Cara Percepat Proses Startup dan Shutdown PC Desktop dan Laptop

Halo selamat datang di blog saya, berikut akan saya berikan petunjuk tentang Cara mempercepat Startup atau shutdown PC dan laptop dengan mudah.

Sering kali PC dan laptop yang anda gunakan ini seiring berjalanya waktu, keadaan PC dan laptop anda ini tidak seperti saat pertama kali anda beli baru. Dimana masalah baik kecil dan besar akan muncul. Salah satunya adalah masalah tentang startup atau menyalakan PC dan laptop yang lambat atau saat mematikan atau shutdown yang lambat.

Biasanya untuk masalah tersebut secara umum di sebabkan karena beberapa faktor yaitu :

1. Banyaknya Startup dan tugas terjadwal yang berjalan di saat pc anda di nyalakan.

2. Banyaknya file sampah/registry error yang ada di PC/laptop anda.

3. Hardisk anda terkena defragment dan butuh di defrag

4. terdapat banyaknya colokan USB dipakai dalam satu waktu.

Berikut solusi dari masalah diatas.

Sebelumnya disarankan anda mendownload Ccleaner terlebih dahulu Disini. Dan Defraggler Disini. Kedua aplikasi ini penting untuk cara yang saya utarakan. Dan instal.

1. Startup adalah suatu metode dimana membuat aplikasi tertentu berjalan otomatis baik itu secara background (tidak terlihat) maupun dengan cara terlihat. Terkadang aplikasi yang tidak penting seperti auto update dari aplikasi tertentu ikut-ikutan membuat startup yang membuat startup dan shutdown menjadi lambat.

cc cleaner start shutdown menyala matikan pc laptop lambat 1

Untuk memilah mana startup yang harus di utamakan. Anda bisa buka ccleaner tuju ke bagian peralatan >> klik dibagian Startup >> tuju ke tab windows. Anda akan melihat banyak startup yang ada disitu. Untuk startup yang menurut anda bukan bawaan system dan tidak penting seperti googleupdate anda bisa disable. Caranya tinggal tuju ke startup tersebut dan klik disable. Jikalau anda tidak mengetahui startup yang anda mau disable anda bisa browsing ke google atau bisa tanya kepada saya di kolom komentar. Akan saya telaaah.

cc cleaner start shutdown menyala matikan pc laptop lambat 2

Hampir mirip seperti startup “tugas terjadwal/task scheduler” adalah memiliki fungsi sama. Bedanya aplikasi hanya sekali saja PC di nyalakan. Anda bisa mengaturnya. Caranya cukup mudah anda tinggal buka menu peralatan >> klik dibagian Startup >> tuju ke tab tugas terjadwal. Sama seperti startup anda bisa googling atau bertanya kepada saya apabila ada yang tidak anda kenal.

2 . File sampah adalah file-file tidak penting yang biasanya di hasilkan dari aplikasi. untuk file sampah anda bisa kembali menggunakan aplikasi Cccleaner. Anda bisa tuju ke bagian pembersih. Anda klik analyze dan bersihkan.

cc cleaner start shutdown menyala matikan pc laptop lambat 3

Sedangkan untuk registry. Secara sederhana registryadalah jejak yang dihasilkan aplikasi. Berkat registry aplikasi bisa mengingat tugas tertentu tanpa perlu membuat tugas tersebut lagi. Namun kadang aplikasi tertentu menghasilkan jejak yang tidak terpakai yang sia-sia yang menghasilkan sampah membuat pc jadi lambat. Anda bisa menghapusnya dibagian “registry” anda klik analyze dan klik bersihkan

3. Data yang ada di hardisk sejatinya berbentuk asli berupa code-code yang tersimpan di hardisk. File macam music itu hanya shortcut. File asli berada di dalam hardisk berbentuk code yang kadang lokasinya berantakan tidak tertata jikalau dipakai dalam waktu lama, keadaan ini dinamakan defragment. Untuk cara merapihkanya dinamakan defrag. Caranya anda bisa lihat disini

4. Perangkat berbasis USB macam flashdisk ataupun modem ini menggangu proses start dan shutdown dikarenakan system harus menutup file dan data yang ada di perangkat tersebut saat shutdown dan karena kecepatan USB terbatas membuat hal itu pengaruh saat start dan shutdown. Jadi sebaiknya anda lepas segala perangkat berbasis port USB entah itu modem, cooler pad ataupun flashdisk.

Semoga dengan tips dari anda, PC atau laptop anda bisa menjadi lebih baik performanya seolah-olah memiliki PC terbaru.

Harap untuk menaruh link di sumber apabila anda ingin mengutip artikel ini di Blog/website anda terima kasih.

Tags: cara mempercepat mati dan hidup pc laptop shutdown matikan laptop pc lambat startup pc laptop lambat tips mempercepat laptop dan pc

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.