Cara mengaktifkan Fungsi Tombol FN di laptop lenovo

Jakarta : 19 Juni 2014

Apakah anda pengguna laptop lenovo. apakah anda menemukan Fungsi tombol FN tidak bisa berfungsi di laptop anda ?? sekarang saya akan berikan sedikit tata cara untuk mengaktifkan Fungsi tombol FN di laptop Lenovo

Seperti yang kita ketahui bersama, tombol FN adalah tombol yang berada di laptop jaman sekarang. Merupakan sebuah tombol yang hampir mirip kerjanya dengan tombol Shift. Yakni untuk mengaktifkan shorcut dari tombol laptop. Shorcut dari laptop yang dimaksud, memiliki banyak fungsi diantaranya adalah pengaturan Brightness, pengaturan multi monitor, pengaturan multitask dsb.

Dengan memakai fungsi tombol FN ini, kita bisa memanfaatkan banyak fungsi, tanpa harus menambahkan keyboard. Secara default untuk beberapa laptop, sudah ada yang langsung aktif. Namun ada beberapa laptop yang harus di aktifkan fungsi tombol FN secara manual. Salah satunya adalah laptop lenovo G series.

wpid-dsc_0059.jpg

Caranya cukup mudah sekali, pertama anda nyalakan laptop setelah itu, anda harus masuk ke dalam menu BIOS. Caranya anda bisa mengklik tombol FN+F2 setelah itu, anda masuk ke menu “Configuration” dan anda tuju ke menu Hotkey mode. Anda ubah dari “enable” menjadi “disable” setelah itu, masuk ke menu Exit. Anda pilih Save dan Exit. Setelah itu, anda bisa langsung memakai fungsi tombol FN yang ada di laptop anda.

wpid-fn-button-monitor.jpg

Sebagai contoh di gambar diatas ini, adalah posisi untuk mengubah posisi monitor saat terhubung ke layar proyektor. Agar layar laptop mati dan memakai output layar proyektor saja untuk tampilanya.

Ada banyak lagi fungsi FN yang tidak bisa saya jelaskan. Ini tergantung dari laptop yang digunakan. Cara diatas untuk laptop Lenovo saja. Laptop lain mungkin hampir mirip menunya, namun harap hati-hati untuk laptop lain. Jangan sampai asal pilih menu Bios.

NB : untuk beberapa laptop lenovo, di wajibkan menginstalkan aplikasi lenovo management terlebih dahulu, software ini berguna sebagai penghemat batterai namun, software ini juga berguna sebagai penampil UI sederhana untuk FN. anda bisa mendownloadnya di link dibawah :

Windows 7 32/64 bit : http://support.lenovo.com/us/en/downloads/ds030145

windows 8 32/64 bit : http://support.lenovo.com/us/en/downloads/ds030850

Sekian info dari saya, semoga bermanfaat bagi semuanya.

Tags: cara aktifkan tombol FN notebook lenovo Tombol FN tombol FN lenovo

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Satria Iswanda3 months agoReply

    thanks gan it works!

  2. author

    wawan3 years agoReply

    saya sudah ikut cara diatas tp koq ndak aktif tombol fn nya

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)