Cara memilih Motherboard socket FM2+ dan FM2 yang baik untuk AMD APU Trinity/Richland/Kaveri A series

kaveri sejarah

Selain kelas, AMD APU terdapat juga istilah generasi. Dimana APU sudah mencapai 4 generasi sekarang. Yaitu LLANO, Trinity, Richland dan Kaveri. Untuk LLANO tidak termasuk kita bahas  karena memakai socket lawas FM1. Untuk Trinity adalah APU gen 2 diluncurkan tahun 2012 memakai socket FM2, Richland adalah APU gen 3 diluncurkan tahun 2013 memakai socket FM2 sedangkan Kaveri adalah APU gen 3 diluncurkan tahun 2014 memakai socket FM2+. Untuk Richland dan trinity support di motherboard socket FM2+ namun sebaliknya, Kaveri tidak support di socket FM2. Jadi disarankan walau apapun pilihan processor anda, disarankan membeli FM2+ motherboard saja.

Setelah menjelaskan singkat tentang AMD APU. Saya akan lanjut kelas dari motherboard berbasis FM/FM2+. Untuk motherboard, dibagi menjadi kelas yang berdasarkan type chipset southbridge. Chip ini berperan dalam hal I/O yang membantu kinerja processor. Semakin tinggi maka akan semakin banyak fiturnya. Vendor biasanya memasukan type chipset di nama motherboardnya. Contoh ECS A58FM2 atau Gigabyte Sniper A88x dsb.. berikut typenya

(note : untuk angka belakang 8 menandakan memakai socket FM2+ sedangkan untuk yang 5 memakai socket FM2)   

 

  1. A88x/A85 x : Seri tertinggi dari motherboard socket FM2 dan FM2+ motherboard chipset ini berada di rentang harga 1 jutaan rupiah. Fitur bawaan, support sampai 6 buah SATA 3 dan 8 buah USB 2.0 + 4 buah USB 3.0. Support Crossfirex. Untuk fitur pihak ketiga, biasanya vendor motherboard memberikan fitur terbaiknya di motherboard ini. seperti untuk sound, memakai komponen chip audio terbaik dengan tambahan komponen khusus, Gigabit LAN, Heatsink di chipset dan VRM dsb. Cocok untuk anda pengguna Gaming dan perkerjaan berat. Tersedia ukuran ATX (besar),Micro ATX (sedang) dan Mini ITX (kecil) 
  2. A78/A75 : Motherboard ini untuk kalangan pengguna mainstream di rentang harga 800-1 jutaan. Dengan fitur bawaan hampir sama dengan A88x/A85x namun dengan pengurangan di fitur pihak ketiga seperti minus penggunaan heatsink untuk VRM. Tersedia ukuran ATX (besar),Micro ATX (sedang) dan Mini ITX (kecil) 
  3. A58/A55 : Motherboard ini dijual biasanya dengan harga 600-800 ribuan rupiah. Untuk fitur bawaan motherboard ini hanya support 4 buah SATA 2 dan 8 buah USB 2.0 saja. Untuk fitur pihak ketiga, biasanya vendor hanya menyediakan motherboard ini dengan ukuran micro ATX. Dan Mini ITX untuk menekan harga. Minus Heatsink VRM. Cocok untuk pengguna office dan gaming ringan.

Tags: AMD a10 Cara memilih motherboard AMD APU Merk Motherboard AMD Motherboard FM2+ Motherboard oke untuk AMD APU Motherboard yang cocok untuk AMD a10 A8 A6

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.