Cara Hapus File Atau Folder Yang Sulit Dihapus Dengan Cara Normal

Cara Hapus File Atau Folder Yang Sulit Dihapus Cara Normal

Sering kali admin sering menjumpai kasus dimana ada seorang pengguna komputer baik itu PC desktop maupun laptop yang memiliki masalah terdapat satu atau beberapa file ataupun folder yang tidak bisa dihapus dengan cara normal (melalui menu delete dan masuk ke recycle bin atau shift delete untuk hapus permanen), rata-rata pengguna terutama yang awam langsung menyalahkan ulah virus komputer.

Penyebab virus komputer itu adalah benar adanya namun terdapat penyebab lain juga, berikut penyebab umum kenapa file atau folder tersebut sudah dihapus.

  1. File atau folder tersebut sedang digunakan oleh aplikasi lain, hal ini yang sering terjadi file atau folder tersebut secara tidak sadar sedang digunakan oleh aplikasi lain namun pengguna sudah mau menghapus saja. Pengguna tidak salah dalam hal ini karena terkadang aplikasi tersebut “tidak terlihat” di depan desktop seperti antivirus yang melakukan scanning, outlook yang sedang kirimkan attachment yang belum terkirim latar belakang, file video yang masih ada di playlist player dsb sehingga menghalangi sistem untuk menghapus file atau folder tersebut.
  2. File atau folder “corrupt”, kasus kedua jarang terjadi karena file atau folder “corrupt” jarang ditemukan, biasanya  hanya terjadi saat kondisi tertentu  misalnya terdapat aplikasi yang meninggalkan berkas “library” setelah aplikasi dihapus, file yang di copy dari sumber corrupt termasuk juga file terkena injeksi trojan.
  3. FIle terinfeksi virus atau file asal virus itu sendiri,  Virus komputer banyak bentuk dan macamnya untuk virus yang ringan macam worm dan trojan jika anda bisa mencari asal muasal anda bisa menghapus file asal virus tersebut yang membuat infeksi file lainnya termasuk menghapus file yang terinfeksi, namun era yang maju ini ada beberapa yang tidak bisa dihapus seperti ransomware.

Setelah memberikan penjelasan singkat tentang jenis file yang tidak bisa dihapus apa saja, sekarang mari kita bahas cara hapus file yang sulit dihapus tersebut berdasarkan jenis file yang sudah kita bahas, Apabila anda tidak tahu file atau folder yang bermasalah termasuk ke kategori mana anda bisa mencoba step dibawah secara berurutan.

1. Menghapus File atau Folder Yang Sedang Digunakan Aplikasi Lain

Gambar 1: Contoh File Posisi Di “Lock” Tidak Bisa Dihapus Karena Sedang Digunakan

Mencari tahu apakah file atau folder yang bermasalah tersebut sedang digunakan oleh aplikasi mana anda bisa menggunakan aplikasi Unlocker yang bisa anda unduh disini: ( https://www.softpedia.com/get/System/System-Miscellaneous/Unlocker.shtmlsetelah anda selesai install silahkan tuju ke file atau folder yang bermasalah tersebut, klik kanan dan pilih “unlocker” di menu klik kanan.  Apabila file tersebut sedang digunakan oleh aplikasi lainnya akan muncul seperti (gambar 1) beberapa opsi anda pilih opsi “unlock all” aplikasi akan melepaskan (atau unlock) semua aplikasi yang terhubung dengan file atau folder yang bermasalah tersebut apabila tidak ampuh, anda klik “klik process”.

Gambar 2: Posisi File atau Folder “Unlock” Alias Tidak Digunakan.

Apabila berhasil anda kembali lagi ke explorer dan lakukan klik kanan kembali nanti akan muncul seperti (gambar 2), pada pojok kiri bawah terdapat opsi drop-down “no action” anda ubah ke “delete” klik tombol “ok” untuk menghapus, maka file sudah bisa dihapus.

Apabila cara diatas tidak bisa digunakan berarti kemungkinan besar file atau folder yang bermasalah tersebut termasuk ke dalam versi nomor dua dan ketiga, silahkan lanjut membaca.

