Cara memperkecil suara fan pc yang berisik

Jakarta : 27 september 2014

Sering kali kita sering mendengar suara bising layaknya pesawat kecil di PC kita. Itu dikarenakan biasanya berasal dari Fan casing. Berikut saya berikan info tentang Cara memperkecil suaran bising Fan Pc agar lebih hening.

fan casing 2

PC adalah benda yang tidak bisa dilepaskan bagi sebagian orang. Dikarenakan PC adalah alat utama untuk perkerjaan. Hampir setiap hari, kita memakai PC. PC layaknya benda elektronik biasa. PC akan mengalami masalah juga. Salah satu masalah tersebut yang umum saya temui adalah salah satunya suara berisik yang berasal dari pc. Ada yang bilang mirip suara mesin jahit, ada yang bilang mirip pesawat terbang dsb.

Rata-rata masalah bising tersebut berasal dari Fan aka kipas PC. Fan ini berkerja layaknya kipas biasa. Dimana terdapat “motor” di dalamnya yang berguna untuk menggerakan baling-baling dari fan tersebut. Seperti layaknya kipas yang ada di rumahan, Fan PC juga akan berdebu dan membuat putaran fan menjadi terhambat dan menghasilkan suara agak bising jadi harus di bersihkan. Disarankan setidaknya min setahun 3x untuk bersih-bersih fan PC.

Namun, ternyata hal itu tidak cukup untuk membuat bising dari PC menurun. Ini dikarenakan motor FAN yang kering. Mengingat, hampir sama seperti kipas. Jikalau motor dari FAN PC membutuhkan oli juga. Jadi setiap waktunya (min 1 tahun sekali) harus di olikan kembali agar mengurangi bising dan meningkatkan putaran Fan tersebut. Berikut tata caranya :

Siapkan bahan-bahan

chain-lube

Yang pertama adalah oli itu sendiri. Untuk oli yang disarankan adalah oli khusus untuk rantai motor bernama “chain lube” terserah merk apa saja. Alasanya dikarenakan oli tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Serta terpenting terdapat lebih banyak detergen (khusus oli) dibanding oli biasa. Membuat bisa membersihkan debu yang ada di “motor” fan. Siapkan juga obeng untuk melepas Fan.

Tata cara

Pertama lepaskan Fan casing dari casing. Untuk hal ini caranya cukup mudah. Anda gunakan obeng untuk melepaskan baut dari fan.

fan casing 2

Kedua  dibagian motor biasanya terdapat stiker dari brand Fan YBS anda lepaskan brand dari stiker fan tersebut.

fan casing

Ketiga setelah di lepas, akan terdapat sebuah jendolan kecil itu adalah bagian penompang dari motor FAN. Disinilah tempat bertumpu dari motor fan yang kadang membuat suara bising apabila kering. Anda bisa olikan di bagian tersebut. Harap jangan terlalu banyak. Cukup 2 tetes kecil saja.

fan casing 3

Ke empat setelah itu anda bisa tutup kembali stiker dari fan ini. apabila tidak bisa karena agak ketumpahan oli, anda bisa mengelapnya dan memberikan lem kertas ke stiker tadi agar bisa menempel kembali.

Setelah itu anda coba. Insya Allah suara fan akan lebih hening dan putaran kipas akan lebih kencang.

Tutorial diatas juga bisa di terapkan pada Fan yang ada pada HSF (pendingin processor) atau HSF VGA (pendingin grapich card) namun itu agak beresiko. Lakukan dengan resiko anda sendiri…

Semoga membantu. Apabila ada yang ingin mencopas harap sertakan link sumber. Terima kasih..

 

Tags: cara membuat PC lebih hening cara memeberi oli fan PC cara memeperkecil suara fan

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.