CPUID Luncurkan CPU-Z versi 1.8.5 Mendukung Pembacaan Versi AMD NAGESA

CPU-Z aplikasi untuk melihat informasi diberitakan rilis CPU-Z versi 1.8.5 Mendukung Pembacaan Versi AMD NAGESA

CPUID adalah perusahaan terkenal dibalik software andalanya yakni CPU-Z untuk hadirkan informasi lengkap tentang komponen PC terutama processor dan HWmonitor software untuk deteksi suhu, dikabarkan telah merilis CPU-Z versi 1.85 terbaru, hadirkan dukungan beberapa perubahan seperti: 

  • Deteksi Clock Speed lebih cepat dengan refresh rate yang ditingkatkan. 
  • Memperbaiki bug “error 577” saat memulai aplikasi pada beberapa sistem dengan OS Windows XP dan Windows 7. 
  • Hadirkan dukungan pembacaan versi AMD AGESA yang berada di tab Mainboard >> BIOS 

Mendukung Pembacaan AMD AGESA

AGESA (AMD Generic Encapsulated Software Architecture)  adalah sebutan untuk modul firmware dari AMD yang berisikan berbagai macam tools dan library yang dipakai oleh para vendor Motherboard dalam hadirkan update BIOS mereka, biasanya update BIOS dengan AGESA terbaru, hadirkan beberapa pembaharuan yang umumnya mencangkup: 

  • Hadirkan dukungan processor baru untuk socket yang masih disupport. 
  • Memperbaiki bug pada skala processor, seperti TLB Bug. 
  • Hadirkan dukungan perangkat baru (Contoh: Dukungan Memory Clock pada Ram lebih tinggi). 
  • Improve pada beberapa aplikasi atau game. 

Dahulu, AMD AGESA hanya diketahui oleh para antusias, namun dengan hadirnya Ryzen dikarenakan processor ini hadir dengan arsitektur baru, maka dibutuhkanlah dukungan update BIOS terbaru secara berkala, karena akan mendapatkan performa yang terbaik dan membuat Ryzen lebih matang, CPUID melihat potensi ini dengan menghadirkan fungsi untuk check versi AGESA. 

Tampilan AGESA di tab “Mainboard”

Untuk cara mencheck anda bisa tuju ke bagian tab “Mainboard” di versi terbaru dan tuju ke bagian BIOS, versi AGESA hadir pada bagian kolom “Version”. 

Admin akan jelaskan sedikit cara membaca dari versi AGESA ini, sebagai berikut: 

  • Merah : Versi BIOS, berbeda terkadang antar vendor motherboard  
  • Hijau Tua : Versi Processor terakhir yang disupport BIOS untuk Motherboard yg kamu pakai, contoh pada gambar diatas adalah “AMD Carrizo” untuk FM2+ dan yang dibawah adalah “Raven Ridge” untuk AM4 (yg menandakan motherboard dengan contoh Socket AM4 diatas, butuh update BIOS terbaru untuk Ryzen 2000 “Pinnacle Ridge”. Andai sudah diupdate untuk mendukung Pinnacle Ridge (Ryzen 2000 CPU), maka akan bertuliskan PinnaclePI ).
  • Orange: Socket yang digunakan. 
  • Hijau Muda : Versi AMD AGESA. 

Dengan mengetahui versi AMD AGESA, diharapkan bisa membantu dalam pengguna untuk menupdate BIOS yang dipakai, sebagai contoh untuk pengguna Raven Ridge, akan ada update AGESA 1.0.0.2 untuk hadirkan improve game terkenal PUBG dan game online lainya. 

SILAHKAN DOWNLOAD DENGAN KLIK ICON BERIKUT

Tags: AMD Agesa AMD NAGESA

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.