(HotChip 2017) Nvidia Update Info Tesla V100 “Volta” 9.3x Lebih Kencang di DeepLearning Dukung 6 GPU via NVLink

Amerika Serikat : 23 Agustus 2017

Nvidia produsen fabless terkemuka hadirkan Hadirkan Update Info Tesla V100 9.3x Lebih Kencang di DeepLearning Dukung 6 GPU via NVLink.

Nvidia Tesla V100 sebagaimana kita ketahui adalah merupakan chip GPU yang paling gahar saat ini tidak hanya bagi Nvidia saja, tapi yang paling gahar saat ini. Tesla V100 hadir dengan arsitektur “Volta” yang salah satu keunggulanya adalah dalam bidang AI seperti Deeplearning dengan menghadirkan TensorCore.

Di acara Hotchip 2017 ini, Nvidia memberikan info lebih Tesla V100 melalui salah satu presentasi dimulai dari Tesla V100, bisa dilihat Tesla V100 hadirkan hingga 80 SM (Streaming Multiprocessor) dengan total jumlah CUDA Core sebesar 5120 unit jumlah ini agak sedikit dibandingkan Pascal P100 sebelumnya namun tetap hadirkan performa yg jauh lebih baik dengan improve performa. Tidak hanya itu, Tesla V100 juga hadirkan “otak” tambahan khusus untuk segmen AI (kecerdasan buatan) seperti Deeep Learning yakni Tenso Core sebanyak 640 Unit yang digabungkan ke masing-masing SM.

Nvidia juga hadirkan info dari SM (Streaming Multiprocessor) dari “Volta” terlihat untuk “Tensor Core” mengisi hampir 40% ruang dari setiap SM. Ini menegaskan bahwa Nvidia serius untuk segment DeepLearning.

Dalam hal Mikroarsitektur, Nvidia menjelaskan terdapat peningkatan dalam hal Cache dimana L1 Cache yang ada menggunakan ukuran lebih besar dan bandwith lebih kencang, hadirkan performa yang lebih baik dan lebih efisien.  

Berikut adalah perbandingan daripada performa Chip grafis GV100 yang ada Nvidia Tesla V100 dibandingkan generasi sebelumnya.

TensorCore Senjata Pamungkas untuk DeepLearning

Nvidia dinilai sangat serius dalam bidang ini, info tentang TensorCore kini bertambah, dimana salah satunya kehadiran fitur Volta Sensor, yang hadirkan konversi dari Input FP16 menjadi FP32 yang bermanfaat untuk kegiatan DeepLearning.

Dengan kehadiran CUDA 9 yang hadirkan dukungan support TensorCore, Nvidia mengklaim kehadiran improve performa hingga 9.3x dalam cuBLAS test menggunakan method Volta Sensor diatas !!

NVLink 2 Update Bandwith Suppport Hingga 6 GPU Tesla V100

(Atas) Konfigurasi untuk x86 dengan NVLink (Bawah) Konfigurasi IBM Power9 dengan NVLink

NVLink adalah bus berkecepatan tinggi yang menghubungkan kartu grafis Nvidia dengan kartu grafis lain atau sebagai penghubung dengan Processor, sebagai alternatif daripada PCIe. NVLink hadirkan dukungan pertama kepada Processor IBM9 yang dengan teknologi ini akan digunakan pada superkomputer untuk hadirkan performa multi GPU berkecepatan tinggi.  

Nvidia Tesla V100 hadirkan NVLink yang telah diupdate, Nvidia hadirkan peningkatan per NVLink hadirkan kecepatan transfer mencapai 25 Gbps dari 20 Gbps sebelumnya. Tidak hanya itu Nvidia juga mengupdate dukungan kartu grafis hingga 6 Tesla V100 dalam satu buah sistem dengan hadirkan total bandwith hingga 300 Gbps.

HBM2 Hadirkan Lebih Banyak Bandwith

Untuk ini tidak usah dipertanyakan lagi, Tesla V100 hadirkan GPU Bandwith yang lebih tinggi berkat pengguna HBM2 memory generasi terbaru.

 

Nvidia DGX-1 AI Supercomputer Pertama Khusus AI Berbasis Tesla V100  

Untuk membuktikan kemampuan Tesla V100 Nvidia sudah menghadirkan info mengenai DGX-1 yang merupakan superkomputer khusus AI.

Hadirkan hingga 8x Tesla V100 GPU dalam satu sistem, dengan segala peningkatan yang ada di arsitektur Volta. Nvidia berhasil hadirkan peningkatan hingga 96x lebih kencang dibandingkan sistem dengan 8x Tesla GP100 .

Berikut spesifikasinya :

Didukung banyak software

Nvidia Tesla V100 telah didukung banyak developer perangkat lunak diantaranya adalah framework terkemuka seperti tensorflow, caffe dsb.

 

Sumber : Nvidia, Servethehome

Tags: nvidia volta tesla v100 Tesla V100 “Volta” volta

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. (PR) NVIDIA dan Universitas BINUS Berkolaborasi Mendirikan R&D Center AI Pertama di Indonesia - Blog Komputer dan Teknologi2 months agoReply

    […] (HotChip 2017) Nvidia Update Info Tesla V100 “Volta” 9.3x Lebih Kencang di DeepLearning Dukung 6… […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)