Categories: Tips & Trick

Cara Mengetahui Kecepatan RAM Komputer Baik Itu PC Desktop Maupun Laptop

Cara Mengetahui Kecepatan RAM Komputer Baik Itu PC Desktop Maupun Laptop

RAM merupakan komponen yang penting untuk komputer termasuk didalamnya PC Desktop maupun Laptop, RAM bekerja sebagai “memori sementera” dari otak komputer yakni processor. Terkadang pengguna komputer mengalami kesulitan saat membeli RAM baru untuk upgrade PC desktop maupun laptop dikarenakan tidak mengetahui kecepatan RAM yang ada sekarang, pada artikel ini akan saya jelaskan caranya.

Cara Mengetahui Kecepatan RAM Yang Digunakan Saat Ini

Gambar 1: Contoh Tampilan CPU-Z Berisikan Informasi RAM yang Digunakan. (klik untuk perbesar)

 

Processor komputer sebenarnya sudah ada fitur bernama Flex Memory sehingga apabila pengguna ingin upgrade RAM dan pengguna tersebut tidak memasang RAM dengan kecepatan yang sama maka fitur tersebut akan menyamakan kecepatan memory baru dengan kecepatan RAM  sebelumnya (Misal sebelumnya 4GB  DDR4 2400 Mhz dan dipasang lagi 4GB DDR4 2666 Mhz nanti saat dinyalakan total kecepatan RAM menjadi DDR4 2400 Mhz). Walaupun agak jarang, namun tidak sedikit juga yang mengalami masalah karena beda kecepatan tersebut, jadi sebaiknya saat upgrade lebih aman untuk membeli RAM dengan spesifikasi yang semirip mungkin berikut cara membacanya:

Gambar 2: Tabel Informasi Spesifikasi RAM (klik untuk perbesar)

Langkah pertama anda download CPU-Z (Disini: https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html,) langkah kedua anda silahkan tuju ke bagian tab SPD, anda bisa lihat pada (Gambar 1) sudah saya kasih kotak-kotak anda fokuskan kesana berikut arti masing-masing:

  • Slot #1: Walaupun berjudul slot bukan berarti untuk melihat berapa slot memory tersedia yang ada di perangkat, melainkan hanya untuk melihat berapa keping RAM yang terpasang, Khusus untuk laptop untuk melihat berapa slot memory tersedia silahkan hubungi customer service vendor laptop anda.
  • DDR4: DDR singkatan dari Double Data Rata merupakan jenis memory komputer PC Desktop dan laptop, angka empat menandakan generasi yakni generasi ke-empat.
  • Max-Bandwidth: Memory Frequency dari RAM yang anda gunakan secara singkatnya inilah kecepatan RAM yang anda harus beli nantinya, jadi jika digabungkan dengan generasi seperti contoh admin akan menjadi DDR4 2666 Mhz, admin kasih huruf tebal agar jadikan ini patokan utama untuk dicatat. Terdapat tanda kurung disitu 1333 Mhz adalah kecepatan real per jalur memory karena jenisnya DDR (Double) maka totalnya akan dikali dua 2666 Mhz tapi angka real ini tidak perlu dicatat di nota pembelian anda.
  • Module Manufacturer:Nama  vendor yang memproduksi RAM untuk yang saya gunakan adalah A-DATA Technology.
  • DRAM Manufacturer: Nama vendor DRAM, DRAM adalah nama chip memory yang digunakan pada RAM komputer.
  • Part Number: Nama part RAM tidak terlalu penting biasanya vendor kosongkan.
  • Serial Number: Nomor serial number, seperti pada umumnya digunakan untuk garansi tidak perlu dicatat.
  • Module Size: Ukuran per keping RAM, dalam contoh admin adalah 4GB .
  • Rank: Rank sebutan untuk formasi dari chip memory, RAM kelas value umumnya memiliki single rank saja ini bisa dilihat dari formasi chip memory yang hanya ada sebelah sisi, kelas high-end hadirkan dua sisi. RAM dual rank hadirkan performa yang lebih baik dibandingkan single rank, apabila RAM sebelumnya single rank namun anda tidak bisa mendapatkan RAM dual rank, maka bisa dikombinasikan dengan ram single rank akan mendapatkan keuntungan sama.
  • Week/Years: Tahun produksi.
  • Voltase (kotak kedua): Bagi anda pengguna  PC Desktop tidaklah terlalu penting, namun bagi laptop harap perhatikan (Gambar 2), hal ini dikarenakan terdapat laptop yang gagal booting saat menggunakan RAM dengan dua voltase berbeda.
  • Timing Table (optional): Hanya digunakan apabila anda ingin overclock RAM yang anda gunakan saja pastikan memiliki timming sama (desktop)

