Harga RAM Kelas Consumer Diprediksi Mulai Turun Hingga 18% Pada Q3 2022

Harga RAM Kelas Consumer Diprediksi Mulai Turun Hingga 18% Pada Q3 2022

Pada saat ini mayoritas PC desktop khususnya untuk kelas consumer sudah menggunakan PC dengan menggunakan RAM berbasis DDR4 dan sebagian PC desktop gaming dari kalangan pengguna gamers antusias sudah mulai mencoba untuk menggunakan platform Intel Core Gen 12 yang sudah mendukung DDR5.

Sayangnya walaupun penggunaan RAM DDR4  dan DDR5 sudah menjadi umum saat ini namun permintaan RAM DDR4 dan DDR5 untuk kelas konsumer terus turun, salah satu penyebabnya selain karena efek bencana pandemi terdapat beberapa golongan masyarakat yang masih setia menggunakan PC lawas yang masih menggunakan RAM DDR3 (umumnya menggunakan Intel Core Series Sandy/Ivy Bridge), hal inilah yang sebagaimana disebut informan industri Trendforce membuat oversupply dikarenakan berbeda dengan segmen semikonduktor lainnya seperti SoC atau GPU yang selalu ada masalah kelangkaan untuk supply memory kelas consumer cenderung stabil. 

Hal inilah yang membuat vendor chip memory ternama Samsung dan SK Hynix merilis kebijakan untuk mengurangi harga dari chip DRAM kelas consumer, penurunan harga beragam dengan penurunan harga paling besar mulai turun hingga 18%, informan industri Trendforce menyebutkan bahwa kebijakan penurunan harga efektif hadir pada Q3 2022, sayangnya belum diketahui kapan akan berdampak ke consumer diperkirakan paling cepat di Q4 2022, kabarnya kompetitor yakni Micron juga akan mengikuti kebijakan serupa. 

Bagaimana menurut anda? bagi yang memakai PC lawas mungkin bisa menabung untuk upgrade? 🙂 

Sumber: Tomshardware, Digitimes

Tags: harga ram ddr4 harga ram ddr5 harga ram turun

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.