Dampak Menggunakan Power Supply Buruk untuk Komputer Anda

Jakarta : 9 Desember 2017

Apakah kamu ingin upgrade PC atau beli komputer baru? Berikut info Dampak Menggunakan Power Supply Buruk untuk Komputer/PC Anda 

Power Supply sering kali terlupakan oleh pengguna, terkadang pengguna hanya memakai power supply bawaan casing saja, padahal rata-rata power supply bawaan casing tidak memiliki pure power, komponen yang baik dsb yang tidak baik untuk PC.

Memahami Cara Kerja Power Supply

Power Supply memiliki fungsi yakni mengubah listrik besar AC (PLN) 200-240V menjadi listrik kecil yakni +3.3V, +5V, +12V yang akan digunakan oleh komponen yang ada pada PC. Power Supply hanya “kasih” daya kepada PC sesuai permintaan, PC Cuma makan daya 300W, maka mau pakai PSU 1000W pun, PC akan tetap disupply daya sebesar 300W dari PSU.

Contoh VRM pada Motherboard

Setiap komponen juga terdapat komponen “suplai daya” sendiri yang bernama VRM (Voltage Regulator Module) yg akan menerima voltase listrik kecil tadi dan alirkan ke komponen PC (Motherboard, hardisk, vga card dsb). untuk jalankan komponen tersebut.

 

Dampak Memakai Power Supply Jelek/Buruk

Gambar Percikan Power Supply saat di stress tes. Sumber (CPC Hardware Labs)

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kerja Power Supply adalah merubah listrik besar ke listrik kecil yg nanti diterima oleh VRM yg ada di komponen. Jikalau listrik yang di ubah ini jelek, maka listrik yang dialirkan akan menjadi tidak stabil, entah memiliki gejala “over-voltage”, “over current”, mengandung banyak noise sampai yang paling berbahaya keluar percikan api !!! terbakar, keluar asap dsb yang membahayakan keamanan. 

Yang ujungnya juga akan berdampak kepada komponen, karena VRM setiap komponen PC berbeda-beda kekuatanya serta tidak semua memiliki perlindungan ekstra.

Komponen yang Paling Banyak Terkena Dampak Power Supply Buruk

(awal paling banyak sampai akhir berurutan) :

Hardisk : VRM di hardisk ini berukuran mini, umumnya tidak tahan terhadap suplai daya yg buruk, berakibat kepada kinerja motor Hardisk yg rusak, bad sector dsb yang paling buruk adalah HARDISK MATI MENDADAK !!!

Sudah sering sekali pengguna yang terkena masalah diatas, di forum kebanyakan menyesal karena memakai Power Supply yang tidak baik. Hardisk jadi Mati mendadak dan data penting hilang.. jangan sampai anda salah satu dari mereka.

Contoh konektor pin vga, sumber overclock.net

– Vga Card : Motherboard menyediakan slot PCIe yang menyalurkan daya sekitaran 75W, sedangkan Power Supply standar menyediakan spesifikasi seperti berikut :  

  1. Motherboard sediakan 75W kepada Processor
  2. Ditambah 6 Pin tambahan (75W) Menjadi total supply 150 W
  3. Ditambah 8 Pin tambahan (150W) untuk power supply kelas high-end. Menjadi total supply 300W
  4. Ditambah 8 Pin tambahan Lagi (2x 8 Pin) untuk power supply kelas antusias. Menjadi total supply 450W  

Beberapa orang ada yang sudah mencoba menggunakan Power Supply “murah” dengan rating power hanya 450W untuk kartu grafis high-end. Walaupun kartu grafis high-end sudah semakin hemat daya, admin tidak menyarankan hal ini.

R9 290X saat dibuka, gambar GPU dikelilingi memory GDDR5 dan VRM (disebelah kanan dan sebagian dikiri)

Dikarenakan merujuk lagi terhadap paragraf diawal-awal. Tidak semua power supply memiliki supply yang baik ke komponen PC. Untuk power supply low-end rata-rata diciptakan khusus untuk  komponen PC dengan spesifikasi low-end, resiko anda menggunakan PSU low-end tadi tidak berasa sebentar… nanti akan berasa nanti saat komponen yang ada di PSU dan VRM di vga card dipaksa berkerja keras. berujung kepada umur komponen yang lebih pendek.

Jadi, sebaiknya investasikan power supply ke terbaik. Toh beli vga card jutaan masa Power Supply 500 ribuan??

contoh CPU konektor untuk motherboard (sumber overclock.net)

– Motherboard : Power Supply menyediakan konektor 24 pin ATX untuk koneksi power untuk komponen motherboard.

  1. Motherboard Standar akan menyediakan 75W Power ke Processor.
  2. Power Supply dengan 4 Pin ATX12V maka akan menyediakan supply tambahan hingga (155W)  untuk Processor.    
  3. Power Supply dengan 8 Pin EPS12V (biasa ada di motherboard kelas atas) maka akan menyediakan supply hingga (235W) untuk Processor.

Hampir semua Power Supply yang ada memiliki konektor 2×4 Pin, namun tidak semua bisa mensupply ke Processor dengan konsumsi daya besar. Sebut saja Core i7, RYZEN 7, Threadripper, Core i7 Extreme dan FX. power supply yg buruk, bisa mengakibatkan gagal booting, sampai merusak processor sendiri.

Jadi, sama seperti kartu grafis… apabila anda memiliki Processor kelas atas atau menengah gunakanlah Power Supply yang berkualitas… jangan sampai membuat rusak komponen Processor yang lain.

Toh beli Processor jutaan bisa? Masa beli Power Supply cuma 400 ribuan/bawaan casing?

Setelah selesai, mari kita berlanjut kepada artikel selanjutnya tentang tips memilih Power Supply yang baik untuk PC :

(Cooming Soon)

Masih Gak Percaya?? Lihat Video Tes 12 PSU “Murah” Ini 

Channel ini mentes 12 Power Supply “Murah” yang di stress tes,  Hanya 2 yg selamat dengan sebagian timbul percikan api !!! 

Jadi sangat berbahaya bukan hanya untuk PC anda saja, tapi keselamatan jiwa anda.

Sumber : Overclock.net , Playtools

Tags: Power Supply PSU buruk PSU keluar percikan api PSU terbaik tips memilih PSU

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.