Tips & Trick

Cara Cek dan Aktifkan TPM 2.0 (Agar Bisa Install Windows 11 Nanti).

Cara Cek dan Aktifkan TPM 2.0 (Agar Bisa Install Windows 11 Nanti)
Windows 11 rilis banyak yang cek pakai aplikasi Microsoft apa PC dia support apa enggak dan gagal salah satu karena PC tidak ada perangkat TPM 2.0 (App buat cek: https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp).

TPM (Trusted Platform Module) versi 2.0 sesuai namanya “module” merupakan hardware yang berbentuk modul ala flashdisk dimana di dalamnya berisikan chip buat keamanan, TPM ini dibutuhkan buat kegiatan keamanan macam bitlocker, percepat enkripsi memory, amankan password dll dan sekarang jadi hal wajib buat install Windows 11.


Kabar baiknya, Intel dan AMD dah ada TPM integrasi, kalau AMD namanya AMD PSP (Platform Security Processor) kalau Intel namanya Intel PTT (Intel Platform Trust Technology).

Berikut tutorialnya:

1. Cek Support Apa Tidaknya:

– AMD: Fitur PSPnya ada di processor gak pusing, pokoknya processor APU Carrizo kesini dan semua CPU Zen auto support.

– Intel: Intel fitur PTT ada di chipset, jadi support apa gak cek ke chipset motherboard. Agan bisa googling chipset agan cari rujukan ke Intel punya cari bagian Intel PTT apakah support (yes) apa enggak contoh: https://ark.intel.com/…/201842/intel-h410-chipset.html

2. Cara Aktivasi:

Related Post

– AMD: Karena integrasi ada di processor jadi TPM 2.0 auto hidup muncul, andai penuhi syarat tapi gak hidup karena admin tidak ada PC berbasis AMD Ryzen jadi tidak tau percis mungkin bisa cek di BIOS cari menu “PSP” atau TPM dan aktifkan andai gak membantu, mungkin update BIOS dan driver chipset bisa aktif.

– Intel: TMP 2.0 gak aktif secara default, kalau agan dah cek ternyata support segera cek BIOS tuju ke bagian menu “Security” beda-beda antar vendor biasanya keterangan ada nama “PTT” mungkin bisa googling atau liat manual andai bingung cara aktifkan Intel PTT.

3. Cara Cek Apakah Fitur Tersebut Sudah Aktif Atau Tidak.

Banyak cara bisa cek, lewat run> tmp.msc, lewat powershell ketik get-tpm atau bisa lewat Windows security > device security > security processor juga bisa.

Setelah itu silahkan anda bisa coba jalanin tool cek lagi….


Min TPM 2.0 dah hidup kok masih gagal tes Windows 11??

Cek lagi minimum req selain TPM biasanya masalahnya karena Windows 10 sekarang masih jalan mode legacy belum UEFI, ini gak ada masalah walau gak bisa update langsung, tapi agan bisa install ulang Windows 11 nanti dalam mode UEFI.
Semoga membantu gan.

Disqus Comments Loading...
Published by