Categories: Review

Cara mendefrag Hardisk dengan baik dan benar

Hardisk adalah media penyimpanan/storage yang kita gunakan baik di laptop maupun PC sehari-hari. Sama hanya seperti barang lainya. HDD butuh perawatan. Salah satunya adalah mendefrag hardisk.

Apa itu  defrag hardisk ??

Secara sederhana saat kita menggunakan hardisk harian sering ada process copy, hapus, delete dsb yang dimana kadang membuat isi hardisk menjadi teracak atau defragment. Isi HDD disini adalah code-code yang  ada  di hardisk. Dimana sejatinya file macam lagu-video itu sebenarnya adalah shortcut saja dimana bentuk realnya  adalah semacam code-code nah dengan defrag adalah metode untuk membenahi file yang defragment tersebut. Tujuannya agar pc terasa lebih baik performanya. Kadang kalau di biarkan bisa buat pc jadi melambat performanya.

Bagaimana caranya ??

Mungkin banyak pengguna komputer yang sudah tahu caranya. Ya tinggal download software buat  defrag dan klik defrag dan tunggu sampai selesai. Itu benar, tapi kurang  tepat. Cara yang benar adalah seperti ini :

Related Post
  1. Download aplikasi Defraggler dulu (aplikasi defrag direkomendasikan oleh saya) disini
  2. Klik analisa/analyze dan tunggu sampai analisis selesai. Dan lihat dibagian kolom fragmentasi/fragment berapa persen ?? kalau di atas 10 %  langsung klik defragment, Namun andai hasilnya tidak 10% biarkan saja sampai suatu saat anda ulangi lagi dan sudah 10 % keatas barulah di defragment

  3. Saat proses defrag usahakan jangan ada aplikasi yang run dan jangan sampai saat defrag ada kasus mati lampu karena bisa merusak disk. Anda bisa tunggu atau tinggal tidur juga boleh. Soalnya memakan waktu yang tidak sedikit tergantung dari ukuran HDD nya.

Cara diatas adalah cara yang benar dari para ahli/teknisi PC. Kadang ada yang kesering defrag/tidak pada waktunya malah buat pc jadi lambat. Kadang ada yang kelamaan defrag/tidak sama sekali. Metode menganalisa dulu sebelum mendefrag itu adalah yang benar. Kapasitas defragment 10 % ini adalah standar dari teknisi PC.

Demikian semoga membantu.

Catatan : tutorial diatas saya buat dengan tangan saya sendiri, apabila ingin copas/mengutip harap sertakan link artikel ini sebagai sumber.

This post was last modified on 21/10/2019 00:51

Disqus Comments Loading...