Fokus Bangun Brand Lokal, India Melarang Smartphone Murah Asal China Beredar

Fokus Bangun Brand Lokal, India Melarang Smartphone Murah Asal China Beredar

Tiongkok dikenal sebagai pusat elektronik dunia tulisan “Made in China”  hadir  di berbagai macam produk elektronik dan gadget termasuk smartphone, produk dari grup BBK (Oppo, Vivo, Realme, OnePlus), Xiaomi  (Redmi, Poco)  dan Transsion (Infinix, Tecno , Itel) telah membanjiri pasaran. India sebagai salah  satu negara  pengguna smartphone terbesar mencoba mulai terlepas dari ke bergantungan  dari  Tiongkok belum lama ini pemerintah India menyiapkan kebijakan untuk melarang  smartphone murah asal Tiongkok untuk beredar di India. 

Berdasarkan keterangan yang kami kutip dari Gizchina dimana berdasarkan narasumber smartphone murah  yang dimaksud  adalah  yang  memiliki harga 12,000 rupees sekitar 2,2 juta  Rupiah kebawah, sebagai gantinya produsen lokal India akan memproduksi smartphone murah yang ada pada range harga tersebut beberapa  produsen  India  saat ini  diantaranya: 

  • Karbonn Mobiles
  • Micromax Mobile
  • Onida Electronics
  • Videocon
  • Lava

Kebijakan ini sangat berdampak besar bagi produsen asal Tiongkok mengingat Samsung dan iPhone tidak memfokuskan diri menjual smartphone murah di rentang harga tersebut. Kebijakan pemerintah India untuk membatasi gerak produsen smartphone Tiongkok bukan hanya kali pertama terjadi sudah sejak lama pemerintah menerapkan “Made In India” inisiatif yang mewajibkan produsen smartphone luar negeri untuk membangun pabrik smartphone dalam negeri, tidak hanya itu pemerintah India juga melarang kehadiran aplikasi asal Tiongkok yang  biasa hadir secara pre-install di smartphone brand Tiongkok seperti PUBG Mobile versi India “Battlegrounds Mobile India” dan Tiktok. 

Bagaimana tanggapan anda? apakah langkah pemerintah India sudah benar untuk tingkatkan pengembangan smartphone dalam negeri atau akan membuat sulit rakyat India sendiri?  silahkan tulis tanggapan  di komentar. 

Sumber: Gizchina

Tags: Made india ponsel india smartphone murah india

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.