China Buat Kebijakan – Gunakan Chip Buatan China atau Bayar Pajak 400%

China Buat Kebijakan – Gunakan Chip Buatan China atau Bayar Pajak 400%

Situasi yang memanas antara konflik Taiwan dan Tiongkok  yang dikarenakan buntut dari kunjungan ketua DPR dari Amerika Serikat akhir-akhir ini membuat perhatian banyak pihak karena akan berdampak secara tidak langsung  ke sektor lain, salah satunya adalah rencana pemerintah Tiongkok yang mewajibkan setiap ponsel yang dirilis di Tiongkok untuk menggunakan chip buatan lokal andai dilanggar maka perusahaan berkewajiban membayar pajak sebesar 400% dari biasanya.

Seperti yang kami lansir dari Gizchina,  berdasarkan interview yang dilakukan media  kepada profesor Mindu Scholars dari Minjiang University mengatakan 30% smartphone di China (yang  merupakan brand luar negeri-Red)  diwajibkan menggunakan  chip buatan lokal, apabila menolak maka berkewajiban untuk membayar pajak sebesar 400% dari  biasanya, hal ini dikarenakan untuk meningkatkan pangsa pasar chip produksi lokal yang berdampak ke meningkatnya investasi di bidang tersebut.

Topik ini sedang hangat-hangat dibahas oleh netizen khususnya pemerhati teknologi, ada yang sebagian tidak mempermasalahkan hal ini karena berdampak dan sebagian lagi khawatir akan dampak ke performa smartphone yang dirilis di pasar Tiongkok, hal ini dikarenakan perkembangan produksi chipset dari brand lokal TIongkok tertinggal jauh dibandingkan dengan negara tetangga Taiwan yang memiliki TSMC sebagai produsen nomor  1 yang sudah  memproduksi chip fabrikasi 4nm  sedangkan produksi perusahaan lokal Tiongkok SMIC hanya bisa produksi chip fabrikasi 14nm  dan sedang proses pengembangan  fabrikasi 7nm.

Sumber: Gizchina

Tags: chip buatan tingkok Chip made in china

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.