Cara tahu info penggunaan ram dan processor suatu aplikasi di komputer

Jakarta : 30 Juni 2014

Saya sebagai admin sutamatamasu akan memberikan sedikit Tips tentang Cara mengetahui penggunaan ram dan processor suatu aplikasi dengan baik dan benar.

Sebelumnya mungkin dari anda sering memakai sebuah aplikasi bawaan windows yang bernama task manager. Task manager seperti yang banyak dari anda ketahui adalah sebuah Aplikasi yang bisa dipakai untuk trobleshooting dimana kita bisa mengetahui aplikasi apa yang memakan resource system besar. Namun, sering kali banyak oran yang salah kaprah tentang penggunaan task manager ini.

Seperti contoh dalam kasus dimana user ingin memgetahui jumlah penggunaan Memory (RAM) serta CPU resource (penggunaan processor) dari aplikasi katakan video player. Banyak saya temukan di forum/Grup, user tersebut langsung menggunakan Task manager, namun user tersebut hanya memakai fungsi yang ada di tab performance, seperti yang ada di gambar di bawah ini :

task manager 3
apa yang user lakukan ini sebenarnya adalah salah. Kenapa salah ?? dikarenakan fungsi task manager untuk dibagian tab performance ini merujuk kepada suatu system secara keseluruhan. Untuk mengetahui jumlah CPU resource dan Memory (ram) yang benar adalah dengan meruju kepada tab bagian process. Setelah itu, anda bisa langsung merujuk kepada aplikasi yang dimaksud. Maka akan ketahuan berapa jumlah memory serta CPU resource. Sebagai contoh bisa dilihat di gambar berikut

 cara memakai task manager dengan benar

Seperti yang anda lihat. Aplikasi MPC aslinya hanya memakai CPU resource sebesar 4-6 % dengan memory (Ram) sebesar 38 MB. Jikalau  anda memakai cara yang salah seperti sebelumnya, anda akan mendapatkan aplikasi tersebut Load sebesar 14 % dengan pemakaian memory sebesar 1 GB.

Karena kesalahan tersebut juga, membuat beberapa pengguna awam yang menemukan systemnya mengalami full load CPU dan pemakaian Memoy (ram) berlebih, selalu menyalahi itu kesalahan virus. Padahal tidak selalu virus penyebabnya, apabila memakai cara saya diatas akan ketahuan aplikasi apa yang menjadi penyebab hal tersebut. Soalnya, kadang ada aplikasi tertentu yang berjalan di latar belakang yang kadang memakan memory dan CPU resource yang cukup lumayan. Sebut saja, beberapa diantaranya aplikasi Utilities dan Antivirus kadang memakan CPU resource dan Memory yang cukup besar.

Saya harap anda bisa memakai task manager dengan bijak.

(Note : tulisan ini, saya buat secara pribadi. Harap sertakan sumber  apabila ingin copas)

Tags: CPU resource task manager

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.