Cara memilih Motherboard socket FM2+ dan FM2 yang baik untuk AMD APU Trinity/Richland/Kaveri A series

Brand Pihak Ketiga

 

Hampir semua vendor motherboard membuat motherboard socket FM2/FM2+. Masing-masing memiliki beberapa kelebihan dan fitur. Berikut akan saya berikan masing-masing kelebihan dari brand masing-masing. Ini bukan untuk membandingkan. Ini hanya menjadi referensi agar anda bisa memilih brand mana yang menjadi pinangan anda. Kabar baiknya, dibanding socket FM1 yang jarang, FM2 dan FM2+ di pandang serius oleh vendor. Beberapa ada yang mengeluarkan motherboard yang memiliki fitur yang sama dengan motherboard kelas high-end diatas 3 jutaan rupiah (LGA red or AM3+ socket) :


Gigabyte

gigabyte motherboard FM2+

Gigabyte terfokuskan kepada memberikan motherboard dengan komponen terpilih yang berkualitas menjadi daya jual utama. Berikut beberapa fitur dan kelebihan :

  • Memakai PCB yang lebih tebal dibanding rata-rata motherbord. Berlaku untuk semua chipset. 
  • Memakai VRM (komponen yang mensupply daya ke processor dan ram) yang modern. Gigabyte menyebutnya sebagai ultra durable. Lebih efisien, tahan lama dan lebih rendah suhu dibanding VRM biasa. Berlaku semua chipset 
  • Untuk seri A88x, Gigabyte menyediakan Gigabyte sniper A88x yang memakai fitur yang mirip dengan seri sniper lainya yang biasa ada di motherboard high-end seperti komponen terpilih, Support Crossfirex dan juga memakai audio Costum yang setara dengan sound card mahal. 
  • Menyediakan semua seri chipset.

 

MSI

msi motherboard socket FM2+

MSI hampir sama dengan gigabyte, MSI mengutamakan dukungan komponen yang berkualitas dengan layanan purna jual yang baik. Berikut fitur dan kelebihan dari motherboard MSI :

  • Memakai komponen terpilih terutama di sektor VRM yang MSI sebut sebagai “Millitary class” dibandingkan VRM tradisional, komponen MSI “Millitary class’ lebih efisien, lebih rendah suhu dan tahan lama berlaku semua chipset 
  • Memakai chipset Audio kelas atas (Realteak ALC 8xx-9xx-1xx) dengan kualitas audio yang lebih baik, terutama untuk speaker besar dibanding chipset kelas low-end. Berlaku semua chipset. 
  • Menyediakan Seri Gaming series untuk seri A88x. Yaitu seri yang di optimalkan untuk gamer. Berbagai fitur Gamer di sediakan salah satunya adalah Audio Boost untuk audio serta Killer LAN untuk gaming lancar dengan LAN tanpa Lag. 
  • Menyediakan semua seri chipset.


ECS

ecs motherboard Fm2+


ECS adalah produsen motherboard yang mengutamakan harga yang terjangkau, dengan komponen yang terjaga kualitasnya dengan dukungan garansi yang panjang sampai 5 tahun. Dimana 1 tahun replace dan selebihnya garansi service saja. ECS memiliki kelebihan dan fitur seperti :

  • Harga cukup terjangkau berlaku semua chipset. 
  • ECS adalah vendor OEM untuk motherboard dari komputer built up/jadi salah satunya adalah HP. Jadi, ECS menerapkan QC yang cukup baik untuk prodaknya untuk menjamin durabilitas dari motherboardnya. 
  • Garansi panjang oleh distri ternama yang memegang prodak processor AMD sendiri (EMD red) 
  • Menyadiakan semua seri chipset, namun lebih terfokuskan ke seri chipset A58. Tidak semua seri motherboard ECS FM2/FM2+ masuk ke indonesia.


