Cara memilih HSF/pendingin processor yang tepat bagi PC destkop

Jakarta 9/3/2014

PC adalah salah satu perangkat multifungsi yang bisa dipakai untuk hiburan, perkerjaan dan juga edukasi. Oleh karena itu dibanding perangkat elektronik lainya, PC membutuhkan pendingin yang mumpuni. Terutama untuk bagian HSF. HSF ini adalah singkatan dari heatsink fan adalah sebuah pendingin yang mendinginkan bagian processor. kali ini saya akan share Cara memilih HSF/pendingin processor yang tepat bagi PC destkop

Sering kali. Orang agak bingung untuk memilih HSF processor pilihanya. Walaupun memang setiap processor sudah dibundling HSF bawaan. Namun masih kurang mampu untuk mendinginakan processornya. Lalu bagaimana cara memilih HSF yang tepat ???

cpu-z

Saya akan mensortir beberapa HSF yang cocok. Saya sortir berdasarkan TDP. Apa itu TDP ??? TDP alias Thermal design power adalah sebuah hitungan dari panas yang di hasilkan oleh processor. Dimana semakin besar maka akan semakin butuh pendingin yang mumpuni. TDP tidak bisa menjadi patokan untuk daya dari processor. Untuk melihat berapa daya yang real dimakan suatu processor, anda bisa merujuk ke review di internet. Macam review processor core i5 disini. TDP hanya untuk menentukan pendingin processor. Untuk menemukan TDP dari processor yang anda pakai, anda bisa memakai aplikasi cpu-z yang anda bisa download disini.

1. TDP 0-20w

Untuk processor yang memakai TDP ini rata-rata adalah processor kelas hemat daya (ULV/LP) untuk intel biasa dari kelas intel ATOM atau AMD dari kelas AMD APU E series. Biasanya processor ini sudah di bundling dengan motherboard mini itx. Yang processor ini sudah di solder di dalamnya. Untuk HSF processor jenis ini tidak membutuhkan HSF mumpuni, HSF bawaan pabrik sudah sanggup mendinginkan processor ini dengan baik. Bahkan menurut standart processor ini juga bisa dipasang tanpa kipas alias pakai heatsink saja, seperti motherboard dibawah ini. dikarenakan sesuai rumus, processor, chip, IC apa saja yang memakai TDP dibawah 20w. Bisa memakai pendingin heatsink saja.

ASUS-Launches-Fanless-Bay-Trail-Based-Motherboard-430372-2

2. TDP 35-65 w

Untuk processor ini biasanya di dominasi  oleh  processor kelas low-end yang ditunjukan untuk pasar PC office atau PC murah beberapa processor yang termasuk kelas ini adalah processor intel celeron G seris, Intel pentium G series, intel core 2 duo, core i3, AMD athlon II x2, AMD a4 series, AMD a6 series dsb. processor dengan TDP sebesar itu, sejatinya tidak membutuhkan HSF yang besar. HSF bawaan seperti dibawah ini sejatinya sudah cukup.

HSF bawaan Intel

corei5750_hsf3
HSF AMD

cool_AMD_Phenom_Black_edition_heatsink_fan

HSF model low profile diatas masih sanggup untuk memenuhi kebutuhan processor dengan TDP seperti itu. alternative bisa ambil beberapa model HSF buatan pihak ketiga seperti :

Deepcool CK-77095
beabcb000b1b4cf8bda0001de6b79622

Cooler master xdream i117

290_2037f018257dd007d7593611d5069076_1361408773

Rata-rata HSF diatas berharga dibawah 100 ribu rupiah. cukup terjangkau.

3. TDP 70-100 watt

Processor yang masuk ke kategori ini adalah processor mainstream yang masuk kategori mid-high end yang sering dipakai untuk game atau perkerjaan berat macam editing grafis. Sebut saja AMD phenom II, Intel Core 2 Quad, Intel Core i 5-7, intel Pentium 4, AMD A8 dan A10. Di Box processor ini sudah diberikan HSF bawaan, namun HSF itu tidak mumpuni terutama untuk kebutuhan berat. Hampir banyak pengguna processor ini yang mengeluh panasnya processor saat memakai HSF bawaan.

Karena memang seperti yang saya bilang di kategori nomor 2. HSF default sejatinya Cuma mampu menampung processor dengan TDP 65 watt kebawah. Kalau diatasnya di wajibkan memakai HSF jenis full tower. HSF jenis Full tower memakai Heatsink yang lebih besar yang memungkinkan menyerap panas processor lebih banyak ditambah ada sebuah tambahan pipeline yang berkerja memindahkan panas processor ke heatsink yang nantinya di panas yang ada di heatsink tersebut di dinginkan dengan Fan yang ada di HSF. Selain bentuk heatsink, Fan yang ada di HSF ini rata-rata memakai model hydro bearing yang lebih rendah suara walaupun memakai putaran yang kencang. Berikut beberapa HSF yang masuk ke model ini

1. Deepcool Ice edge Mini FS

33e1d3bbf27d43e3b84b5cc8cdd495e7

2. Deepcool gamaxx 200
c4660b2ffa1f44f5bc0f5c97d6027953

Rata-rata HSF ini dijual dengan rentang harga 100-200 ribuan rupiah. agak sedikit mahal dibandingkan dengan kategori 2. Namun anda tidak perlu kwatir lagi akan suhu processor yang anda pakai. Anda bisa bermain game atau berkerja tanpa kwatir lagi.

(klik page 2 untuk TDP 100 watt keatas)

Tags: cara memilih HSF pc destkop yang tepat HSF yang baik untuk AMD HSF yang baik untuk intel

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is PC lover, using PC since kid. also Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Related Post "Cara memilih HSF/pendingin processor yang tepat bagi PC destkop"

  1. author

    sutarjo3 years agoReply

    tanya dong, kan ditulis Fx bukan pasangannya low profile ya, tapi kenapa dibundle pake Low profile dari amdnya? bukannya yang bawaan itu recommended dari pabrikannya ?

    • author

      sutamatamasu (Author)3 years agoReply

      Hsf fx sejatinya di disain agar menyala dan bisa buat office atau aplikasi ringan. Kalau buat game dan editing, hsf pihak ketiga wajib pakai. Soalnya banyak yang mengeluh panas yang tinggi karena pakai hsf default. Hsf bwaan fx secara teori dari para ahli cuma nampung procie tdp 65w. Sedang fx pakai tdp 95-125w. Entah kenapa amd tak berikan hsf yg lbh baik. Mungkin buat pengurangan ongkos produksi.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)