Ditenagai Processor 52 Core ARMv8 Thunder X2 Superkomputer dengan Processor ARM Pertama diumumkan

Perancis : 30 Juni 2017

Atos perusahaan asal perancis, umumkan Ditenagai Processor 52 Core ARMv8 Thunder X2 Superkomputer dengan Processor ARM Pertama

Atos salah satu perusahaan penyedia superkomputer untuk berbagai kebutuhan, baru-baru ini mengumumkan prodak superkomputer terbarunya bernama Bull Sequana X1310. Dibangun berdasarkan rancangan superkomputer Sequana X1000 miliknya, Atos dengan bangga umumkan Bull Sequana X1310 sebagai superkomputer dengan Processor ARM Pertama yang tersedia secara komersial.

Server ini, hadir dengan Processor dari Cavium bernama Cavium Thunder X2. Processor ini merupakan salah satu Processor berbasis ARMv8 tercepat saat ini. dikarenakan dalam hal desain “Core” sendiri, Thunder X2 dibangun berdasarkan desain Broadcom Vulkan yang sudah dibeli Cavium.

Vulkan sendiri merupakan project ambisius dikarenakan digadang-gadang menjadi desain Processor ARM yang sangup bersaing dengan x86 yang saat itu adalah Intel “Haswell” di ranah server, Broadcomm gadang-gadang. Vulkan bisa hadirkan performa setara 90% Intel Haswell di server. Alias mendekati Processor x86.

Ini tidaklah heran, dikarenakan Vulkan sendiri merupakan processor dengan “Core” terkencang saat ini, hadir dengan konfigurasi 8 wide-decode yang paling besar saat ini (dibandingkan 2 issue dan 7 VLIW di Nvidia Denver (Tegra X1), 6 issue di Apple “Hurricane” (A10) dan 3 issue di ARM Cortex A75). Tidak hanya itu, Processor ini mendukung hingga 3Ghz Clock serta dukungan 52 Core dengan Quad Thread SMT (208 Thread). Processor Cavium Thunder X2 ini dibuat dengan fabrikasi 14nm FinFET LPP dari Global Foundries.

Referensi desain dari Calvium untuk thunder X2

Kembali ke Bull Sequana X1310, setiap blade yang ada mendukung 3 Node yang masing-masing Node hadirkan 2 Processor Cavium Thunder X2 dengan dukungan 8 Channel DDR4 Memory per Node.

Superkomputer ini akan tersedia mulai tahun 2018, project superkomputer ini merupakan solusi untuk server hemat daya. Pihak Atos sendiri sebelumnya sudah berkerjasama dengan pemerintah uni eropa untuk hadirkan superkomputer non komersial dengan spesifikasi serupa untuk project super komputer hemat energi “mont-blanc” project.

“The Mont-Blanc partners are delighted by this announcement. We have long been convinced that, due to their energy-efficiency, ARM processors offer tremendous potential for High Performance Computing. We would like to give special thanks to the European Commission for their support throughout our project,” said Etienne Walter, coordinator of the Mont-Blanc project.”

Bagaimana menurutmu? Tertarik dengan masa depan ARM untuk superkomputer?  

Sumber : ZDNet, Fool, Datacenterdynamic

Tags: processor ARM Superkomputer Superkomputer dengan Processor ARM thunder x2

author
Author: 

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)