scheduler (Gambar 1) tuju ke menu Task Scheduler Library > Microsoft > Windows, scroll mouse anda dan cari dibawah folder Windows Defender setelah itu klik dua kali pada opsi Windows Defender Schedule Scan akan muncul pop-up (Gambar 2) hapus centrank di opsi “Run with highest privileges” klik ok , close semua jendela dan restart.

2. Cara Kedua: Tambahkan Antimalware Service Executable Pada List Windows Defender exclusion.

  • Buka halaman utama Windows Defender (Windows Security), klik menu virus and threat protection scroll ke bawah cari menu exclusion klik “add or remove exclusion”

Gambar 3: Exclusion (Klik Untuk Perbesar)

Setelah  itu anda klik “Add an Exclusion” ketikan MsMpEng.exe (merupakan nama executable dari Antimalware Service Executable) setelah itu klik add dan restart.

3. Cara Ketiga: Menggunakan Aplikasi “Proses Hacker”

Gambar 4: Metode di Aplikasi Process Hacker (Klik Untuk Perbesar)

Download dan install aplikasi process hacker (download: https://processhacker.sourceforge.io/downloads.php)buka aplikasinya dan klik pada kolom search “MSMP” nanti akan muncul proses MsMpEng.exe (dari Antimalware Service Executable), anda klik kanan dan pilih terminate.

4. Cara Keempat: Akibat Ulah Aplikasi Pihak Ketiga.

Terkadang terjadi kasus tertentu dimana saat pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga sebut saja OneDrive atau atau saat bermain games tertentu saja, cara menyelesaikan hal ini cukup mudah anda cari terlebih dulu di task manager (klik kanan taskbar dan pilih task manager) aplikasi pihak ketiga tersebut misal onedrive.exe atau warcraft.exe misalnya. Selanjutnya anda tinggal mengikuti langkah sebelumnya (Cara Kedua) namun perbedaanya mengganti MsMpEng.exe menjadi aplikasi pihak ketiga tersebut.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin mengutip artikel harap sertakan sumber.

Sumber info: Microsoft

Tags: Antimalware Service Executable CPU Load CPU Usage Tinggi Disk Usage Memory Usage PC lambat

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.