2. Menghapus File Atau Folder ” Corrupt” Baik Karena Error Dari Aplikasi Maupun Terinjeksi Virus. 

Apabila anda gagal menggunakan cara kesatu berarti ada kemungkinan file atau folder yang tidak bisa dihapus tersebut bukan karena digunakan oleh aplikasi lain melainkan karena penyebab kedua yakni karena terinjeksi virus ataupun “corrupt” dari bekas instalan aplikasi. Sama seperti cara ke satu kita butuh bantuan aplikasi namun kali ini lebih canggih yakni bernama Eraser yang bisa anda download dan install disini: (https://eraser.heidi.ie/download/)

Gambar 3: Hapus File Dengan Menggunakan Eraser (Klik Untuk Perbesar)

Cara pakainya lebih sederhana dibandingkan unlocker anda cukup klik kanan pada file atau folder tersebut setelah itu pilih opsi “Eraser” dan geser mouse ke kanan pilih opsi “erase”  tunggu prosesnya file tersebut akan hilang seketika, tentu untuk file besar akan lebih lama anda bisa buka tampilan utama eraser untuk melihat lama waktu prosesnya. Opsi default Eraser adalah hapus segera (immediately) terdapat juga opsi lain seperti hapus saat restart, berulang, dan manual (tersimpan tasknya di tampilan utama aplikasi) yang bisa anda pilih

Gambar 4: Beberapa Metode Hapus Yang Bisa Anda Pilih

Kita membahas sedikit tentang aplikasi Eraser ini, walaupun aplikasi berjenis freeware namun hadir dengan teknik penghapusan data kelas dunia didalamnya termasuk beberapa yang digunakan oleh militer untuk menghilangkan jejak digital hal ini dikarenakan normalnya data komputer yang terhapus masih bisa dipulihkan (recovery) beberapa jenis virus komputer seperti Trojan seperti yang saya jelaskan di atas bisa terhapus dengan metode militer ini kecuali beberapa yang berat seperti Ransomware,

Terdapat beberapa pilihan yang anda bisa pilih pada menu pengaturan termasuk berapa kali pengujian (passes) yang dilakukan agar data tersebut bisa dihapus sempurna semakin banyak maka akan semakin lama waktu penghapusan. info selengkapnya tentang metode masing-masing: https://eraser.heidi.ie/appendix-a-erasure-methods/ 

Q&A (Tanya dan Jawab Umum).

Q: Kenapa virus komputer berjenis Ransomware tidak bisa dihapus walaupun pakai metode kedua?

A: Ransomware bekerja berbeda dengan virus komputer lainnya, dahulu virus komputer hanya bekerja “menginfeksi” file tertentu yakni dengan injeksi”code” jahat di file atau software tertentu untuk kebutuhan si pembuat virus (misal iklan)  apabila kita berhasil mencari sumber utama virus ini (biasanya berbentuk aplikasi tersembunyi di partisi C) dan hapus melalui metode kedua termasuk file yang sudah terinfeksi sebelumnya, umumnya masalahnya selesai.

Ransomware bekerja berbeda setelah pengguna komputer mendapatkan sumber file yang sudah berisikan virus ransomware tersebut, maka virus ini tidak melakukan injeksi melainkan melakukan apa yang dinamakan enkripsi, berbeda dengan metode lama apabila anda menghapus asal muasal virus tersebut serta file yang terkena dan selesai. Ransomware bekerja dengan menyerang disk sector MBR/GPT hasilkan data terpenting anda tidak bisa diakses karena “terkunci” hanya si pembuat virus yang tau apa “kunci” untuk membuka.

Beberapa antivirus menawarkan key offline untuk mencoba membuka file tersebut namun mayoritas key online yang digunakan jadi simpelnya satu-satunya cara untuk hilangkan ransomware adalah install ulang dan format semua data, namun…… Ransomware sama seperti virus lain merupakan sebuah file, virus ini tidak akan aktif kalau tidak dieksekusi alias d iklik jadi sebisa mungkin download file apapun dari situs terpercaya.

Tags: cara hapus file sulit terhapus cara hapus virus komputer folder sulit terhapus

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.