Categories: Other

Smartphone Android Sering Restart Sendiri? Berikut Cara Perbaikinya

Smartphone android sering restart sendiri ?? berikut Cara mengatasi Smartphone android sering restart sendirinya.

Smartphone android adalah smartphone yang paling terbanyak terjual di dunia. Baik dalam negeri maupun luar negeri smartphone ini menjadi primadona dibandingkan dengan smartphone berbasis platform lainnya. Harga yang beragam, Brand yang melimpah serta dukungan open source dan Free source yang melimpah dari Google membuat smartphone ini menjadi primadona baik user dan developer. Namun sama seperti barang elektronik lainya. Smartphone android ini terkadang menemui masalah. Salah satunya adalah sering terjadi restart mendadak secara tiba-tiba. Berikut saya mencoba membantu tentang bagaimana cara memfixnya.

1. Operasi sistem Android akan me restart perangkat dikarenakan ram yang digunakan minim

Smartphone anda memiliki operasi sistem berbasis android, OS ini sejatinya membutuhkan minimal 100 free space ram agar bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan baik. Namun terkadang aplikasi pihak ketiga melebihi kapasitas free space ram yang digunakan pengguna. Mengingat tidak seperti PC berbasis os windows dimana saat anda menutup aplikasi maka sudah aplikasi itu bakal mati. Namun di android saat menutup anda sejatinya “men hide” aplikasi itu masih memakan memory ram.

Memang android memakai metode close automatis. Jadinya akan menutup paksa aplikasi yang berjalan di latar belakang apabila sudah tidak di gunakan sampai lama. Namun kadang cara ini kurang effektif smartphone kadang menemui kekurangan ram sampai akhirnya OS terpaksa me restart perangkat agar bisa merefresh system. Untuk mencegah restart mendadak tersebut. Disarankan anda mendownload aplikasi Clean master. Anda bisa mendownloadnya di google play. Clean master memiliki fitur berupa widget bernama 1 click tap boost. Anda bisa men tap nya di home screen anda jikalau anda habis membuka aplikasi banyak/multitask sekaligus agar clean master bisa memperbesar free space ram. Insya Allah akan mencegah restart.

2. jikalau cara diatas tidak bisa dan terjadi di aplikasi itu-itu aja…

Related Post

Maka bisa dipastikan, aplikasi yang digunakan terdapat Bug atau error tertentu yang tidak di ketahui oleh vendor aplikasi tersebut. Maka anda bisa melaporkan ke pihak pembuat aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah. Anda bisa masuk ke google play store tuju ke aplikasi ybs yang dipercaya buat restart terus. Scroll ke bawah biasanya ada alamat email tercantum disana. Anda bisa kirimkan keluhan anda disana insya Allah akan dijawab dan di fix segera mungkin.

3. Khusus untuk Smartphone sony matikan feature Stamina mode

Stamina mode adalah salah satu fitur yang dimana sebagai penghemat baterai . Fitur ini akan bekerja  menghapus segala aplikasi yang idle yang jarang dipakai di latar belakang saat layar mati. Serta mematikan wi-fi dan internet pengguna saat layar mati dan mengaktifkan kembali saat layar kembali di nyalakan. (tanpa mematikan download dan upload) memang sekilas cara ini berhasil menghemat baterai menurut test. Namun fitur ini di sony xperia E1 yang admin miliki memiliki Bug yang buat perangkat restart mendadak tanpa ada sebab. Maka dari itu anda bisa mendisablenya dengan cara buka pengaturan >> hemat daya >> matikan mode stamina.

Sebagai gantinya anda bisa menggunakan Clean master. Selain memakai cara nomor 1 (men tap 1 click boost untuk mengurangi penggunaan ram sewaktu-waktu) anda juga bisa mengaktifkan fitur “kill taks at Screen Off” dan mendisable segala fitur yang ada di pengaturan selain pengaturan itu (dengan alasan efisiensi agar mencegah gagal menyala saat fitur itu di aktifkan). Fungsinya sama seperti mode stamina. Namun lebih minim Bug. Dan menurut pengetesan saya, dibandingkan mode stamina hanya beda 1-2 jam lebih sedikit dibandingkan mode stamina. Ini lebih baik dibandingkan restart selalu.

Sekian semoga bermanfaat. Apabila ada yang mau share harap sertakan sumber atau bisa gunakan icon yang tersedia.

This post was last modified on 23/10/2019 00:08

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...