Categories: Tips & Trick

Ciri-Ciri Serta Tips Memilih SSD Yang Bagus Untuk Komputer PC dan Laptop

Ciri-Ciri Serta Tips Memilih SSD Yang Bagus Untuk Komputer PC dan Laptop

SSD (Solid State Drive) merupakan media penyimpanan yang hadir sebagai alternatif dari hardisk yang ada pada komputer pribadi (PC) maupun laptop, SSD memiliki kelebihan dalam hal kemampuan baca tulis yang jauh lebih cepat dengan lebih hening dibandingkan hardisk. Berkat kelebihan ini SSD sering dijadikan pilihan utama bagi pengguna komputer untuk menjadikannya drive utama untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari sekedar tempat install operasi sistem (Windows/Linux) maupun digunakan untuk games dan pekerjaan editing. 

Tanpa panjang lebar kali ini admin akan memberikan tips cara memilih SSD yang bagus termasuk apa saja sih ciri-ciri SSD yang bagus itu, silahkan baca selengkapnya dibawah ini: 

1. Pastikan SSD Yang Hendak Anda Beli Sesuai Dengan PC atau Laptop Anda

Dari Kiri Ke Kanan (2,5 inch, mSATA, M.2 M&B-Key (PCIe x2), M.2 M-Key (PCIe x4)) Sumber: PCWorld

SSD bagus akan tidak berguna jika tidak compatible dengan perangkat komputer anda, jadi pastikan SSD yang anda beli sesuai dengan persyaratan vendor PC dan Laptop, SSD untuk komputer pribadi dibagi menjadi dua jenis: 

  • 2,5 inch : SSD jenis ini ini masih digunakan saat ini baik di PC desktop maupun laptop, bagi anda yang punya casing PC desktop yang hanya support drive 3,5 inch anda bisa menggunakan alat bernama “HDD Bracket 2,5 inch” bisa didapatkan di toko online/offline terdekat. 
  • mSATA (mini SATA) : SSD ini hadir umumnya pada laptop yang agak lawas (2011-2015) memakai konektor khusus seperti yang ada di gambar 2 diatas, sesuai namanya jalur koneksi yang digunakan adalah SATA dengan kecepatan yang sama dengan 2,5 inch (6 GB/s). 
  • M.2 : Karena mSATA tidak berumur lama muncul standar baru digantikan dengan slot M.2  yang mendukung dua jenis SSD M.2 yakni : M.2 NVMe dan M.2 SATA. SSD M.2 SATA memiliki kecepatan sama dengan SSD mSATA maupun 2,5 inch (Max 6GB/s) dikarenakan masih menggunakan jalur koneksi SATA, sedangkan SSD M.2 NVMe jauh lebih cepat dikarenakan menggunakan jalur koneksi PCIe. Terdapat dua jenis konektor M.2 yakni M.2 Type M & B Key yang mendukung kecepatan PCIe x2 serta M.2 Type M Key yang mendukung kecepatan PCIe x4 yang lebih cepat. Keduanya sama-sama mendukung baik SSD M.2 NVME maupun SSD M.2 SATA, walaupun begitu umumnya vendor SSD lebih umum menggunakan konektor M.2 Type M & B key untuk SSD SATA dikarenakan kecepatan PCIe x2 sudah cukup untuk SSD SATA 6GB/s 

2. Memiliki After Sales Yang Baik

SSD sama seperti perangkat elektronik lainnya memiliki distributor resmi, pastikan SSD yang anda beli distributornya jelas siapa dan memiliki after sales yang bagus sehingga memudahkan anda ketika saat ada masalah. Sebagian besar vendor memberikan garansi 3 tahun untuk SSD 2,5 inch SATA dan 3-5 tahun untuk SSD dengan konektor M.2 

3. Bagian Body Casing SSD Tidak Boleh Terbuat Dari Plastik 

 

Related Post

Bagi anda yang ingin membeli SSD 2,5 inch pastikan bagian body casing yang digunakan tidak terbuat dari plastik minimal terbuat dari alumunium atau sejenisnya, karena sifat body casing dari SSD ini tidak hanya sekedar pembungkus saja namun juga sebagai pendingin dari komponen yang ada di dalam SSD itu sendiri. Penggunaan bahan plastik bisa membuat panas yang keluar dari komponen terperangkap di dalam lama kelamaan membuat suhu tinggi dan membuat umur SSD lebih pendek berbeda dengan alumunium yang bersifat menghantarkan panas sehingga hal itu bisa dihindari. 

4. SSD M.2 Juga Harus Dingin Dengan Heatsink (Optional) 

SSD M.2 baik itu berbasis SATA maupun NVMe juga disarankan tetap dingin, apalagi posisi SSD jenis ini lebih rentan mengalami suhu tinggi karena posisi yang terkena sedikit sirkulasi udara casing, jadi sangat disarankan untuk membeli SSD M.2 yang sudah dilengkapi heatsink seperti di atas. Tapi apabila SSD M.2 yang sedang anda incar tidak ada heatsink tidak masalah karena banyak bertebaran heatsink SSD M.2 di toko online.

5.  Mempunyai Software Pendukung Sendiri 

SSD bisa bekerja tanpa butuh driver atau perangkat lunak khusus, namun terkadang saya menemukan kasus dimana banyak orang yang cek suhu SSD mereka di aplikasi yang diperuntukan untuk hardisk  seperti HDD Sentinel misalnya dan menemukan suhu SSD mereka sangat tinggi tidak seharusnya, untuk mencegah hal ini terjadi sebenarnya sebagian besar vendor SSD sudah menyiapkan software tambahan yang bisa anda install sebagai contoh adalah Adata SSD Toolbox di atas. 

Software ini bisa membaca suhu SSD lebih akurat dengan dilengkapi fitur tambahan seperti mengetahui berapa kecepatan SSD, berapa banyak data yang telah di baca dan tulis, secure erase, contact support dsb 

Sekian informasi dari saya, apabila ada yang ingin mengutip artikel harap sertakan sumber. 

 

This post was last modified on 13/03/2020 17:02

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...