Categories: Hardware

Cara Mengetahui Batas Suhu Maksimal Dari Vga Card (Versi NVIDIA GeForce)

Cara Mengetahui Batas Suhu Maksimal Dari Vga Card (Versi NVIDIA GeForce)

Pada saat mengikuti forum komputer admin sering kali menjumpai pengguna vga card yang bertanya, 

“Apakah vga card saya GT 1030 dengan suhu 70C tergolong panas, kalau panas saya ingin lakukan thermal paste?”

Apabila  dilihat dari pertanyaan secara singkatnya si penanya sedang mencari informasi tentang batas suhu maksimal vga card yang disarankan, namun tidak mengetahui berapa sih batas suhu maksimalnya serta batas aman untuk aktivitas harian ini seberapa. Pada kesempatan kali ini admin akan buatkan tutorial singkat tentang cara mengetahui batas suhu maksimal dari vga card NVIDIA GeForce (AMD akan dibuat secara terpisah karena parameternya berbeda). 

Langkah Pertama: Install aplikasi GPU-Z, 3DMark (pastikan FireStrike sudah terinstall) dan siapkan game yang anda rasa paling berat dan grafis tinggi yang ada di game anda. 

Langkah Kedua: Buka aplikasi GPU-Z sekarang tuju ke tab “advanced” terdapat pilihan menu drop-down pilih “general” anda scroll ke bawah, fokuskan ke bagian thermal limit terdapat beberapa informasi yang bisa anda catat, berikut penjelasanya: 

Related Post
  1. Current: Yang dimaksud “current” disini bukan suhu yang ada saat ini, melainkan “batas suhu” yang ditetapkan oleh vendor vga card maupun laptop (untuk vga card kelas mobile), apabila suhu vga card anda melebihi suhu yang ditetapkan pada nilai “current” tersebut maka anda akan menemukan GPU Clock anda throttling mengakibatkan penurunan suhu.  
  2. Minimum: Batas suhu aman umumnya apabila vga card mempunyai fitur 0db tech, kipas vga card akan non-aktif disaat berada di rentang suhu ini. 
  3. Maximum: Suhu maksimal yang diizinkan oleh NVIDIA, umumnya vendor terutama vga card mobile (laptop) hadirkan perbedaan cukup jauh dari suhu current hal ini dikarenakan walaupun GPU yang dihadirkan tahan suhu tinggi namun komponen yang lain sebut saja VRM tidak tahan dengan suhu tinggi. 
  4. Adjustment Range: Opsi untuk menambahkan atau kurangi suhu “current” dari yang ditetapkan oleh vendor, sayangnya tidak semua vendor mengizinkan untuk mengubah thermal limit terutama untuk laptop.  

Langkah Ketiga: Lakukan benchmark menggunakan 3DMark FireStrike tadi dan juga games yang sebelumnya sudah disiapkan. 

Langkah Keempat: Lakukan pencocokan data suhu rata-rata saat pengujian keduanya dengan nilai suhu “current” yang ada pada GPU-Z sebelumnya, apabila masih jauh dari nilai “current” maka anda tidak perlu melakukan re-paste atau hal lain-lainnya karena vga akan bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. 

Namun apabila anda menemukan vga card anda sudah mulai menyentuh suhu “current” atau mungkin sudah melewatinya, barulah anda perlu khawatir karena vga card yang anda akan menjumpai gejala throttling yakni GPU Clock yang menurun drastis saat dalam keadaan full load sekalipun. Terdapat banyak solusi untuk hal ini diantaranya: 

  • Bersihkan pendingin vga card dan ganti thermal paste. 
  • Undervolting. 
  • Menaikan nilai “thermal limit” dalam hal ini adalah nilai “current” ke “maximal”. 

Untuk menaikan “thermal limit” anda bisa menggunakan fitur “performance” yang hadir pada Geforce Experience versi 3.22 BETA dengan menggeser opsi “temperature target” ke lebih tinggi, untuk mendapatkan versi BETA anda bisa aktifkan opsi “experimental feature” pada Geforce Experience. Sedikit peringatan menaikan “thermal limit” agak sedikit berbahaya dikarenakan tidak semua komponen vga card memiliki daya tahan suhu tinggi yang sama dengan GPU, harap lakukan dengan hati-hati, admin pribadi menyarankan lakukan bersihkan pendingin dan ganti thermal paste terlebih dahulu.  

 

This post was last modified on 11/04/2021 15:58

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...
Published by
Sutama Tamasu