Categories: News

Huawei Buat SoC HiSilicon Kirin 710A, Pertama 100% “Made in China”

Huawei Buat SoC HiSilicon Kirin 710A, Pertama 100% “Made in China”

Huawei sebagaimana kita ketahui saat ini sedang mengalami masalah dari pihak pemerintah Amerika Serikat, Huawei atas tuduhan spionase telah mendapatkan sangsi ekonomi yang membatasi Huawei untuk mendapatkan akses teknologi asing dari luar Tiongkok, akibat hal ini Huawei dituntut untuk mandiri dalam merancang teknologinya salah satunya yang dilakukan adalah membuat online app store dan app service sendiri sebagai alternatif dari Play Store dan Google Play Service di Android. 

Belum lama ini beredar kabar terbaru  Huawei melalui divisi semikonduktor miliknya HiSilicon tengah menyiapkan SoC (System on Chip) sebutan untuk processor smartphone yang 100% murni “Made in China”, seperti dilansir dari Global Times, HiSilicon tengah menyiapkan seri Kirin 710A yang dimana merupakan versi lain dari Kirin 710 yang saat ini sudah ada pada Honor 10 lite  dan Honor 20 lite, spesifikasi yang dihadirkan nyaris serupa CPU Cortex-A73/-A53 hingga 2 Ghz + GPU Mali G51MP4 yang membedakan adalah Kirin 710A dibuat menggunakan fabrikasi 14nm oleh SMIC (Semiconductor Manufacturing International Corp) asal Shanghai, Tiongkok. Sedangkan Kirin 710 menggunakan fabrikasi 12nm oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). 

Related Post

Tidak hanya itu dikabarkan untuk kebutuhan riset dan pengembangan para pegawai HiSilicon juga diberikan smartphone Honor 4T yang telah menggunakan Kirin 710A yang dibuat oleh SMIC tersebut. Bagi yang belum tahu tentang SMIC perusahaan asal Shanghai, Tiongkok ini awalnya cukup tertinggal jauh dari pesaing tetangga asal Taiwan, TSMC. Seiring berjalanya  waktu SMIC telah mencoba mengejar ketertinggalan dengan merilis fabrikasi 14nm tidak lama setelah rivalnya merilis fabrikasi 16nm dan tahun ini SMIC telah sukses uji coba fabrikasi N7 yang memiliki kemampuan setara dengan fabrikasi 7nm dari kompetitor. 

Sayangnya belum diketahui kapan SoC ini akan dirilis ke handset resmi Huawei atau Honor apalagi mengingat kondisi pandemi COVID-19 saat ini yang mungkin saja bisa menghambat kinerja produksi SoC tersebut. 

Sumber: GlobalTimes

This post was last modified on 14/05/2020 22:45

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...