Asus

Asus motherboard

Asus adalah vendor yang dikenal dengan prodak berkualitas dan memiliki fitur yang sangat baik sebut saja, ROG (Replubic of Gamer) adalah salah satu divisi Asus yang menyediakan berbagai macam komponen berkualitas untuk gaming, di socket FM2 dan FM2+, Asus dirumorkan akan membuat versi ROG untuk socket FM2/FM2+ namun sayangnya belum di luncurkan. Untuk seri yang ada di indonesia adalah seri essential. Berikut kelebihan dan fitur ya :

  • Berpengalaman dalam menghadirkan motherboard berkualitas, membuat setiap motherboard Asus memakai komponen terpilih. Salah satunya adalah menghadirkan 5K protection. Membuat setiap komponen yang ada di motherboard terpilih mulai dari VRM, komponen USB, perlindungan terhadap listrik tidak stabil dsb. 
  • Dukungan software tambahan yang cukup baik. ASUS menghadirkan Asus AI suite. Satu software saja, anda bisa mencheck tentang motherboard anda mulai dari voltage, putaran fan, suhu dan melakukan beberapa tweak yang ada di BIOS beberapa bisa dilakukan di software ini. 
  • Menurut saya, Desain Asus ini yang paling eye caching. Dengan sentuhan emas membuat terlihat mewah. 
  • Asus hanya terfokus ke chipset A58 dan A88 saja.


Asrock

Asrock motherboard FM 2+

Asrock adalah brand yang dibilang pendatang baru dibanding yang lain, namun Asrock berkembang cepat salah satu usahanya adalah menggandeng orang ternama “Nick Shish” sang overclocker dan “Fatality” gamer terkenal dunia untuk kerjasama dengan desain motherboardnya. Berikut fitur dan kelebihan dari asrock.

  • Memiliki dukungan software pihak ketiga terlengkap. Layaknya Asus, Asrock menyediakan fitur software yang cukup lengkap. Mulai dari Suite bernama A suite yang terdiri dari berbagai macam info serta tweak untuk motherboard, Asrock Xfast software yang berguna untuk akseserasi dari USB, LAN dan Ram dsb. Bagi anda yang suka akan penggunaan software yang lengkap. Asrock adalah yang cocok untuk anda. 
  • Asrock berkerjasama dengan “Fatal1ty” Gamer terkenal membuat sebuah motherboard seri A88x Fatality gamer yang ditunjukan untuk gamer. Salah satu fitur yang disediakan adalah Killer LAN, Audio premium dan USB port khusus Mouse/keyboard gaming. 
  • Memiliki harga jual yang cukup terjangkau. 
  • Fokus ke chipset A58 dan A88


Biostar

biostar motherboard FM2 +

Biostar adalah pemain lama yang cukup terkenal di kancah motherboard. Biostar mengutamakan motherboard dengan harga yang terjangkau, kualitas baik serta untuk seri tertentu, Biostar mengutamakan kualitas Audio sebagai harga jual. Berikut fitur dan kelebihanya :

  • Memakai chip Audio kelas atas (Realteak ALC 8xx,9xx dan 11xx) untuk hampir semua prodak motherboardnya. Audio adalah nilai jual Biostar. Biostar juga memiliki seri HI-FI series untuk chipset A88x yang memakai costum audio bawaan yang membuat setara dengan sound card kelas premium. Cocok untuk seorang audiophile 
  • Memiliki harga cukup terjangkau 
  • Memakai komponen VRM modern untuk semua prodak 
  • Memakai semua chipset

Terakhir untuk harga. Anda bisa memakai referensi dari situs berikut (klik untuk mengunjungi):

Untuk sebagai harga dan juga anda bisa membeli online disana. Untuk anda yang tidak berbelanja disana dan terdapat perbedaan sekitaran 100 ribuan. Saya harap anda memaklumi dan , mengingat perbedaan harga adalah hal toko.

Semua motherboard dengan merk apapun adalah baik dan bagus. Namun belum tentu cocok untuk anda. Dengan adanya tulisan saya, saya harapkan anda bijak untuk memilih dan menggunakanya.

Note : Apabila anda yang ingin mencopas harap sertakan sumber. Terima kasih.    

Tags: AMD a10 Cara memilih motherboard AMD APU Merk Motherboard AMD Motherboard FM2+ Motherboard oke untuk AMD APU Motherboard yang cocok untuk AMD a10 A8 A6

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.