Kesimpulanya misal untuk kasus saya harus mencari RAM DDR4 4GB dengan kecepatan 2666 Mhz dan voltase 1.2v (optional untuk desktop) dengan merk ADATA (optional bisa menggunakan merk lain dengan spek sama).

Catatan: Tab  “Memory” pada CPU-Z digunakan untuk mengetahui memory clock real-time hanya untuk kegiatan tertentu seperti overclock, bukan melihat spesifikasi dari RAM yang digunakan.

Cara Mengetahui Kecepatan RAM Yang Akan Digunakan 

Related Post

Gambar 3: Contoh RAM PC Desktop Berukuran 4GB Sumber: Vgen (klik untuk perbesar)

Tertulis 19200 adalah standar memory bandwidth total dari RAM tersebut yang sudah dihitung dengan lain-lain, menandakan kecepatan 2400 Mhz.

Berikut list: 

  • PC3 (DDR3):  DDR3-800 (PC3-6400) · DDR3-1066 (PC3-8500) · DDR3-1333 (PC3-10600) · DDR3-1600 (PC3-12800) · DDR3-1866 (PC3-14900) · DDR3-2133 (PC3-17000).
  • PC 4 (DDR4) : PC4-21300 (2666Mhz) – PC4-22400 (28000Mhz) PC4-19200 (2400Mhz) – PC4-24000 (3000MHz) – PC4-17000 (2133 MHZ) – PC4-25600 (3200MHz) – PC4-26400 (3300MHz).

Gambar 4: Contoh RAM Laptop Info Lebih Lengkap Sumber: ADATA (klik untuk perbesar)

Berikut penjelasan beberapa huruf dan angka yang ada di stiker RAM:

  • DDR3L: Berbasis DDR3L menandakan low voltage.
  • 8GB: Ukuran RAM 8GB.
  • 2Rx8: Dual Rank dengan formasi 8 chip DRAM persisi.
  • PC3L: Memory Bandwidth = 12800Mhz.
  • CL11: Memiliki Memory Timing (las latency) dengan nilai 11.

Single Channel vs Dual Channel

Gambar 5: Gambaran Sederhana Single vs Dual channel Sumber: Linustechtips 

Kebingungan pengguna yang awam akan sIngle dan dual channel masih ada sampai sekarang, sebenarnya  tidaklah sulit anda bisa lihat pada (gambar 5) pada samping kanan ada gambar processor dan samping kiri adalah RAM. Sesuai namanya processor kelas konsumer hadirkan dua buah jalur untuk berkomunikasi dengan masing-masing slot RAM (1 jalur = 2 slot RAM).

Jadi apabila anda ingin aktif dual channel memory pastikan anda menggunakan sepasang memory yang digunakan pada full dua slot (apabila motherboard hanya sediakan dua slot) dan pasang selang-seling misal A2 dan B2 (apabila motherboard anda menyediakan empat slot). 

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Apabila anda ingin mengutip artikel saya harap sertakan sumber. 

This post was last modified on 17/02/2021 17:11

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...